Cara Membuat dan Menghilangkan Kemagnetan

Cara Membuat dan Menghilangkan Kemagnetan

Cara Membuat dan Menghilangkan Kemagnetan – Pada topik sebelumnya kami telah membahas tentang kemagnetan bahan, nah pada topik ini kita akan belajar tentang cara membuat magnet dan menghilangkan sifat kemagnetan. Sebelum belajar tentang cara pembuatan magnet, berikut ini ulasan topik sebelumnya.

  1. Benda yang tidak dapat dijadikan magnet disebut benda diamagnetik.
  2. Benda yang dapat magnet sementara disebut benda paramagnetik.
  3. Benda yang dapat dijadikan magnet permanen disebut feromagnetik.

Apakah bisa magnet dibuat sendiri oleh manusia? Bukannya magnet adalah batuan yang telah tersedia di alam?
Nah, daripada penasaran, mari pelajari topik Cara Membuat dan Menghilangkan Kemagnetan ini

Prinsip Membuat Magnet

Kebutuhan manusia yang semakin beragam, menuntut para ilmuwan untuk mengembangkan penelitian di berbagai aspek kehidupan. Salah satu pengembangannya adalah pembuatan magnet. Sebelumnya, manusia hanya mengenal adanya magnet alam, tetapi seiring perkembangan zaman, manusia sudah mampu membuat magnet dari benda-benda di sekitar atau biasa disebut magnet buatan. Magnet buatan memiliki fungsi yang sama dengan magnet alam.
Sebelum membuat magnet, kita harus memahami karakteristik masing-masing benda yang akan dijadikan magnet. Benda dapat dijadikan magnet jika memiliki sifat paramagnetisme dan feromagnetisme. Pada prinsipnya membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elementer yang tidak beraturan menjadi searah (momen magnet saling menguatkan). Secara umum, terdapat tiga cara yang digunakan untuk membuat magnet. Masing-masing Cara Membuat dan Menghilangkan Kemagnetan tersebut akan diulas berikut ini.

Beberapa Cara Membuat Magnet

Menggosok Benda Feromagnetik dengan Magnet

Jika kita menggosok-gosokkan magnet ke batang besi secara searah, maka lama-kelamaan besi tersebut akan menjadi magnet. Hal ini karena gosokan yang searah berkali-kali menyebabkan magnet-magnet kecil atau momen magnet pada besi menjadi searah sehingga saling menguatkan. Hal inilah yang menimbulkan sifat kemagnetan pada besi.

menggosok-gosokkan magnet ke batang besi secara searah

Induksi

Sebatang besi akan menjadi magnet jika didekatkan (atau ditempelkan) pada magnet permanen (magnet penginduksi). Magnet penginduksi akan mempengaruhi magnet elementer atau momen magnet benda. Tingkat kekuatan magnet dari benda ini dipengaruhi oleh jarak magnet penginduksi. Semakin dekat benda dengan magnet penginduksi, maka sifat kemagnetan yang dihasilkan juga akan semakin besar, dan berlaku sebaliknya. Berikut ini contoh pembuatan magnet secara induksi.

contoh pembuatan magnet secara induksi

Mengaliri Benda Feromagnetik dengan Listrik DC (Searah)

Magnet dapat dibuat dengan cara melilit benda feromagnetik dengan kawat yang berarus listrik. Arus yang digunakan adalah arus listrik searah. Aliran listrik tersebut akan menimbulkan magnet di sekitar kawat yang sifatnya searah. Magnet jenis ini dinamakan sebagai elektromagnet. Berikut ini merupakan cara pembuatan magnet secara elektro.

Magnet dibuat dengan cara melilit benda feromagnetik dengan kawat berarus listrik

Nah, ketiga proses di atas merupakan cara yang biasa digunakan untuk membuat magnet. Pertanyaan selanjutnya nih, apakah bisa sifat kemagnetan itu dihilangkan? Jika kalian telah belajar tentang cara membuat magnet, maka pada kesempatan kali ini kalian akan belajar kembali bagaimana cara menghilangkan sifat kemagnetan.

Menghilangkan Kemagnetan

Di samping Cara Membuat juga cara Menghilangkan Kemagnetan, diantaranya adalah dengan cara sebagai berikut:

  • Memukul-mukul magnet dengan benda keras.
  • Menjatuhkan magnet berulang-ulang.
  • Membakar magnet pada suhu yang sangat tinggi sampai berubah bentuk.
  • Dialiri dengan arus listrik bolak-balik (AC).

Demikianlah bahasan ringkas kami mengenai Cara Membuat dan Menghilangkan Kemagnetan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...