Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif – Kali ini kita kembali dengan semangat yang baru, apanya yang baru? hehe, setelah beberapa saat vakum tidak memposting tentang bahasa dan sastra kali ini kami akan kembali dengan sederet konten konten unik. Kali ini kami akan membahas mengenai pengertian dan contoh dari paragraf deduktif.

Pengertian Paragraf Deduktif

Ada banyak jenis dari paragraf yang dapat kita / orang orang gunakan dalam menuangkan sebuah ide ke dalam tulisan salah satunya adalah dalam bentuk atau pola deduktif. Sebuah paragraf dikatakan berpola deduktif apabila secara keseluruhan paragraf tersebut membawa kita untuk memahami sebuah tema dari bahasan yang lebih luas ke bahasan yang lebih spesifik. ciri ciri utamanya adalah “biasanya” (Tapi tidak selalu lo yaa :D) Kalimat utama berada di awal paragraf.

ilustrasi paragraf deduktif

Ingat poinnya!! bisa di lihat di gambar ilustrasi pada gambar di atas ya.

Contoh Paragraf Deduktif

Setelah memahami pengertian paragraf deduktif, sekarang contohnya, memang mana contohnya??? sebentar broo n sis, memang yang paling enak adalah belajar langsung dengan contohnya hehe, oke berikut akan kita baca dan amati secara seksama beberapa contoh dari paragraf deduktif. Tolong diamati ya teman teman Pahami polanya!

Contoh Paragraf Deduktif dengan tema kebersihan

Ada beberapa cara untuk selalu menjaga kebersihan diri kita. Pertama buatlah jadwal tentang apa apa yang harus dilakukan pada saat kita bangun tidur, seperti menyikat gigi serta membersihkan tempat tidur kita sendiri. Pada saat kita hendak berangkat sekolah dan hendak memasak bekal jangan lupa untuk selalu merapikan kembali perkakas perkakas yang telah kita gunakan saat memasak. Setibanya di sekolah selalu cucilah muka agar kita terhindar dari kotoran dan radikal bebas yang masuk ke dalam muka, selain menjadi contoh untuk teman dan junior kita, bisa juga kita dapat jodoh karena hal ini.

Contoh Paragraf Deduktif dengan tema kesehatan

Stem Cell atau sel punca merupakan harapan dan andalan dunia kesehatan dimasa depan. saat ini peneliti terus mengembangkan penelitian obat yang berbasis regeratif medicine atau pengobatan berbasis regenerasi, mengapa? karena sistem pengobatan yang ada sekarang sangat bergantung dengan kondisi masing-masing orang. Pengobatan dengan metode A untuk penyakit A bisa bervariasi tingkat keefektifannya untuk tiap tiap individu karena setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda. dengan semakin berkembangnya penelitian atas stem cell maka tiap pengobatan tidak akan bergantung lagi terhadap karakteristik seseorang karena tiap obat sudah dikhususkan untuk pasien yang dirawat, sehingga akan sangat dapat diandalkan dan tidak terdapat penolakan dari tubuh pasien.

Contoh Paragraf Deduktif dengan tema Perkebunan

Menanam sebuah pohon memerlukan kecermatan dan langkah langkah yang baku. Pertama kita harus menyiapkan bibit pohon yang hendak kita tanam dalam polybag. bibit pohon dapat dibeli di toko tanaman yang banyak tersebar di pinggir jalan raya atau di toko tanaman khusus. Kemudian kita harus menggali tanah dengan kedalaman yang cukup. Kita juga harus memastikan radius jarak tanam antar pohon dengan tanaman yang lain, apabila terlalu berdekatan maka tanaman yang lebih kecil akan kekurangan nutrisi, apabila terlalu jauh kebun kita akan tampak kosong. Setelah pohon selesai ditanam untuk beberapa minggu awal jangan lupa untuk menyangga pohon sampai dirasa akar telah menjalar cukup dan mampu menopang dirinya sendiri.

Bagaimana kawan kawan semua, sudah paham kan dengan pengertian dan contoh paragraf deduktif ? intinya simpel kok.. tuliskan saja inti paragraf di awal kemudian tuangkan penjelas-penjelas yang menopang ide atau gagasan kamu. Bila kamu hendak menguji apakah sebuah paragraf itu deduktif atau bukan tinggal dilihat saja apakah terdapat runtutan penjelas untuk kalimat di awal yang kamu curigai sebagai gagasan utama.

Oke ya, sekian dulu artikel tentang pengertian dan contoh paragraf deduktif ini. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kawan semua. Sampai jumpa lagi…… (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan