Cara Memperluas Jaringan WiFi Indihome Dengan Lima Metode

Cara Memperluas Jaringan WiFi Indihome Dengan Lima Metode

WiFi Indihome memang memiliki batasan dalam penggunaan dan hanya dalam jangkauan beberapa meter saja. Tentu hal ini akan membuat beberapa bagian dari ruangan tidak terjangkau jaringan. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara memperluas jaringan WiFi Indihome untuk dipraktikkan.

Jaringan WiFi Indihome ini memang bisa diatur berapa luas wilayah yang bisa dijangkau oleh jaringan tersebut. Seperti misalnya hanya bisa digunakan di dalam rumah saja, sehingga orang luar tidak bisa ikut menggunakan. Namun mungkin ada alasan tertentu hingga ingin memperluas jangkauannya.

Yuk, simak cara memperluas jaringan WiFI Indihome berikut.

Cara Memperluas Jaringan WiFI Indihome yang Efektif

1. Tingkatkan Power Control WiFi

Cara pertama yang bisa pengguna terapkan adalah dengan meningkatkan power control pada WiFi. Untuk melakukan pengaturan ini pengguna bisa kunjungi pengaturan Admin melalui situs tersedia. Agar lebih jelas, berikut langkah cara yang bisa coba untuk dipraktekkan:

  • Pertama, pengguna bisa masuk terlebih dahulu pada browser atau peramban, pastikan juga saat itu ponsel terhubung dengan jaringan WiFi yang akan diatur.
  • Bila sudah, pengguna bisa gunakan deretan angka 192.168.100.1 agar bisa masuk pada pengaturan Admin pada kolom pencarian.
  • Jika sudah berhasil, maka akan langsung muncul halaman utama yang mengharuskan pengguna memasukkan email dan kata sandi.
  • Apabila pengguna tidak tahu username dan juga passwordnya, maka bisa coba gunakan kata Admin.
  • Selanjutnya bisa pilih menu pengaturan dan tap menu WLAN, jika sudah maka bisa klik lanjut.
  • Pada bagian TX power pengguna bisa atur hingga 100%. Jika sudah, maka secara otomatis jaringan WiFi akan tersebar lebih luas.

2. Gunakan Repeater

Selain cara yang telah diuraikan sebelumnya, maka pengguna juga bisa memperluas jaringan dengan repeater. Sehingga, alat ini nantinya akan menangkap sinyal dari router Indihome pada perangkat yang terhubung. Biasanya repeater ini digunakan pada gedung bertingkat.

Namun jika ingin menggunakan alat ini untuk memperluas jaringan, pengguna harus mengeluarkan dana lebih. Karena pengguna harus membelinya terlebih dahulu entah di toko online atau toko offline. Harganya sendiri mulai dari 100.000 hingga 200.000 saja.

3. Ubah Posisi Router Atau Modem

Jika tak ingin melakukan cara berbayar dengan menggunakan Repeater, maka masih ada lagi cara memperluas jaringan wifi indihome dengan mengubah posisi router. Pilih posisi yang tidak terhalang oleh dinding atau kaca. Karena dapat mempengaruhi pada penyebaran sinyal yang dihasilkan.

Usahakan agar tak ada barang apa pun yang menghalangi router atau modem. Sebab hal tersebut dapat menghalangi penyebaran jaringan WiFi. Agar lebih aman, pengguna bisa menempatkan router pada di dinding atau tempat yang tinggi dan ditempatkan yang luas.

4. Ganti Channel WiFi

Jika sinyal lemah, maka otomatis penyebaran dari sinyal tersebut juga semakin menyempit. Sedang pada cara kali ini adalah dengan mengubah channel wifi ke jaringan atau frekuensi lain. Karena semakin banyak orang yang menggunakan frekuensi tersebut, maka sinyal semakin lemah.

Jadi dengan mengubah channelnya, sinyal akan kembali lancar sehingga penyebaran jaringan wifi juga bisa semakin luas. Biasanya orang menggunakan frekuensi pada 2.4 GHZ maka pengguna bisa coba ubah ke 5 GHZ. Dengan begitu jaringan akan lebih luas dan kuat.

5. Jauhkan Dari Perangkat Elektronik Lain

Bila ternyata pengguna menempatkan modem atau router wifi di tempat yang terdapat barang elektronik lain seperti misalnya microwave atau TV, maka akan lebih baik jika dipindahkan. Sebab barang elektronik tersebut nyatanya dapat membuat penyebaran sinyal terhambat. Juga mampu membuat jaringan melemah.

Demikian adalah lima cara memperluas jaringan wifi indihome yang bisa coba pengguna praktekkan. Pengguna hanya tinggal sesuaikan cara mana yang sesuai dengan masalah yang tengah dihadapi. Sehingga kemungkinan berhasil akan lebih besar. Selamat mencoba (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan