Pengertian Analisis Diskriminan, dan Kapan Digunakan ?

Pengertian Analisis Diskriminan, dan Kapan Digunakan ? – Analisis ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk berbagai penelitian, baik bidang eksakta maupun bidang ilmu sosial. Terutama untuk penelitian sosial analisis ini sangat berguna untuk mengelompokkan obyek-obyek penelitian dalam suatu grup yang mempunyai karakteristik tertentu.

Misalnya dalam sebuah penelitian bisnis. Analisis diskriminan ini akan bermanfaat dalam mengelompokkan konsumen dalam beberapa kategori atau juga bisa digunakan untuk mengelompokkan perusahaan-perusahaan berdasarkan karakteristik tertentu misalnya kinerja saham, profitabilitas dan lain-lain.

Pengertian Analisis Diskriminan

Tidak lengkap kiranya membahas analisis diskriminan tanpa menyajikan apa sebenarnya konsep pengertian analisis diskriminan itu sendiri. Berikut ini adalah salah satu konsep pengertiannya:

“Discriminant analysis is useful in situation where the total sample can be divide into group based on a dependent variable characterizing several known case. The primary objectives of multiple discriminant analysis are to understandgroup differencess and to predict the likelihood that an entity (individual or object) will belong to a particular class or group based on several metric independent variable,” (Hair, Anderson, Tatham, Black,1995)

(“Analisis diskriminan berguna pada situasi di mana sampel total dapat dibagi menjadi grup-grup berdasarkan karakteristik variabel yang diketahui dari beberapa kasus. Tujuan utama dari analisis multipel diskriminan adalah untuk mengetahui perbedaan antar grup,”(Hair, Tatham, Anderson, Black,1995).

Sumber : Sofyan dan Heri, 2009

Kapan Analisis Diskriminan Digunakan ?

Analisis diskriminan digunakan untuk untuk memodelkan suatu hubungan antara variabel dependen yang berdata kategori dengan beberapa variabel independen (prediktor). Analisis diskriminan berusaha untuk mengelompokkan setiap objek ke dalam dua atau lebih kelompok berdasarkan pada sejumlah kriteria variabel independen. Asumsi dalam analisis diskriminan yaitu :

  • Tidak adanya multikolinieritas antara variabel independen
  • Setiap variabel independen mengikuti fungsi distribusi normal
  • Adanya homogenitas varians antara kelompok data.

Contoh kasus

Sebuah tempat pariwisata, yang banyak dikunjungi wisatawan akan melakukan survei terhadap para pengunjung. Variabel penelitian, antara lain informasi tempat wisata, sikap/persepsi, jumlah keluarga, umur kepala keluarga dan pendapatan responden.

Informasi tempat wisata dibagi 2 kelompok yaitu kelompok yang mendapatkan informasi dari promosi dan kelompok yang tidak mendapatkan informasi promosi. Pihak manajemen ingin mengetahui faktor apa yang mempengaruhi pada masing-masing kelompok? dan apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok pertama dan kedua.

Untuk perangkat lunak yang menyediakan analisis ini juga sudah banyak. Sejak awal kemunculannya SPSS juga sudah menyediakan pemrosesan analisis ini. Software-software lainnya juga tidak jauh berbeda.

Nah itu tadi bahasan kami mengenai pengertian analisis diskriminan dan kapan kita dapat menggunakan analisis ini. Semoga ada manfaatnya dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan