Amalan yang Termasuk Sedekah Jariyah

Amalan yang Termasuk Sedekah Jariyah

Amalan yang Termasuk Sedekah Jariyah – Mati adalah sesuatu yang pasti akan terjadi. Kita bahkan tak pernah tahu, kapan, dimana, dan bagaimana proses kematian akan menghampiri kita. Dia bahkan sama sekali tidak bisa bertanya tentang kesiapan kita menghadapi ajal. Yang jelas, Allah sudah mewanti-wanti kita agar tetap hidup di jalan Nya, menjalankan semua perintah Nya, karena ada rule yang harus kita ikuti.

Mati menjadi sebuah momok menakutkan meskipun sebenarnya mati adalah jalan menuju Tuhan, dimana kehidupan abadi akan kita mulai. Kita akan kerap mengartikan mati sebagai sesuatu yang mengerikan, di kubur sendiri, ditanyai para malaikat, hingga disiksa, meski sebenarnya tak semua yang mati dalam ketersiksaan alam kubur, mereka yang telah hidup sesuai dengan rule yang ditetapkan Nya telah bahagia dalam penantian panjangnya selama hidup di dunia.

Maka, salah satu cara agar siksa di alam kubur kita lebih ringan, ada baiknya kita melakukan sedekah jariyah. Apakah Anda pernah mendengar kata sedekah jariyah? Jika belum, yuk ikuti pembahasannya sebagai berikut.

Sedekah jariyah merupakan sedekah atau pemberian yang akan membuat Anda mendapatkan pahala mengalir meski Anda telah meninggal. Sayangnya, kita selalu berpikir, bahwa sedekah hanya berbentuk materi atau jumlah harta yang banyak. Padahal sebenarnya, ada banyak cara bersedekah agar bisa memberikan pahala terus menerus kepada kita.

Saat ini, sudah banyak sekali kok contoh perbuatan yang bisa membuat Anda mendapatkan pahala sedekah jariyah, dan ini tidak hanya bisa diperoleh oleh mereka yang mempunyai harta melimpah saja. Ada apa saja perbuatan yang bisa menjadi sedekah jariyah? Berikut ini adalah tiga amalan yang termasuk sedekah jariyah.

  • Menulis Buku Bermanfaat

Menulis merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Tapi, jika Anda berpikir lebih jauh, menulis tidak hanya bercerita tentang kesenangan loh, ada nilai pahala di sana. Bagaimana bisa? Ya, ketika Anda bisa menuliskan sebuah buku yang bermanfaat bagi banyak orang, maka ini bisa menjadi sebuah sedekah jariyah bagi Anda kelak.

Apalagi kita tahu, bahwa buku merupakan sebuah sarana yang sangat penting untuk bisa mengetahui hal-hal baru yang bermanfaat. Tak heran jika banyak kata-kata mutiara menyatakan, bahwa buku adalah jendelanya dunia.

Dengan membaca buku, wawasan kita akan terbuka lebar, dan banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Maka, agar tulisan-tulisan Anda menjadi sedekah jariyah yang memberikan banyak manfaat, Anda harus mulai menulis buku yang bermanfaat bagi banyak orang.

  • Sedekah Tatkala Sehat

Sedekah merupakan salah satu perbuatan yang sangat terpuji. Dengan bersedekah, harta kita akan bertambah meski nominalnya terlihat berkurang. Jika bersedekah, kita tak perlu menghitung uang kita dengan matematika duniawi, biarkan Allah yang menghitungnya. Hal ini dijelaskan Allah dalam QS. Al-Baqarah 261.

Di dalam QS. Al-Baqarah ini Allah telah menyebutkan bahwa seseorang yang bersedekah di jalan Allah, memberikan manfaat bagi banyak orang di sekitarnya, maka Allah akan membalas sedekah tersebut dengan balasan yang berlipat ganda. Bahkan angkanya bisa sampai 700 kali.

  • Membagikan Al-Quran

Jika Anda mempunyai harta yang lebih, maka cobalah untuk menyedekahkan harta dengan membagikan al-Quran. Hal ini disebutkan di dalam hadis, bahwa kita tak hanya dianjurkan untuk menyebarkan ilmu, tapi juga membagikan al-Quran kepada orang yang membutuhkan.

Al-Quran merupakan kitab suci kita yang harus senantiasa kita baca, pelajari, dan kita amalkan. Ada banyak kebaikan yang akan kita peroleh dengan membaca al-Quran dan kegiatan yang berkaitan dengannya. Bahkan, hanya dengan membaca al-Quran satu huruf saja, sudah dimasukkan ke dalam daftar pahala kita.

Maka, tatkala Anda membagikan al-Quran kepada orang lain, maka setiap orang yang membaca al-Qurna yang Anda bagikan tadi, maka pahalanya akan terus mengalir kepada Anda tanpa henti, termasuk ketika Anda sudah berada di dalam kubur. Dan kelak, al-Quran yang Anda bagikan ini juga akan menjadi penolong yang sangat berarti di hadapan Nya. masyaAllah.

Jika belum bisa bersedekah yang banyak, mulailah dengan sedekah yang kecil dulu, misalnya dengan memberikan mushaf al-Quran satu buah kepada orang yang membutuhkan. Demikian beberapa amalan yang termasuk sedekah jariah atau minimal bisa membuat Anda mendapatkan pahala sedekah jariyah, semoga bermanfaat (maglearning.id).

 

%%footer%%

2 comments

  1. lazione budy – Karawang – Blogger review buku, film, bola. Bagi yang terbantu review di blog ini, bisa traktir ke sini. Terima kasih. https://t.co/ty99xqvk9r
    lazione budy berkata:

    Kalau menulis blog yang bermanfaat, termasuk juga kah?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan