apa Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi – negara bukan hanya milik pemerintah, tetapi milik semua orang yang menempati negara tersebut, maka dari itu setiap orang berperan penting pada pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara tersebut, karena pembangunan dan pertumbuhan ekonomi merupakan pertanda kesuksesan sebuah negara. itu sendiri.

Dengan demikian, kita dapat meningkatkan usaha yang dapat mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi pada negara kita, begitu pula sebaliknya, kita juga harus meminimalisir sebuah tindakan yang apabila kita jalankan dapat membawa pengaruh buruk bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat luas. 

Pembangunan ekonomi dapat didefinisikan sebagai sebuah tindakan atau proses yang dilakukan pemerintah dalam upaya menaikkan pendapatan per kapita yang pada prosesnya sangat memperhatikan pemerataan pendapatan masyarakat serta memperhatikan jumlah pertambahan penduduk yang biasanya dibarengi dengan adanya perubahan struktur ekonomi pada suatu negara.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi dapat didefinisikan sebagai sebuah tindakan atau proses dalam upaya menaikkan kapasitas dari produksi barang dan jasa dalam perekonomian negara yang dapat berbentuk atau dapat dibuktikan dengan naiknya pendapatan nasional. Lantas, apa perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, hal tersebut akan kami bahas pada artikel ini. berikut ulasannya: 

Beberapa Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi

Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, di antaranya yaitu:

  • Pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah tindakan atau proses yang dilakukan oleh negara berkembang dalam upaya untuk menaikkan produk per kapita dalam jangka waktu yang relatif panjang. Sedangkan pembangunan ekonomi merupakan sebuah tindakan atau proses yang dilakukan oleh negara berkembang yang dilakukan secara terus-menerus sebagai upaya untuk menuju perbaikan, yang hasilnya dapat dilihat dari meningkatnya produk per kapita. 
  • Pertumbuhan ekonomi di dalam menjalankan prosesnya tidak mementingkan pemerataan pendapatan penduduk. Sedangkan pembangunan ekonomi mementingkan pemerataan pendapatan penduduk serta pemerataan pembangunan di negara tersebut.
  • Pertambahan penduduk tidak diperhatikan di dalam pertumbuhan ekonomi sedangkan pembangunan ekonomi memperhatikan hal tersebut yaitu pertambahan penduduk. 
  • Pertumbuhan ekonomi yang meningkat belum tentu taraf hidup masyarakatnya juga meningkat, Sedangkan pembangunan ekonomi berpengaruh pada meningkatnya taraf hidup masyarakat di negara tersebut. 
  • Pertumbuhan ekonomi yang terjadi di dalam sebuah negara belum tentu juga terjadi pembangunan ekonomi, namun pembangunan ekonomi yang terjadi di dalam suatu negara akan selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
  • Input pertumbuhan ekonomi akan menghasilkan output yang jumlahnya lebih banyak namun pada pembangunan ekonomi, tidak hanya output melainkan akan dibarengi juga dengan terjadinya perubahan-perubahan di dalam kelembagaan dan akan dibarengi juga dengan bertambahnya pengetahuan teknik. Misalkan saja pabrik-pabrik yang mulai banyak didirikan di pedesaan-pedesaan, hal tersebut dapat menjadi faktor meningkatnya taraf hidup masyarakat, pendapatan yang diperoleh penduduk juga akan semakin bertambah dan kehidupan yang layak dan lebih maju dari sebelumnya dapat dirasakan oleh masyarakat pedesaan. Selain itu dengan taraf hidup yang meningkat, sangat memungkinkan untuk anak-anak di pedesaan dapat bersekolah ke jenjang-jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Demikianlah bahasan sederhana kami tentang perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Semoga bermanfaat dan selamat belajar di mana pun dan kapan pun dengan menyenangkan. Sampai jumpa lagi dengan maglearning.id.

%%footer%%

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan