Macam Macam Variabel Penelitian

Macam Macam Variabel Penelitian

Macam Macam Variabel Penelitian – ketika melakukan sebuah penelitian ilmiah pasti kita akan membutuhkan sebuah variabel. Variabel adalah sesuatu yang bervariasi, minimal mempunyai dua variasi. Variabel juga dibangun berdasarkan konsep tertentu.

 

Pengertian Variabel dalam Penelitian

Terdapat beberapa definisi mengenai variabel dalam penelitian. Salah satunya adalah seperti di bawah ini :

  • Variabel merupakan segala sesuatu yang hendak dijadikan sebagai objek pengamatan di dalam sebuah penelitian. Jadi pengertian yang biasa didapatkan dari definisi tersebut adalah bahwa di dalam sebuah penelitian ada sesuatu yang memang menjadi sasaran, misalnya variabel itu tadi. Sehingga variabel merupakan suatu fenomena yang menjadi perhatian di dalam penelitian yang di ukur atau diobservasi.
  • Variabel merupakan konsep yang mempunyai variasi nilai. Dari definisi tersebut mengandung arti konsep atau sesuatu bisa disebut sebagai variabel apabila konsep tersebut mempunyai variabilitas atau bisa dibedakan jadi beberapa kategori atau jenis.

Perlu diingat bahwa yang dinamakan variabel dalam penelitian harus mempunyai variasi atau varians tidak boleh sama dengan nol.

 

Kegunaan Variabel Penelitian

Fungsi dari variabel penelitian adalah sebagai berikut :

  • Untuk mempersiapkan metode atau alat pengumpulan data
  • Untuk pengujian hipotesis
  • Untuk mempersiapkan pengolahan data atau metode analisis
  • Untuk membentuk model penelitian

Macam macam dari variabel Penelitian

Dalam sebuah model penelitian ada banyak jenis variabel. Jenis variabel ini lebih terkait dengan model penelitian.

– Variabel Independen

Variabel yang bisa menjadi sebab perubahannya / bisa mempengaruhi / menimbulkan variabel dependen. Istilah lain dari variabel independen adalah variabel bebas, variabel predictor, atau variabel eksogen dalam analisis jalur dan SEM.

– Variabel Dependen

Variabel yang bisa dipengaruhi / akibat yang dikarenakan adanya variabel bebas. Misalnya seperti : pengaruh dari ikan terhadap motivasi pembelian. Jadi ikan = variabel independen, sementara motivasi pembelian = variabel dependen.

Istilah lain dari variabel dependen adalah variabel terikat, variabel predictant, atau variabel endogen dalam model path atau SEM.

– Variabel Moderator

Adalah salah satu variabel yang tidak bisa mempengaruhi variabel lain secara langsung, namun dapat memperkuat maupun memperlemah hubungan di antara variabel dependen dan independen, atau eksogen terhadap endogen. Variabel ini juga tidak dipengaruhi oleh variabel lainnya, alias dia juga bukan variabel dependen atau endogen. Selain itu variabel ini juga sering disebut dengan variabel independen kedua. Misalnya seperti : variabel jam belajar mempengaruhi hasil belajar siswa namun bisa diperkuat atau diperlemah oleh perbedaan iklim tempat tinggal.

Nama lain dari variabel moderating atau moderasi adalah variabel interaksi.

– Variabel Intervening

Adalah variabel yang bisa menghubungkan di antara variabel Independen dengan variabel dependen yang bisa memperlemah atau memperkuat hubungan akan tetapi tidak bisa diukur atau diamati. Misalnya seperti : Hubungan di antara (Independen) kualitas pelayanan dengan (Intervening) kepuasan konsumen dan juga (Dependen) loyalitas.

Nama lain dari variabel intervening adalah variabel mediasi, karena letaknya ada di tengah-tengah dua variabel eksogen dan endogen. Variabel intervening sudah pasti termasuk variabel endogen.

Hati-hati dalam membedakan antara variabel intervening dan moderating. Sering kali kami temukan ada yang menyamakan kedua variabel ini, bahkan ada yang terbalik dalam mendefinisikannya.

– Variabel Kontrol

Adalah variabel yang dibuat atau dikendalikan konstan, sehingga pengaruh dari variabel independen dengan dependen tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal yang tidak diteliti. Misalnya seperti : Adakah perbedaan di antara tenaga penjual yang lulus S1 dan D3, maka harus ditetapkan adanya variabel kontrol yang berupa peralatan yang sama, gaji yang sama dan sebagainya. Sehingga apabila tanpa variabel kontrol tentu akan sulit ditemukan perbedaan penampilan karyawan yang disebabkan oleh faktor pendidikan.

Variabel kontrol juga sering ditemukan pada penelitian eksperimen sebagai pembanding dari tindakan atau perlakukan eksperimen. Variabel kontrol hampir tidak ditemukan pada penelitian expose facto.

 

Macam-Macam Variabel Lainnya

Masih ada jenis variabel lainnya lagi, namun macam macam jenis variabel itu dilihat dari pengukurannya misalnya :

– Variabel kualitatif

Variabel adalah variabel yang sulit atau tidak bisa dinyatakan dengan angka. Pengukuran variabel ini cenderung bersifat subyektif. Contoh variabel kualitatif diantaranya adalah motivasi karyawan, kepercayaan diri, regulasi diri, kualitas layanan, dan lain-lain. Alat ukur untuk mengukur variabel tersebut bersifat kualitatif

– Variabel kuantitatif

Variabel kuantitatif adalah variabel yang memiliki nilai satuan yang dapat dinyatakan dengan angka, misalnya berat badan. Pengukuran variabel kuantitatif ini bersifat obyektif. Contoh dari variabel kuantitatif ini diantaranya adalah jumlah anak, jumlah penghasilan, tinggi badan, pendapatan perusahaan dan lain-lain.

– Variabel laten

Variabel laten atau variabel konstruk adalah variabel yang tidak bisa diukur langsung, pengukurannya butuh indikator-indikator juga kadang butuh pendekatan. Contoh dari variabel laten misalnya adalah kualitas guru, butuh pendekatan untuk mengukurnya. Misalnya menggunakan pendekatan TPACK. Perlu diukur bagaimana pengetahuan terhadap teknologi pembelajaran, kemampuan pembelajaran, dan penguasaan materi pembelajaran.

– Variabel manifest

Variabel manifest adalah variabel yang bisa dengan mudah diukur langsung. Misalnya gaji karyawan, biaya promosi, omset penjualan, dan lain-lain.

 

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan tentang macam macam variabel penelitian. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan kami (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan