Macam Macam Karbohidrat, Sumber dan Fungsinya

Macam Macam Karbohidrat, Sumber dan Fungsinya

Macam Macam Karbohidrat, Sumber dan Fungsinya – Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia. semua karbohidrat berasal dari tumbuh-tumbuhan yang diperoleh melalui proses Fotosintesis.

Macam Macam Karbohidrat

Molekuk karbohidrat terdiri atas unsur-unsur karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O) dengan rumus CH2O. Molekul karbohidrat yang tersusun dalam bentuk sederhana dan ada juga dalam bentuk kompleks. Berdasarkan susunan molekulnya, karbohidrat di bedakan atas monosakarida, disakarida, dan polisakarida.


a.    Monosakarida
Monosakarida adalah karbohidrat yang tersusun atas satu gugusan gula. Sebagian besar monoksida dikenal sebagai heksosa. Mereka antara lain adalah glukosa, fruktosa, galaktosa, dan monosa. Ketika contoh monosakarida tersebut memiliki jenis dan jumlah atom yang sama (6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen).

Hanya saja susunan atomnya berbeda-beda sehingga menyebabkan terjadinya perbedadan dalam tingkat kemanisan dan daya laarut dari masing-masing monosakarida. Monosakarida lainya adalah berupa pentosai(memiliki 5 atom karbon), misalnya ribusa, xilosa, dan arabinnosa.

b.    Disakarida
Disakarida adalah karbohidrat yang tersusun atas dua gugusan gula atau berupa gabungan dua monosakarida yang terikat satu sama lain melalui reaksi kondensasi. Kedua unit monoksida tersebut dapat dipisahkan kembali melalui reaksi hidrolisis. Adapun yang termasuk disakarida antara lain adalah sukrosa, maltosa dan laktosa.
Sukrosa atau sakarosa di kenal juga sebagai gula tebu atau gula bit. Hasil hidrolisis sukrosa dapat menghasilkan satu unit glukosa atau satu unit frukosa.
Maltosa biasa mendapat di dalam usus manusia pada pencernaan pati  atau di dalam biji-bijian pada saat pemecahan pati (biji kecambah). Jika dihidrolisis maltosa akan terurai menjadi dua unit glukosa.
Laktosa atau gula susu hanya terdapat di dalam susu. Laktosa merupakan jenis gula yang rasanya paling tidak manis dan sukar  larut dibanding disakarida lainya. Hasil hidrolisasi laktosa adalah berupa satu unit glukosa dan satu unit galaktosa.

c.    Polisakarida
Polisakarida termasuk pada golongan karbohidrat kompleks, karena mereka dapat memiliki tiga ribu gula sederhana yang tersusun berupa rantai panjang lurus atau bercabang. Contoh polisakarida diantaranya adalah pati (amilum), glikogen, selulosa, lignin, dan pektin.
Pati merupakan karbohidrat yang bisa tersimpan di dalam tumbuh-tumbuhan dan menjadi karbohidrat utama bagi manusia di seluruh dunia. Kebanyakan pati terdapat di dalam padi-padian, biji-bijian dan umbi-umbian.
Glikogen merupakan karbohidrat yang tersimpan di dalam tubuh manusia dan hewan. Pada manusia, dua pertiga gilogen disimpan di dalam otot dan sisanya dalam hati. gilogen di dalam otot hanya dapat digunakan untuk keperluan energi di dalam otot. Sebaliknya, glikogen yang di simpan di dalam hati dapat di gunakan sebagai sumber energi untuk semua sel tubuh.

Itulah macam macam karbohidrat yang dibutuhkan oloh tubuh kita.

Fungsi Karbohidrat

Karbohidrat memiliki beberapa fungsi yang tidak tergantikan oleh zat makanan lain. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi.  Untuk lebih lengkapnya silakan di simak macam macam fungsi karbohidrat di bawah ini :

  1. Sebagai Sumber energi utama. pada beberapa organ tubuh seperti otak, lensa mata, dan sel saraf, sumber energinya sangat bergantung kepada glukosa dan tidak dapat di gantikan oleh sumber energi lainya. setiap 1 gram glukosa menghasilkan 4,1 kalori.
  2. Berperan penitng dalam metabolisme, menjaga keseimbangan asam dan basa, pembentukan struktur sel, jaringan dan organ tubuh.
  3. membantu proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan, misalnya selulosa.
  4. Membantu penyerapan kalsium, misalnya laktosa
  5. Merupakan bahan pembentuk senyawa kimia lainya, misalnya lemak dan protein
  6. Karbohidrat beratom C lima buah, yaitu ribosa merupakan komponen asam inti yang amat penting dalam pewarisan sifat. asam inti tersebut adalah asam Deoksiribose Nukleat dan ADN dan asam Ribose Nukleat atau ARN.

NILAI KARBOHIDRAT (KH) BERBAGAI BAHAN MAKANAN (GRAM/100 GRAM)

Bahan MakananNilai KHBahan MakananNilai KH
Gula Pasir94,0Kacang Tanah23,6
Gula Kelapa76,0Tempe12,7
Pati87,6Tahu1,6
Bihun82,0Pisang Ambon25,8
Makaroni78,7Apel14,9
Beras Setengah Giling78,3Mangga Harumanis11,9
Jagung Kuning73,7Pepaya12,2
Kerupuk Udang Dengan Pati68,2Daun Singkong13,0
Mi Kering50,0Wortel9,3
Roti Putih50,0Bayam6,5
Ketela Pohon34,7Kangkung5,4
Ubi Jalar Merah27,9Tomat Masak4,2
Kentang19,2Hati Sapi6,0

Sumber Karbohidrat

Karbohidrat kebanyakan tersimpan di dalam berbagai bahan makanan pokok manusia. Misalnya, padi, jagung, gandum, ubi, singkong dan sagu. Selain itu, karbohidrat juga di temukan dalam bentuk makanan olahan, seperti Mie, salat, sirup, roti dan tepung-tepungan.

Pemanfaatan Karbohidrat Dalam Tubuh

Macam macam karbohidrat dicerna secara mekanik dan kimiawi semenjak di dalam mulut hingga usus halus. hasilnya adalah monoksida glukosa, frukosa,dan glukosa. Monoksakarida diserap oleh kapiler jonjot usus, selanjutnya oleh vena porta hepatis diangkut ke hati. Frukosa dan galaktosa di ubah menjadi glukosa.

Di dalam hati, glukosa diubah menjadi glikogen atau gula otot. pengubahan glukosa menjadi glikogen erat kaitannya dengan usaha tubuh untuk menjaga keseimbangan gula darah. selama dalam darah, praktis gula senantiasa dalam bentuk glukosa.

Bila terjadi kelebihan konsumsi karbohidrat maka karbohidrat yang lebih akan di simpan di dalam otot dan hati dalam bentuk glikogen. kemampuan tubuh dalam menyimpan glikogen terbatas. yaitu 108 gram di dalam hati dan 245 gram di dalam otot. Bila karbohidrat masih berlebih maka karbohidrat akan diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam jaringan lemak.

Sebagian besar karbohidrat merupakan sumber energi. bila dioksidasi maka akan di hasilkan energi,CO2, Dan air. Energi yang di hasilkan dari oksidasi karbohidrat ini sangat sedikit dan tidak dapat langsung digunakan dalam proses biologis. Untuk itu, energi ini dikumpulkan menjadi senyawa berenergi tinggi, Yaitu ADP dan ATP.

Glikogen tersimpan di dalam otot dan hati tidak dapat langsung dioksidasi, tetapi harus di ubah terlebih dahulu menjadi glukosa. proses oksidasi karbohidrat berlangsung secara bertingkat. diawali dari daur glikolisis, daur Kreb’s dan pembentukan molekul air.

a. Daur Glikolisis
dalam tahap ini glukosa diubah menjadi senyawa fosfat. melalui tahap-tahap kimia kompleks, akhirnya di hasilkan senyawa asam priuvat. Pada proses glikolisis ini diperlukan enzim glukokinase.

b. Daur Kreb’s

Dalam tahap ini asam priuvat dioksidasi sehingga dihasilkan energi, CO2, dan H2O. dalam tahap ini juga di hasilkan atom H+. Proses pembebasann CO2 di bantu oleh enzim dekarboksilase, sedangkan pembentukan atom H+ dibantu oleh enzim dehidrogenase.

c. Pembentukan Air
Atom hidrogen yang di hasilkan pada daur kreb’s akan membebaskan elektronya. Elektron tersebut akan dipindahkan ke oksigen bebas dengan bantuan enzim sitokrom.

Di dalam jaringan, Kemungkinan tidak semua asam pirvuat memasuki daur kreb’s maka sisanya akan diubah menjadi asam laktat dan keluar dari jaringan melalui pembuluh darah menuju ke hati. di dalam hati asam laktat di ubah menjadi asam piruvat, dan selanjutnya di ubah menjadi glikogen. Bila asam laktat tetap d idalam jaringan, misalnya di dalam otot-otot persendian maka daerah persendian atau otot-otot tersebut akan terasa pegal dan lelah.

Demikianlah bahasan kami mengenai macam macam karbohidrat, sumber dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu (maglearning.id).

Loading...