Pengertian Pers dan Fungsi Pers

Pengertian Pers dan Fungsi Pers, Apa Saja ?

Pengertian Pers dan Fungsi Pers , Apa Saja ? – Halo pembaca maglearning.id di mana pun Anda berada, semoga sehat selalu ya. Mudah-mudahan kita selalu sehat dan bisa berbagi informasi yang bermanfaat.

Di Era Modern yang serba canggih ini sudah barang tentu Kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya Informasi, Baik itu yang ada di Televisi ataupun yang ada di Internet, Kejadian hari ini di belahan dunia mana pun dapat kita saksikan secara langsung.

Pernahkah sobat berpikir siapa sih orang atau pun tim yang memberikan informasi secara tepat dan akurat tersebut.? Jika itu pertanyaan sobat maka sobat sudah berada di website yang tepat yang akan membahas secara tuntas tentang Masalah Tersebut.

Di Era Informasi ini kita tidak pernah lepas dari yang namanya dunia pers, lalu apakah itu Pers.? Mari kita lihat pembahasan di bawah ini.

Mendengar kata pers mungkin kita akan langsung memikirkan tentang wartawan. Ya wartawan adalah salah satu bagian dari kegiatan pers. Namun apa sih pengertian pers yang sebenarnya ? Dalam bahasan kali ini kita akan memberikan informasi yang berkaitan dengan pers dan fungsi pers.

Kebetulan admin memang dari dulu suka dengan kegiatan tulis menulis dan pernah mengelola sebuah majalah kampus ketika kuliah dulu. Saat ini pun admin masih dekat dengan dunia publikasi. Bahkan, karier kerja admin (yang offline) selalu saja terkait dengan publikasi, bedanya saat ini lebih banyak ke publikasi ilmiah.

Pengertian Pers

Ok, kita kembali ke bahasan utama yaitu pengertian pers dan fungsi pers. Pers adalah suatu badan atau lembaga yang memiliki tugas untuk menerbitkan media masa secara rutin. Jadi pers adalah lembaga yang memberikan informasi dan berita faktual yang terjadi pada saat ini.

Kehadiran pers sangat membantu masyarakat umum dalam mengetahui sejumlah informasi. Media pers dibedakan menjadi beberapa bagian, baik media cetak dan media elektronik. Untuk media masa cetak seperti koran, majalah dan beberapa brosur yang berisi berita terkini.

Sedangkan untuk media elektronik, Anda bisa mengakses melalui internet dimana semua informasi dengan mudahnya bisa Anda dapatkan. Untuk itulah pers memiliki peran penting untuk memberitakan sebuah kejadian yang mempunyai nilai positif bagi kita untuk pelajaran, informasi umum, maupun untuk kemajuan.

Pers akhir-akhir ini semakin canggih dan memiliki teknik modern yang bisa menjangkau kabar bahkan dari benua mana pun. Tak terbatas oleh sekat-sekar geografis maupun bahasa, karena adanya internet dan mesin penerjemah canggih, bahkan dalam format multimedia.

Kemudahan teknologi dan informasi mendorong banyak orang untuk menghadirkan berbagai macam berita aktual dan faktual secara cepat dan akurat. Dimana pun kejadian peristiwanya.

Dalam kegiatan pers ada yang dinamakan dengan kegiatan jurnalistik, dimana seseorang mencari, mengumpulkan, menyaring dan menyajikan sebuah berita melalui sumber yang dapat dipercaya dan apa yang mereka beritakan bisa dipertanggungjawabkan. Dengan kegiatan inilah banyak jurnalis baru dan wartawan yang terus mengorek berita untuk disajikan ke seluruh masyarakat secara terbuka dan objektif.

Fungsi Pers

Setelah mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian dan informasi seputar pers, sekarang saatnya kita membahas mengenai fungsi pers. Pers memiliki fungsi banyak dalam kehidupan sehari-hari karena kehadiran pers mampu mengubah suatu hal dari yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi semakin dekat lagi.

Mari kita simak fungsi-fungsi pers berikut ini.

1. Pers sebagai media penyedia informasi

Fungsi pers yang pertama adalah menyediakan informasi. Pers sebagai sebuah wadah yang bisa memberikan informasi terkini dan terpercaya pada seluruh lapisan masyarakat sehingga semua orang tahu apa yang terjadi saat ini dan bagaimana cara mengatasinya. Pers memiliki kemampuan untuk mengolah data menjadi informasi dengan cepat dan tepat sehingga sampai pada penonton dan pembaca dengan sajian yang menarik dan berita yang unik.

2. Pers sebagai media pendidikan

Pers juga memiliki fungsi sebagai tempat pendidikan. Maksudnya adalah bahwa pers memiliki nilai edukasi yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk belajar para siswa. Pada dasarnya berita atau peristiwa yang diinformasikan melalui pers memiliki nilai edukasi yang bisa menjadi contoh atau pelajaran bagi siswa sekolah.

3. Pers sebagai media hiburan

Ada satu lagi fungsi pers yaitu sebagai media hiburan. Bukan hanya informasi yang bersifat kaku dan kebenaran, pers juga memberikan berita yang memiliki nilai dan unsur hiburan yang bisa dijadikan sebagai bacaan ringan oleh para pembaca setianya.

Sobat pembaca, sekarang sudah mengerti apa itu Pers dan fungsi pers bukan ? atau Tujuan dari pers serta manfaat dari Pers itu sendiri bukan.? Jika sobat masih belum memahami apa itu yang dimaksud dengan pers, maka sobat harus membaca lagi dengan seksama artikel pengertian pers dan fungsi pers di atas ya, atau jika sobat Ingin bertanya, silakan saja sobat tinggalkan pertanyaannya di kotak komentar di bawah, secepatnya akan saya jawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan sobat, akhir kata terima kasih dan sampai berjumpa kembali dengan maglearning.id.

%%footer%%

One comment

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan