Apa Manfaat Makanan Berserat Bagi Tubuh

Apa Manfaat Makanan Berserat Bagi Tubuh ?

Apa Manfaat Makanan Berserat Bagi Tubuh ? Makanan yang mengandung serat adalah karbohidrat yang tubuh tidak dapat mencerna atau menyerap. Makanan yang berserat melewati sebagian besar tanpa tercerna melalui lambung, usus kecil, usus besar dan keluar dari tubuh.

Ada dua klasifikasi serat makanan, yaitu : serat tidak larut yang tidak dapat larut dalam air dan serat larut yang dapat larut. Kebanyakan ditemukan dalam sumber-sumber tanaman seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, serat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan memainkan peran penting dalam proses pencernaan.

 

Serat tidak larut

Serat tidak larut dapat ditemukan dalam produk gandum, sayuran berdaun gelap, kacang hijau, dedak gandum, dedak jagung, biji-bijian, kacang-kacangan dan dalam kulit buah-buahan dan sayuran. Selama proses pencernaan serat larut menarik air ke usus, meningkatkan curah dan kelembutan produk limbah. Hal ini untuk mencegah sembelit dan mendorong gerakan usus yang teratur dengan mendorong pergerakan limbah melalui usus.

Manfaat lain dari serat makanan tidak larut bagi tubuh adalah bahwa ia mengontrol keseimbangan pH usus ‘. Melalui regulasi tingkat pH, serat tidak larut dapat mencegah mikroba tidak memproduksi sel-sel kanker pada usus besar.

 

Serat larut

Serat larut ditemukan dalam makanan seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, ubi jalar, apel, pir, plum, biji rami, plum, buah, kacang kering dan kacang polong. Tidak seperti serat tidak larut yang tidak dapat dicerna sama sekali, serat larut dapat dicerna dengan lambat.

Serat larut memperpanjang proses pencernaan dan menjaga perut penuh lebih lama; ini memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula ke dalam tubuh. Lambatnya penyerapan karbohidrat meninggalkan tubuh merasa kenyang lebih lama, sementara penyerapan lambat gula memberikan tubuh kesempatan untuk mengatur kadar gula darah.

 

Manfaat Tambahan

Apa manfaat lain dari makanan berserat bagi tubuh selain yang telah disampaikan di atas ? Serat makanan memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Saat serat bergerak melalui saluran pencernaan, ia membawa berbagai racun bersama dengan itu. Hal ini dapat mengurangi risiko mengembangkan wasir dan penyakit divertikular.

Selain itu, tampaknya ada hubungan antara fermentasi serat larut dan kesehatan usus. Diet tinggi serat juga dapat melindungi kesehatan jantung karena mereka tampaknya menurunkan kadar kolesterol darah total, dengan menurunkan low-density lipoprotein atau LDL.

 

Berat Badan

Manfaat lain dari makanan tinggi serat adalah bahwa mereka dapat membantu dalam penurunan berat badan. Karena serat memperlambat proses pencernaan, itu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi kemungkinan ngemil di antara waktu makan.

Makanan tinggi serat juga cenderung kurang padat energi daripada kebanyakan makanan, yang berarti bahwa mereka mengandung lebih sedikit kalori daripada makanan kaya nutrisi lebih seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Mereka juga membutuhkan lebih banyak waktu mengunyah, memberikan tubuh lebih banyak waktu.

 

Rekomendasi asupan makanan tinggi serat

Diet kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian sangat penting untuk memenuhi kebutuhan serat harian larut dan tidak larut yang direkomendasikan. Hal ini umumnya direkomendasikan bahwa asupan harian serat sekitar 25 gram per hari; 75 persen ini harus serat tidak larut dan 25 persen harus serat larut. Karena banyak makanan seperti gandum dan biji rami mengandung serat larut dan tidak larut, diet seimbang dan sehat biasanya akan memenuhi persyaratan serat harian.

 

Nah demikianlah bahasan kami mengenai apa manfaat makanan berserat bagi tubuh. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain informasi (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan