Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen – Akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen apa bedanya? Pasti banyak sekali pertanyaan yang muncul di benak masing-masing dari kita mengenai perbedaan yang mencolok mengenai akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Pengertian Akuntansi

Tapi sebelum kita terlalu pening memikirkan beda antara kedua ilmu tersebut yaitu akuntansi keuangan dan manajemen, ada baiknya terlebih dahulu kita memahami pengertian tentang akuntansi secara umum. Adapun pengertiannya yaitu :

Akuntansi adalah seni dalam pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, penafsiran dan pengomunikasian dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian ekonomi dari suatu entitas hukum atau sosial. (AICPA)

Bahasa bisnis yang memberikan informasi tentang kondisi suatu perusahaan atau organisasi dan hasil usaha atau aktivitasnya pada waktu atau periode tertentu, sebagai pertanggung jawaban manajemen serta untuk pengambilan keputusan bisnis.

Nah sekarang Anda sudah tahu mengenai pengertian akuntansi secara umum. Intinya tujuan akuntansi adalah alat untuk membuat dan menghasilkan laporan keuangan dari aktivitas perusahaan dalam melakukan usahanya. Kemudian laporan keuangan hasil usaha akan diberikan oleh manajemen kepada pemilik modal untuk dipelajari, berapa jumlah harta yang dimiliki perusahaan dan berapa laba perusahaan yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi.

Apa Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen ?

Adapun perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen akan dijelaskan pada tabel di bawah ini :

No.KriteriaAkuntansi KeuanganAkuntansi Manajemen
1PemakaiPara manajer puncak dan pihak luar perusahaanPara manajer dan berbagai jenjang organisasi di dalam perusahaan
2Lingkup informasiPerusahaan secara keseluruhanBagian dari perusahaan
 3Fokus informasiBerorientasi ke masa laluBerorientasi ke masa yang akan datanq
 4Rentang waktuKurang fleksibel. Biasanya mencakup jangka waktu kuartalan, semesteran, dan tahunanFleksibel, bervariasi, dari harian, mingguan, bulanan bahkan sampai ada yang 10 tahun sekali
 5Kriteria bagi informasi akuntansiDibatasi oleh prinsip yang umum dan diakui / lazimTidak ada batasan, kecuali manfaat yang dapat diperoleh bagi manajemen dari informasi dibandingkan dengan pengorbanan untuk memperoleh informasi
 6Disiplin ilmuIlmu ekonomiIlmu ekonomi dan psikologi sosial
 7Isi laporanLaporan berupa ringkasan mengenai perusahaan sebagai satu kesatuan / keseluruhanLaporan bersifat rinci mengenai bagian dari perusahaan
 8Sifat informasiKetepatan informasi merupakan hal yang pentingUnsur taksiran informasi adalah besar

Dari ilustrasi tabel di atas dapat kita analisa bahwa akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen perbedaannya sangat signifikan.

Dilihat dari pemakainya, untuk akuntansi keuangan lebih fokus pada pelaporan pihak manajemen puncak seperti komisaris serta pemilik modal dan juga pihak eksternal perusahaan seperti organisasi pemerintahan. Sedangkan untuk akuntansi manajemen berfokus pada pelaporan pihak manajer guna analisa untuk memaksimalkan keuntungan pada periode berikutnya.

Begitu juga dengan lingkup informasi, fokus informasi, rentang waktu laporan keuangan, kriteria bagi informasi akuntansi, disiplin ilmu, isi laporan dan sifat informasi yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Itulah perbedaan singkat antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, semoga dapat menambah pengetahuan bagi Anda yang fokus pada bidang akuntansi. Semoga bermanfaat dan selamat belajar (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan