Bagaimana Cara Bakteri Bergerak ?

Bagaimana Cara Bakteri Bergerak ?Debu, Kotoran, Pembusukan, Sakit, Penyakit, Ini adalah hal yang cenderung datang ke pikiran ketika kita berpikir tentang bakteri, dan memang seharusnya begitu, bakteri ini ditemukan dalam kotoran, debu dan makanan basi, dan juga dapat menyebabkan sakit dan penyakit.

Namun, bakteri juga dapat membantu untuk tubuh manusia, pada hari ini, teknologi modern telah memungkinkan bakteri “sehat” kadang-kadang sengaja dimasukkan ke dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi. Anda pasti sudah sering mendengar produk minuman probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan lambung, juga ada produk probiotik yang dicampur pada makanan atau minuman yang banyak tersedia di apotek.

Bakteri sangatlah menarik bahwa mereka terdiri dari hanya satu sel. Namun, mereka organisme bersel tunggal yang sangat kompleks, dan dalam beberapa kasus, sangat tahan lama.

Ada jenis bakteri yang dapat hidup dalam dingin yang begitu kuat dan akan membekukan darah manusia bila manusia ada di situ. Ada juga strain bakteri yang dapat menahan ledakan radiasi 1.000 lebih kuat daripada apa yang dibutuhkan untuk menguapkan seorang manusia.

Seperti halnya bakteri berbeda dalam hal pilihan lingkungan / toleransi dan apakah mereka membantu atau berbahaya, sehingga berbeda secara mekanisme gerak mereka. Salah satu cara yang digunakan beberapa bakteri bergerak adalah melalui penggunaan flagella. Flagela berukuran panjang, cambuk seperti ekor yang memungkinkan bakteri untuk berenang melalui lingkungan mereka.

Flagela ini melayani fungsi yang sama seperti baling-baling kapal, memberikan gerakan maju bagi bakteri. Flagela mungkin adalah mekanisme gerakan yang paling umum di antara bakteri, dan beberapa konfigurasi flagela yang berbeda telah didokumentasikan.

Organisme dengan flagela di setiap akhir memiliki peralatan apa yang dikenal sebagai dera kutub. Jika organisme memiliki banyak flagela pada salah satu ujung, itu dianggap memiliki dera berumbai. Bakteri dengan flagela membentang dari titik yang berbeda di sekitar pinggirannya memiliki dera peritrichous.

Jadi bagaimana cara bakteri bergerak ? bakteri bergerak dengan flagel yang tersusun oleh protein flagelin. Bakteri yang tidak mempunyai flagel disebut atrik. Bakteri yang tidak mempunyai flagel bergerak dengan cara berguling. Pada beberapa jenis bakteri terdapat tonjolan yang dinamakan pili (fimbriae) yang berfungsi melekatkan diri pada permukaan benda padat dan untuk meneruskan DNA sel lain.

Di dalam media cair, bakteri bergerak dengan cara bergoyang, memutar, bergetar, dan gerakan melambung. Gerakan ini dinamakan gerak Brown.

Ada juga bentuk bakteri yang dapat mengontrol kedalaman mereka dalam air melalui penggunaan gelembung gas. Pelepasan gelembung ini mengontrol daya apung organisme. Jenis lain dari bakteri meluncur dan mengeluarkan jejak lendir, ilmuwan tidak tahu persis apa yang mendorong bakteri meluncur.

Itulah penjelasan singkat dari kami tentang Bagaimana Cara Bakteri Bergerak. Semoga bermanfaat dan selamat belajar dengan cara yang menyenangkan. Merdeka Belajar Merdeka (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan