Melakukan Analisa SWOT Pada Bisnis

Melakukan Analisa SWOT Pada Bisnis – Zaman sekarang, banyak anak muda yang tertarik untuk mendirikan bisnis. Sebaiknya sebelum mendirikan bisnis, Anda harus menganalisa SWOT yang digunakan untuk merencanakan strategi dan peluang terbaik yang bisa Anda dapatkan untuk mengembangkan bisnis anda. Analisa SWOT berdasarkan penjabaran dari magnate.id, merupakan langkah yang cukup efektif untuk menghindari berbagai potensi kerugian yang akan terjadi pada bisnis yang akan Anda kembangkan.

 

Pengertian Analisa SWOT Pada Bisnis

Analisa SWOT merupakan salah satu metode yang dilakukan untuk mengetahui potensi, kelemahan, kekuatan, dan tantangan dari suatu bisnis yang Anda lakukan. Metode analisa SWOT ini mengambil data dari ekosistem bisnis secara menyeluruh dan dibagi berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal. Analisa SWOT terdiri dari 4 unsur, sebagai berikut:

– Strength

Unsur ini merupakan hal-hal yang akan menjadi kekuatan atau keunggulan yang dimiliki oleh bisnis anda. Anda bisa mengumpulkan data-data yang menyatakan kelebihan positif dari bisnis yang sedang atau akan Anda jalani.

Contoh pertanyaan yang sering digunakan untuk mengetahui kekuatan bisnis suatu perusahaan adalah: Apa yang menjadi kelebihan perusahaan Anda dibandingkan dengan perusahaan kompetitor? Apa keunikan dari bisnis yang Anda dirikan? Apa keunggulan dari bisnis Anda yang bisa menarik konsumen? Apa yang membuat Anda berhasil menjual produk Anda sejauh ini? dan lain sebagainya.

– Weakness

Pada unsur ini Anda harus menganalisis kelemahan yang dimiliki oleh usaha anda. Anda bisa memperhatikan apa saja yang menjadi kekurangan dari bisnis yang sedang Anda jalani dan Anda juga bisa membandingkannya dengan usaha milik orang lain yang sejenis.

Contoh pertanyaan yang sering digunakan untuk mendapatkan weakness adalah sebagai berikut: Apa yang menjadi penghambat penjualan produk Anda? Apa yang perlu ditingkatkan agar bisnis Anda dikenal oleh masyarakat? Apa yang menjadi kelemahan Anda dibandingkan dengan perusahaan kompetitor? dan lain-lain.

– Opportunities

Unsur ini membahas mengenai kesempatan yang Anda miliki yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan bisnis Anda. Analisa kesempatan ini juga bisa membuat rencana jangka panjang apakah usaha Anda bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang atau tidak. Opportunities ini mencakup segala faktor di luar perusahaan yang bisa menjadi kesempatan Anda dalam memperbesar usaha.

– Threat

Unsur ancaman ini merupakan sekumpulan data yang bisa mengancam keberlangsungan bisnis yang sedang Anda jalankan. Ada kemungkinan hambatan-hambatan, baik ringan sampai serius yang bisa dialami oleh bisnis Anda seperti kompetitor, kekuatan finansial, sumber daya, teknologi, transportasi, dan lain-lain yang akan mempengaruhi keberlangsungan usaha Anda.

 

Manfaat Melakukan Analisa SWOT Pada Bisnis

Melakukan analisa SWOT pada setiap pergerakan bisnis Anda pasti akan membantu dalam mengetahui apa saja hal yang penting yang harus dilakukan dan dihindari dalam suatu bidang usaha. Berikut ini merupakan manfaat yang bisa Anda peroleh saat melakukan analisa SWOT pada bisnis Anda:

  • Anda mampu membuat kesimpulan akan segala faktor, baik internal maupun eksternal yang akan mempengaruhi bisnis Anda
  • Anda mampu mengidentifikasi apa yang menjadi prioritas utama dalam struktur manajemen organisasi perusahaan yang mengikutsertakan strategi dan konsekuensi suatu tindakan
  • Mampu mempertajam strategi yang Anda miliki untuk perkembangan usaha serta memperkecil risiko dan upaya untuk menanganinya
  • Anda bisa mengeliminasi mana saja strategi dan aturan yang kurang efisien, serta mengembalikan fokus terhadap tujuan-tujuan utama saat merintis bisnis
  • Analisa SWOT akan membantu Anda dalam melakukan pengaturan dan pengambilan keputusan sesuai dengan data yang telah Anda dapatkan
  • Anda bisa memperkirakan berapa banyak laba dari penjualan dari setiap kondisi pasar serta mempelajari kemampuan perusahaan secara umum
  • Anda dapat memperkuat hal-hal positif, mencari solusi untuk mengatasi hal-hal negatif, memperbesar peluang yang ada, dan lain-lain yang bisa membantu perkembangan bidang bisnis Anda

 

Waktu yang Tepat Melakukan Analisa SWOT Pada Bisnis

Alasan pentingnya melakukan analisa SWOT karena akan mempengaruhi keberlanjutan usaha yang Anda sedang lakukan. Analisa SWOT tidak bisa dilakukan sekali, namun harus terjadwal untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai kondisi perusahaan dan bagaimana cara mengembangkannya. Berikut ini adalah waktu-waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan analisa SWOT pada bisnis anda:

– Pada saat kondisi internal bisnis mengalami perubahan

Anda bisa melakukan analisa SWOT pada bisnis jika internal perusahaan Anda mengalami perubahan atau strukturisasi, seperti pergantian CEO, peningkatan dan penurunan bisnis, perkembangan bisnis ke arah yang lain, dan sebagainya.

– Ketika situasi pasar mengalami perubahan

Analisis SWOT juga penting dilakukan ketika situasi pasar berganti. Dengan begitu, Anda bisa menambah kewaspadaan terhadap situasi pasar yang baru dan menyesuaikan dengan permintaan konsumen. Perubahan pasar yang sering terjadi yaitu, tren, kompetitor baru, kondisi politik dan ekonomi yang mempengaruhi bisnis anda, dan lain-lain.

– Ketika Anda ingin membuat perencanaan bisnis

Saat Anda memiliki perencanaan bisnis baru dengan penambahan perencanaan yang matang, strategi yang optimal, dan ide-ide segar lainnya pada usaha anda, lakukanlah analisa SWOT lagi untuk mengetahui hal-hal apa yang harus dipersiapkan dan diwaspadai ke depannya.

 

Tips Saat Melakukan Analisa SWOT

Anda bisa melakukan analisa SWOT mulai dari sekarang dan ketahuilah potensi dari bisnis yang Anda miliki. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa melakukan analisa SWOT dengan baik dan benar:

– Mengumpulkan informasi yang banyak dan spesifik

Anda bisa memulai dengan mengumpulkan data dengan spesifik untuk mendapatkan informasi yang akurat. Anda bisa melakukan analisa dari berbagai sudut pandang untuk mendapatkan berbagai pandangan mengenai suatu data yang Anda peroleh.

– Melakukan riset

Sebelum memutuskan sesuatu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang optimal serta mempertimbangkan langkah yang akan diambil kompetitor saat di pasaran.

– Melakukan analisa faktor eksternal

Hal ini berguna untuk mendapatkan keputusan dan strategi yang matang yang bisa Anda aplikasikan ke dalam bisnis anda, seperti analisa produk pengganti jika Anda mendapat ancaman dari pasar, kekuatan bargaining, ancaman yang akan dilakukan kompetitor, dan lain-lain.

 

Itulah informasi yang bisa Anda simak mengenai analisa SWOT pada bisnis anda. Analisa SWOT yang dilakukan harus benar-benar lengkap dan mencakup banyak data agar informasi yang diperoleh kelas, detail, dan dapat diolah menjadi suatu keputusan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan perusahaan. Sebelum bergerak lebih jauh, usahakan Anda sudah menganalisa SWOT bisnis Anda agar langkah yang Anda buat benar-benar hasil dari pengerucutan berbagai data yang telah terkumpul. (maglearning.id)

%%footer%%

One comment

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan