Cara Membuat Link Bitly Google Drive

Cara Membuat Link Bitly Google Drive !

Google drive merupakan alat untuk penyimpanan data yang bisa dibagikan kepada pengguna lain melalui link. Hal ini memang sangat memudahkan, namun sayang URL Google Drive terlalu panjang. Agar lebih rapi dan bagus, maka gunakan bitly sebagai alat memperpendek link. Perhatikan di bawah ini tentang cara membuat link bitly google drive.

Cara Membuat Link Bitly dari Drive Melalui Aplikasi

Bitly dikenal sebagai alat perpendek url dengan banyak orang yang memanfaatkannya. Selain itu, platform ini bisa diakses siapa pun yang bersifat gratis. Hal tersebut biasa dilakukan oleh suatu lembaga atau perusahaan agar link terkesan sedikit.

Cara pertama ini menggunakan aplikasi bitly yang bisa diunduh melalui PlayStore ataupun AppStore. Install terlebih dahulu aplikasi di perangkat HP android atau iPhone untuk mengakses aplikasinya.

Agar semakin jelas langkah-langkahnya, perhatikan di bawah ini:

  • Pertama, log in akun di aplikasi bitly. Caranya buka aplikasinya terlebih dahulu. Pastikan jaringan internet terhubung baik.
  • Kemudian isilah nama pengguna dan password yang ada di kolom tersedia. Lanjutkan langkahnya untuk mengklik tombol masuk atau log in.
  • Jika log in berhasil maka akan muncul tampilan dashboard yang memuat fitur dari aplikasi bitly. Salah satunya membuat bitly dari link google drive.
  • Untuk membuat bitly dari link google drive, silakan klik tombol warna biru yang ditandai karakter (+) di bawah pojok bagian kanan.
  • Kemudian tempelkan link google drive yang sebelumnya sudah dicopy. Tempelkan link di kolom yang tertera tulisan (long paste url).
  • Jika sudah benar link drive yang dimaksud, langkah berikutnya adalah pilih tombol create dengan cara mengkliknya.
  • Link google drive pun sudah berhasil diperpendek dengan bitly dan bisa dibagikan kepada yang bersangkutan.

Kelebihan menggunakan cara pertama adalah lebih simpel dan mudah karena ada di aplikasi dan bisa diakses melalui perangkat HP pintar. Namun, jika aplikasi tidak dilakukan update biasanya fungsi aplikasi tidak bisa bekerja sebelum diinstall ulang.

Cara Membuat Link Bitly Google Drive Melalui Situs Online

Selain dari aplikasi, cara membuat link google drive dijadikan bitly bisa juga melalui websitenya. Manfaat adalah link drive menjadi lebih singkat dibandingkan sebelumnya.

Tidak terlalu banyak berbeda dengan sebelumnya, untuk menggunakan website bitly cukup mudah. Sama halnya pada aplikasi yang harus log in terlebih dahulu. Hanya saja di website tidak perlu mengunduh aplikasi bitly.

Simaklah dengan baik pemaparan yang ada di bawah ini:

  • Bukalah website situs bitly (https://bitly.com/) di mesin pencari seperti google, chrome, atau Mozilla. Saran saja bukalah di perangkat laptop.
  • Login dengan isi username dan juga password di kolom yang disediakan. Setelah diisi akunnya langsung saja klik masuk.
  • Halaman bitly akun pengguna sudah terbuka. Lanjutkan langkahnya dengan pilih tombol create di sebelah kanan bagian pojok bawah halaman.
  • Tempelkan link drive yang sudah disalin sebelumnya. Paste link nya yang mau diganti bitly di kolom bertuliskan enter long url.
  • Kosongkan kolom yang lain, ada source, campaign, dan medium. Maka lanjutkan dengan klik create agar bitly membuat link baru dari drive.
  • Tunggu beberapa saat dan link nya sudah sukses dibuat agar bisa dibagikan kepada pihak yang berkaitan. Seperti berbagi pesan lewat WA.

Link yang sudah dibuat dari drive menjadi bitly tidak akan mengubah isi filenya. Maka saat mengetuk link bitly sama saja dengan drive yang sebelumnya belum diganti. Sesuai fungsinya bitly bukan mengubah isi tapi perpendek link.

Itulah penjelasan tentang cara membuat link bitly google drive. Informasi ini memberikan dua cara yang dikutip dari sumber-sumber valid. Cara pertama dengan aplikasi bitly dan kedua melalui situs website bitly di mesin pencari.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (maglearning.id)

%%footer%%

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan