Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan, Penjelasan Ringkas

Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan – Bicara masalah tumbuhan memang tidak ada habisnya, sebab ada saja yang mesti di bahas. Mulai dari jenis, bentuk, ciri-ciri, hormon, anatomi tumbuhan dan juga tentang fisiologi tumbuhan. Apakah Anda tahu apa itu anatomi dan fisiologi tumbuhan? Sebelum Anda membahas tentang anatomi dan fisiologi tumbuhan Anda harus tahu apa itu tumbuhan?

Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada dan tinggal di muka bumi. Tumbuhan memiliki ciri-ciri sebagai makhluk hidup yaitu bergerak, selain itu tumbuhan juga memiliki ciri yang lain yaitu tumbuh. Tumbuhan dapat berembang dan tumbuh karena memiliki hormon yang bisa membantu proses pertumbuhan.

Dalam ilmu biologi ada yang namanya anatomi dan fisiologi pada tumbuhan dan hewan. Sekarang saya hanya akan membahas tentang anatomi dan fisiologi yang terjadi pada tumbuhan. Supaya lebih jelas dan lebih paham, yuk kita pelajar bersama ulasan di bawah ini.

 

Anatomi tumbuhan

Apa itu anatomi tumbuhan? Yang disebut dengan anatomi tumbuhan adalah cara untuk melihat seluruh fisik yang dijadikan sebagai suatu bagian yang jika dilihat secara fungsional hal itu berbeda. Anatomi tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan metode yang digunakan. Pada anatomi tumbuhan menggunakan metode pendekatan, yaitu organ-organ yang terdapat pada tumbuhan diekspos dari luar sehingga dalam hal ini tidak diperlukan adanya pembedahan.

Jika dilihat dari sudut hierarki kehidupan sistem anatomi tumbuhan dibagi menjadi tiga macam yaitu :

  1. Organologi. Organologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi dan juga struktur organ yang dilihat berdasarkan pada jaringan penyusunnya
  2. Histologi. Histologi adalah ilmu tentang struktur dan juga fungsi jaringan dilihat dari bentuk dan peranan sel penyusunan
  3. Sitologi. Sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan juga fungsi sel dan organel yang terdapat di dalamnya. Sitologi sering kali disebut dengan istilah biologi sel.

 

Fisiologi tumbuhan

Fisiologi tumbuhan merupakan ilmu cabang dari botani yang mendalami tentang cara kerja sistem kehidupan yang terdapat di dalam tubuh pada tumbuhan dan juga tentang tanggapannya terhadap pengaruh di lingkungan sekitar. Fisiologi tumbuhan menggabungkan aspek ilmu fisika, biologi dan ilmu kimiawi.

Dari fisiologi tumbuhan lahir atau diciptakan cabang-cabang lain dari campuran ilmu biologi yaitu biofisika dan juga biokimia. Selain itu fisiologi juga bisa mempengaruhi adanya perkembangan pada genetika.

Hal yang dijadikan sebagai obyek dalam ilmu kajian fisiologi tumbuhan adalah biofisika organ, fisika sel, metabolisme, transportasi hara, fotosintesis, regulasi pertumbuhan, dan juga perkembangan serta mekanisme respons yang terjadi pada rangsangan terhadap lingkungan.

Fisiologi tumbuhan sering diterapkan dalam bidang pertanian guna meningkatkan hasil panen. Ada beberapa contoh yang didapatkan dari hasil kajian ilmu fisiologi tumbuhan dalam bidang pertanian yaitu tata cara dan teknik pemberian pupuk pada tanaman guna meningkatkan hasil panen, selain itu juga untuk mengatur penggunaan zat yang dapat mengatur pertumbuhan.

 

Demikianlah bahasan sederhana kami mengenai anatomi dan fisiologi tumbuhan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain tulisan (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan