Tingkat Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Tingkat Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup – Objek dan permasalahan dalam bidang biologi meliputi berbagai tingkat organisasi kehidupan. Tingkat organisasi kehidupan dari yang terendah atau sederhana hingga yang tertinggi atau kompleks adalah molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme atau individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma.

Dalam materi kali ini saya akan membahas tentang 10 Tingkat Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup dan Pengertiannya secara ringkas. Untuk lebih jelasnya silakan baca ringkasan di bawah ini.

Tingkat Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Organisasi kehidupan adalah tata urutan atau susunan organisme kehidupan yang dimulai dari atom, molekul, organel sel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer atau urutan yang lebih sederhananya adalah dimulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ dan individu.

10 Tingkat Organisasi Kehidupan dan Pengertiannya

1. Molekul

Molekul merupakan bagian yang melakukan metabolisme. Pada tingkat molekul, mempelajari struktur dan fungsi molekul-molekul komponen sel seperti karbohidrat, lipit, protein, dan asam nukleat merupakan objek kajian dalam biokimia.

2. Sel

Sel merupakan satuan terkecil secara struktural dan fungsional tubuh makhluk hidup. Pada tingkat sel, mempelajari struktur dan fungsi komponen serta proses yang terjadi di dalam sel merupakan objek kajian biologi.

3. Jaringan

jaringan merupakan kumpulan sel sejenis yang memiliki fungsi yang sama. Pada tingkat jaringan, mempelajari struktur dan fungsi berbagai jenis jaringan merupakan objek kajian pada tingkat jaringan. Ilmu yang mengkaji jaringan adalah histologi.

4. Organ

Tingkat Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup selanjutnya adalah Organ. Organ merupakan kumpulan jaringan yang bersatu dan menjalankan fungsi tertentu. Contoh organ pada manusia antara lain jantung, otak, paru-paru, ginjal, dan lain-lain..

5. Sistem Organ

Sistem organ merupakan sekelompok organ yang bekerja sama melakukan fungsi tertentu. Di dalam tubuh organisme tingkat tinggi terdapat bermacam-macam sistem organ antara lain sistem saraf, sistem respirasi, Sistem pencemaran, sistem transportasi, sistem reproduksi, dan sistem rekreasi.

6. Organisme/Individu

Organisme atau individu terbentuk dari beberapa sistem organ yang bekerja sama dalam melakukan kegiatan kehidupan. Pada tingkatan organisme, perkembangan suatu organisme merupakan objek kajian ilmu biologi perkembangan.

7. Populasi

Sekumpulan organisme/individu dari suatu spesies tertentu yang hidup dalam suatu wilayah geografi membentuk populasi.

8. Komunitas

Populasi dari berbagai jenis organisme berinteraksi pada suatu tempat tertentu membentuk komunitas, misalnya komunitas sawah terdapat populasi padi, populasi belalang, populasi tikus, populasi ular, dan lain-lain.

9. Ekosistem

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik. Contoh ekosistem yaitu ekosistem sungai, laut, padang rumput, hutan, dan lain-lain.

10. Bioma

Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu. Objek kajian pada tingkat ini adalah kehidupan di lokasi geografis tertentu, seperti wilayah padang rumput, padang psir, atau wilayah hutan hujan tropis.

Itulah tadi informasi yang bisa saya berikan tentang 10 Tingkat Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup dan Pengertiannya semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat belajar dan jangan lupa selalu jaga kesehatan (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan