Jenis Jenis Data Penelitian, Apa Saja

Jenis-Jenis Data Penelitian, Apa Saja ?

Jenis-Jenis Data Penelitian, Apa Saja ? – Aktivitas penelitian tidak bisa terlepas dari jenis data yang merupakan bahan utama untuk membuat gambaran spesifik tentang objek penelitian. Data merupakan fakta empiris yang sudah dikumpulkan oleh peneliti untuk memecahkan masalah / menjawab pertanyaan penelitian.

Data penelitian bisa berasal dari berbagai hal yang dikumpulkan dengan memakai berbagai teknik selama proses penelitian berlangsung. Berikut penjelasan singkat tentang jenis jenis data penelitian.

Jenis Data Penelitian Berdasarkan Sumbernya

Dilihat berdasarkan sumbernya, jenis data penelitian bisa dikelompokkan ke dalam 2 jenis yakni data primer serta data sekunder.

  • Data primer adalah data yang didapat / dikumpulkan oleh peneliti dengan cara langsung dari sumbernya. Data primer biasanya disebut dengan data asli / data baru yang mempunyai sifat up to date. Untuk memperoleh data primer, peneliti wajib mengumpulkannya secara langsung. Cara yang bisa digunakan peneliti untuk mencari data primer yaitu observasi, diskusi terfokus, wawancara serta penyebaran kuesioner.
  • Data sekunder adalah data yang didapat / dikumpulkan peneliti dari semua sumber yang sudah ada dalam artian peneliti sebagai tangan kedua. Data sekunder bisa didapat dari berbagai sumber misalnya biro pusat statistik yang biasanya disingkat dengan BPS, jurnal buku, laporan dan lain sebagainya. Pemahaman pada ke 2 jenis data di atas dibutuhkan sebagai landasan untuk menentukan cara dan langkah-langkah pengumpulan data penelitian.

 

Jenis Data Penelitian Berdasarkan Sifatnya

Bila dilihat berdasarkan pada sifat dan bentuknya, data penelitian bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu data kualitatif (data nominal/kategorik dan ordinal atau data yang berbentuk kata-kata atau kalimat) dan data kuantitatif (data interval dan rasio atau data yang berbentuk angka ). Data kuantitatif bisa dikelompokkan berdasarkan teknik mendapatkannya yakni data diskrit serta data kontinum. Data berdasarkan skala pengukurannya, data tersusun atas data nominal, data ortdinal, data interval, dan data rasio.

  • Data kualitatif data kualitatif merupakan data yang berbentuk kalimat bukan berbentuk angka. Data kualitatif didapat melalui berbagai jenis cara pengumpulan data seperti analisis dokumen, wawancara, diskusi terfokus, / observasi yang sudah dituangkan ke dalam catatan lapangan / transkrip. Bentuk lain dari data kualitatif adalah foto yang didapat melalui pemotretan / rekaman video.
  • Data kuantitatif merupakan data yang berbentuk angka / bilangan. Sesuai dengan kriterianya, data kuantitatif bisa diolah / dianalisis memakai teknik perhitungan statistika / matematika.

Informasi lebih lengkap mengenai data kualitatif dan kuantitatif ini bisa dibaca di artikel berjudul jenis-jenis data berdasarkan skala pengukurannya.

 

Jenis Data Penelitian Berdasarkan Waktu

Jika dilihat berdasarkan pada dimensi waktu kita bisa menggolongkan jenis data penelitian manjadi 4, yaitu: data cross-section, data time series, data pooled cross sections, dan data panel.

  • Data Cross-Section adalah data yang diambil pada satu titik waktu tertentu. Data ini dikumpulkan dalam satu waktu tertentu dan bisanya melibatkan banyak obyek data atau responden.
  • Data Time Series adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu secara berurutan pada satu atau lebih obyek yang sama pada setiap periode waktu.
  • Data Pooled Cross Sections adalah suatu set data yang memiliki fitur cross-sectional dan time series sekaligus.
  • Data panel atau juga disebut dengan data longitudinal terdiri dari serangkaian waktu untuk setiap anggota cross-sectional dalam satu set data.

Informasi lebih lengkap mengenai jenis-jenis data penelitian berdasarkan dimensi waktu bisa Anda baca DI SINI.

Semoga informasi di atas berguna untuk anda. Sampai jumpa lagi di lain bahasan. (maglearning.id)

%%footer%%