IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 “Menyikapi Masa Pubertas”

IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 “Menyikapi Masa Pubertas”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 dengan kajian tentang cara menyikapi masa pubertas.

Pernahkah Anda berpikir kenapa saat Anda masih kecil tidak ada rambut yang tumbuh di bawah hidung? Sementara itu, bagi perempuan kenapa masih balita dan anak-anak belum ada buah dada?

Tentu saja, hal ini yang kita kenal dengan kehidupan remaja. Ketika seorang anak mulai beranjak remaja, ada beberapa perubahan yang terjadi pada diri pria dan perempuan.

Sebagai manusia, tentunya Anda tidak akan terlepas dari perubahan fisik yang terjadi pada diri seseorang. Ketika Anda mulai tumbuh dari kecil, setiap perubahan fisik itu dapat terlihat secara seksama, sekalipun Anda berada dan berkembang di setiap daerah, akan kelihatan perubahan seseorang mulai sejak mengalami pertumbuhan dan perkembangannya.

Dalam fase kehidupan, tentunya manusia akan mengalami per kembangbiakkan. Untuk itu, salah satu fase perubahan yang terjadi pada manusia adalah masa pubertas. Masa ini dikenal juga dengan masa remaja.

Pengertian Masa Pubertas

Masa Pubertas adalah masa terjadinya perubahan fisik dan mental anak laki-laki dan anak perempuan yang disebabkan perubahan hormon. Masa pubertas disebut juga masa akil balig (usia remaja).

Masa pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Masa pubertas pada anak laki-laki dan perempuan tidak sama. Ada yang lebih dulu mengalami dan ada yang lambat.

Biasanya anak perempuan mengalami masa pubertas pada usia 8-13 tahun, sedangkan anak laki-laki pada usia 10-15 tahun. Pada masa pubertas, tubuh laki-laki dan perempuan mengalami perubahan.

Ada dua jenis perubahan yang terjadi pada masa pubertas, yaitu perubahan primer dan perubahan sekunder.

Perubahan primer disebut juga perubahan utama yang terjadi di dalam tubuh. Perubahan tersebut memungkinkan seorang laki-laki dan perempuan pada masa pubertas memiliki organ regenerasi yang sempurna.

Perubahan primer diiringi perubahan sekunder. Perubahan sekunder disebut perubahan fisik atau perubahan yang ciri-cirinya tampak pada tubuh laki-laki dan perempuan.

Perubahan Fisik pada Laki-Laki

Laki-laki mengalami perubahan primer dan juga sekunder pada masa pubertas. Tahukah kalian, perubahan apa saja yang terjadi?

a. Ciri-Ciri Kelamin Primer

Ciri primer pada laki-laki adalah mengalami ‘Mimpi Basah’. Pada seorang laki-laki, perubahan yang terjadi adalah mulai diproduksinya sperma pada organ reproduksi laki-laki.

Perubahan ini menandakan bahwa sistem reproduksinya telah berfungsi. Alat reproduksi pada laki-laki yakni terdiri atas testis, saluran sperma, uretra, dan juga pen1s.

Organ testis menghasilkan sperma. Testis dapat memproduksi jutaan sperma setiap hari. Akibatnya, kantung testis akan terisi penuh dengan cairan sperma. Cairan sperma keluar melalui saluran sperma, kemudian menuju uretra. Cairan sperma akhirnya akan keluar dengan sendirinya.

b. Ciri-Ciri Kelamin Sekunder

Ciri-ciri kelamin primer biasanya diikuti dengan perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder. Ciri-ciri kelamin sekunder dapat kita amati dengan melihat perubahan fisik yang dialami seseorang.

Berikut ini ciri-ciri kelamin sekunder pada laki-laki.

  1. Bau Tubuh
  2. Tumbuh jakun
  3. Tumbuh kumis dan janggut (rambut yang tumbuh di dagu)
  4. Tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kelamin
  5. Organ kelamin membesar
  6. Suara berubah menjadi berat
  7. Dada tampak bidang

Namun, tidak semua laki-laki mengalami ciri-ciri kelamin sekunder yang mencolok. Ada juga yang tidak mengalami pertumbuhan kumis dan jakun.

Perubahan Fisik pada Perempuan

Sama halnya seperti pada laki-laki, perempuan juga mengalami perubahan primer maupun juga sekunder. Ada pun cirinya adalah sebagai berikut.

a. Ciri-Ciri Kelamin Primer

Ciri primer pada perempuan adalah menstruasi. Dimana pada awalnya mulai diproduksinya sel telur. Sel ini dihasilkan oleh organ kelamin yang disebut indung telur atau ovarium.

Alat reproduksi pada perempuan terdiri atas ovarium, tuba falopi, uterus, dan lubang kemaluan (vag1na). Seperti yang telah dijelaskan bahwa menstruasi merupa kan hasil peluruhan yang disertai dengan pendarahan yang dikeluarkan melalui vag1na. Hal itu juga sebagai hasil dari sel telur yang tidak bertemu sperma dan tidak mengalami pembuahan.

b. Ciri-Ciri Kelamin Sekunder

Adapun ciri-ciri sekunder pada perempuan adalah sebagai berikut.

  1. Tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kemaluan.
  2. Payudara dan pinggul mulai membesar.
  3. Organ kelamin membesar.

Cara Menyikapi Masa Pubertas (IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1)

Perubahan fisik selama masa pubertas kemungkinan akan mempengaruhi kegiatanmu sehari-hari. Mungkin kamu akan merasakan sedikit ketidak-nyamanan. Berikut beberapa cara menyikapi masa pubertas yang akan kamu alami.

1. Menjaga kebersihan tubuh.

Dalam masa pubertas, aktivitas kelenjar minyak dan kelenjar keringat meningkat. Akibatnya, wajah mudah berjerawat dan tubuh berbau kurang sedap. Mandilah dua kali sehari dan kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat.

Apabila keringatmu berlebih, bersihkan tubuhmu dan gantilah pakaianmu. Pakaian yang lembap oleh keringat menjadi sarang kuman. Kuman dapat menyebabkan bau tidak sedap dan menimbulkan penyakit kulit.

2. Menjaga kesehatan dengan memilih makanan sehat dan berolahraga.

Makanan diperlukan untuk pertumbuhan badan. Pilihlah makanan yang berasal dari bahan-bahan segar dan diolah dengan cara yang sehat, misalnya tanpa pengawet, pemanis buatan, atau penyedap rasa. Perbanyak pula minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar berupa keringat.

3. Hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis.

Pada masa puber, organ reproduksi telah aktif. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bergaul dengan lawan jenis dalam batas yang wajar. Hindari berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan.

4. Memilih bacaan dan tontonan yang sesuai umur.

Saat ini akses untuk bacaan dan tontonan dengan mudah dapat kita peroleh. Namun, pilihlah bacaan dan tontonan yang baik, menambah wawasan, dan sesuai umurmu. Hindari membaca bacaan dan menonton tontonan dewasa.

5. Rajin beribadah sesuai agama masing-masing.

Dengan rajin beribadah, kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Kita akan mematuhi aturan-aturan agama untuk berperilaku dan berbuat sesuai tuntunan agama.

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 “menyikapi masa pubertas”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 tentang menyikapi masa pubertasdi atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 “menyikapi masa pubertas”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 tentang menyikapi masa pubertas di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5f1eff2a544f11001b92db58/start

Demikianlah modul online Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan