Internet Marketing

Internet Marketing, Apa yang Harus Diperhatikan ?

Internet marketing adalah bentuk strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi internet. Dengan demikian, hampir seluruh strateginya menggunakan media internet. Pada awalnya hanya didominasi oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bisnis online selalu menggunakan strategi ini. Namun, saat ini hampir semua bisnis telah menggunakan internet marketing, mulai dari jasa katering sampai produk-produk kecantikan. Mulai yang berharga ribuan rupiah sampai miliaran rupiah.

 

Internet Marketing dan Bauran Pemasaran

Berbeda dengan pemasaran biasa yang pelaksanaannya dilakukan di dunia nyata, pada internet marketing hampir semuanya dilakukan secara online. Mulai dari promosi, pembayaran, layanan pelanggan, dan sebagainya. Tetapi pemasaran melalui internet ini juga menggunakan konsep bauran pemasaran yang utama, yaitu 4 P (Product, Price, Place, Promotion).

Produk yang ditawarkan di internet bisa berbentuk barang atau jasa. Produk tersebut ditampilkan pada suatu website yang biasanya berupa landing page, kemudian pengunjung website tersebut dapat melihat produk yang ditawarkan.

Karena produknya tidak bisa dilihat secara langsung, maka untuk membuat calon pembeli mengetahui apa dan bagaimana produk tersebut, deskripsi produk harus dibuat sejelas mungkin. Bahkan sering kali disertai foto dan video produk, baik feature produk maupun video yang dikirimkan oleh pelanggan. Dengan demikian, pembeli akan mendapatkan informasi yang lengkap terhadap produk tersebut, serta meningkatkan kepuasan konsumen.

Di internet, pembeli dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang harga produk pada berbagai website. Oleh karena itu, seorang internet marketer harus memperhatikan harga pasar dan membandingkan harganya dengan harga yang ditawarkan oleh pesaing, agar produk yang dijual bisa laku.

Nah, di sinilah seorang marketer perlu menerapkan strategi pemasaran digital di internet dengan tepat. Mulai dari meningkatkan tayangan (impresi) atau kehadiran online sampai pada urusan review dan feedback (bintang) dari pelanggan.

Yang terakhir saya sebut adalah hal yang sama sekali berbeda dengan pemasaran offline. Feedback digital hanya ada di internet marketing dan sering kali menjadi penentu keputusan pembelian. Feedback dan review dari konsumen sering dianggap yang paling obyektif dan jujur. Bila feedback di marketing konvensional lebih bersifat privat dan hanya tersimpan dalam ingatan, feedback dalam digital marketing tersimpan selamanya di dunia maya.

Setelah calon pembeli mendapatkan informasi produk yang ingin dia beli, serta telah setuju dengan harganya, maka setelah terjadi transaksi pembayaran, produk tersebut akan dikirim ke alamat yang diberikan oleh pembeli. Oleh karena itu, internet marketing sangat membutuhkan perusahaan ekspedisi yang dapat mengirimkan barang kepada pembeli. Sedangkan jika yang ditawarkan berbentuk jasa, maka setelah terjadi transaksi pembayaran, perusahaan dapat mengerjakan jasanya kepada pembeli.

Untuk meningkatkan penjualan, tentu harus dilakukan promosi, agar calon pembeli mengetahui produk yang ditawarkan perusahaan. Berbeda dengan pemasaran secara langsung, di mana pemasar dapat membuat iklan di spanduk atau billboard, pada internet marketing iklan di spanduk dan billboard tersebut dapat diganti dengan banner iklan online.

Beberapa layanan iklan yang paling banyak digunakan oleh para perusahaan online adalah iklan dari Google, yaitu Google Adwords, serta iklan pada facebook. Iklan di google umumnya dibayar dengan biaya per klik dan per seribu impresi (tampilan), yang harga per kliknya bergantung pada keyword atau kata kunci yang ditarget. Sedangkan iklan di facebook mempunyai beberapa pilihan tarif pembayaran, seperti berdasarkan jumlah like, jumlah klik, atau jumlah iklan tersebut dilihat oleh pengguna facebook.

 

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa internet marketing masih memiliki banyak kesamaan dengan pemasaran biasa, hanya berbeda medianya. Seorang pebisnis di era modern wajib paham akan karakteristik dari internet marketing ini, terutama karena sifatnya yang dinamis, real time, berbagai media, jangkauan yang lebih luas dan yang terpenting adalah masih akan terus berkembang.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan