Pengertian Massa Jenis dan Contoh Soalnya

Pengertian Massa Jenis dan Contoh Soalnya

Pengertian Massa Jenis dan Contoh Soalnya – Pernahkah teman-teman mendengar istilah massa jenis ? apakah massa jenis sama dengan massa benda ? untuk lebih memahami istilah massa jenis perhatikan uraian berikut !

 

Pengertian Massa Jenis

Apa itu massa jenis ?

Massa jenis zat merupakan hasil bagi antara massa zat dan volume zat . Massa jenis zat sebanding dengan massa zat dan berbanding terbalik dengan volume zat. Rumus massa jenis dapat dituliskan :

ρ = m / v

dimana :

  • ρ : massa jenis zat
  • m : massa zat
  • v : volume zat

 

Bagaimana dengan satuan massa jenis ?

Saat belajar besaran dan satuan teman – teman masih ingakah dengan besaran pokok dan besaran turunan ? massa merupakan salah satu dari 7 besaran pokok, sedangkan massa jenis merupakan salah satu besaran turunan. Satuan massa jenis diturunkan dari besaran pokok massa (kg) dan besaran pokok panjang (m). Satuan massa jenis dalam SI adalah kg/m3. Satuan massa jenis yang lain adalah gram/cm3.

 

Menentukan Massa Jenis

Bagaimana cara menentukan massa jenis suatu zat ?

  1. menentukan massa jenis zat padat
  2. Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya teratur.

Menentukan massa jenis zat yang bentuknya teratur dengan cara menentukan massa benda tersebut dengan cara menimbang benda menggunakan neraca. Kemudian menghitung volume benda tersebut menggunakan rumus volume bangun ruang. Massa jenis benda dapat diketahui dengan cara membagi massa benda dengan volume benda.

  1. Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya tidak teratur.

untuk menentukan massa jenis zat yang bentuknya tidak teratur , seperti kerikil. Langkah pertama yang harus teman- teman lakukan adalah menentukan massa benda dengan cara menimbang benda tersebut menggunakan neraca.

Langkah selanjutnya teman – teman menyediakan gelas ukur, kemudian gelas tersebut di isi dengan air. Teman-teman catat volume gelas ukur tersebut kemudian masukkan kerikil ke dalam gelas ukur dan catat volume gelas ukur setelah diberi kerikil.

Hitung volume batu dengan cara mengurangi volume air di dalam gelas ukur setelah diberi kerikil dan volume air sebelum di beri kerikil. Kemudian hitung massa jenis keriki dengan cara membagi massa kerikil dengan volume kerikil.

 

  1. Menentukan massa jenis zat cair

Massa jenis zat cair diukur menggunakan hidrometer. Untuk mengetahui massa jenis suatu zat cair dengan cara memasukkan hidrometer ke dalam zat cair yang akan diukur. Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan hidrometer adalah semakin dalam hidrometer tercelup maka massa jenis zat cair yang diukur semakin kecil.

 

Menghitung Massa Jenis

Apa manfaat menghitung massa jenis suatu zat ?

Dengan menghitung massa jenis suatu zat teman-teman dapat memanfaatkan zat tersebut untuk suatu tujuan tertentu. Misalnya menghitung massa jenis aluminium, maka teman – teman dapat mengetahui mengapa aluminium digunakan sebagai bahan membuat pesawat terbang ?

Aluminium dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pesawat terbang karena massa aluminium kecil, sehingga massa jenis aluminium juga kecil. Massa jenis aluminium lebih kecil daripada massa jenis udara sehingga pesawat dapat terbang di udara.

 

Soal dan Pembahasan Pengertian Massa Jenis

 

  1. Tentukan massa jenis sebuah kubus yang panjang sisinya 5 cm jika diketahui massa kubus 250 gram !

Diketahui :

m : 250 gram

s : 5 cm

Vkubus : s x s xs : 5 x 5x 5 = 125 cm3

Ditanya :

ρ. . . . ?

jawab :

ρ : m / v

ρ : 250 gram / 125 cm3 : 2 gram/cm3

jadi massa jenis kubus 2 gra/cm3.

 

  1. Hitunglah massa sebuah balok jika diketahui massa jenis balok 1000 kg/m3 dan volume balok 2 m3 !

Diketahui :

ρ : 1000 kg/m3

v : 2 m3

ditanya :

m . . . . ?

jawab :

ρ : m/v

1000 kg/m3 : m / 2 m3

m : 1000 kg/m3 x 2 m3

m : 2000 kg

jadi massa balok 2000 kg.

 

  1. Massa jenis aluminium 2.7 gram/cm3. Tentukan volume aluminium jika diketahui massa aluminium 27 gram !

Diketahui :

ρ : 2.7 gram/cm3

m : 27 gram

ditanya :

v . .. .?

jawab :

ρ : m/v

2.7 gram/cm3: 27 gram/ v

V : 27 gram / 2.7 gram/cm3

V : 10 cm3

Jadi volume aluminium 10 cm3

 

  1. Volume air di dalam satu gelas

ukur 40 cm, sebuah batu dimasukkan ke dalam gelas tersebut sehingga volume air di dalam gelas ukur naik menjadi 70 cm3. Jika diketahui massa kerikil 150 gram, tentukan massa jenis kerikil tersebut !

Diketahui :

Vkerikil : 70 cm3 – 40 cm3 : 30 cm3

m : 150 gram

ditanya :

ρ . . . . ?

jawab :

ρ : m/v

ρ : 150 gram/30 cm3

ρ : 5 gram/cm3

jadi massa jenis kerikil 5 gram/cm3

 

  1. Sebuah gelas ukur berisi air dengan volume tertentu. Sebuah batu dimasukkan ke dalam gelas ukur tersebut sehingga volumenya naik menjadi 70 cm3. Jika diketahui massa batu 100 gram dan massa jenis batu 5 gram/cm3. Tentukan volume mula-mula sebelum dimasuki batu !

Diketahui :

Vakhir : 70 cm3

m : 100 gram

ρ : 5 gram/cm3

ditanya :

Vawal . . . .?

Jawab :

ρ : m/v

5 gram/cm3 : 100 gram/v

Vbatu : 100 gram / 5 gram/cm3

Vbatu : 20 gram

Vbatu : Vakhir – Vawal

20 cm3 : 70 cm3 – Vawal

Vawal : 70 cm3 – 20 cm3

Vawal : 50 cm3

Jadi volume awal gelas 50 cm3

 

Demikianlah bahasan kami mengenai pengertian massa jenis dan contoh soalnya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id)

%%footer%%

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan