Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, Bagaimana Caranya

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, Caranya ?

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, Bagaimana Caranya ? – Banyak orang yang bertanya, bagaimana sih mempersiapkan dana pendidikan anak. Apakah cukup dana yang sekarang kita persiapkan untuk pendidikannya kelak? Nah itu adalah pertanyaan yang bagus sekali karena yang penting kita harus tahu apakah dana pendidikan yang kita persiapkan sudah cukup untuk memenuhi segala kebutuhan buah hati kita ini.

Sekarang memang banyak sekali Bank maupun perusahaan asuransi yang menawarkan persiapan dana pendidikan anak dan menurut saya tidak ada yang salah dengan produk itu, tetapi masalahnya kita yang sering kali kurang jeli dan asal membeli produk pendidikan tanpa kita sungguh-sungguh mengerti apakah dana yang akan terkumpul ini sudah cukup atau belum nantinya.

Jadi ketika Anda membeli produk apa pun namanya dana pendidikan, asuransi dana pendidikan atau tabungan pendidikan, cobalah untuk lebih jeli menganalisisnya dan pastikan pihak penjual tersebut tahu betul kebutuhan Anda, sehingga bisa memberikan pengarahan atau proposal yang sesuai.

Efek Inflasi

Bagaimanapun berhati hatilah karena Inflasi akan memakan dana pendidikan yang Anda persiapkan. Salah satu faktor yang kita perlu perhatikan dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk anak adalah faktor inlfasi ini. Oleh karena itu selalu pastikan masukkan asumsi tingkat inflasi dalam menghitung kebutuhan pendidikan anak Anda dengan jelas.

Misalnya sekarang uang pangkal masuk SMA sebesar Rp. 5 Juta dengan asumsi tingkat inflasi 10%, maka 3 tahun lagi uang pangkal masuk SMA tersebut menjadi Rp. 6.655.000,-  dan seterusnya juga untuk uang masuk perguruan tinggi sebesar Rp. 20 juta maka 6 tahun lagi dengan asumsi tingkat inflasi 10% menjadi sebesar Rp. 35.431.220,- dan jangan lupa belum uang SKS semesterannya. 

Setelah Anda mengetahui segala kebutuhan dana pendidikannya di kemudian hari, Anda akan tahu berapa yang Anda harus sisihkan tiap bulan dari sekarang supaya kebutuhan dana tersebut dipenuhi pada waktunya di kemudian hari.

Jadi pastikan uang yang Anda persiapkan mampu untuk menahan kenaikan biaya pendidikan di kemudian hari sebagai efek dari tingkat inflasi tersebut.  Anda harus kritis dalam membeli produk dana pendidikan tersebut sehingga tujuan dana pendidikan tersebut tercapai sesuai dengan kebutuhannya di kemudian hari.

Saya percaya Bapak dan Ibu idealnya pasti sangat memedulikan masalah dana pendidikan anak ini, saya pun sangat setuju, karena pendidikan dapat membantu anak kita untuk memperoleh wawasan yang lebih baik, pekerjaan yang lebih baik dan harapan cita-cita yang lebih baik.

Paling tidak Anda sudah memberikan kailnya dan anak Anda sudah bisa memancing ikan sendiri untuk menghidupi dirinya kelak di kemudian hari. Itu sudah menjadi tanggung jawab kita sekalian sebagai orang tua atas Buah Hati Titipan ALLAH ini. Ya, tentu sambil memupuk jiwa kepemimpinannya, siapa tahu kelak anak Anda menjadi seorang wirausahawan yang berhasil dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja lagi di Indonesia.

Bila Bapak Ibu masih bingung, coba Bapak Ibu ingat-ingat lagi berapa dulu uang sekolah Bapak Ibu waktu SD dan bandingkan dengan uang sekolah SD yang sama sekarang. Nah itulah yang saya maksud di atas. Silakan dihitung berapa kali lipat kenaikannya dalam kurun waktu berapa tahun. Ini yang harus kita antisipasi bersama supaya semua berjalan mulus.

Demikianlah bahasan kami mengenai bagaimana Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan