Kemampuan yang Diperlukan Pemimpin Untuk Mewujudkan Kesuksesan Tim

Kemampuan yang Diperlukan Pemimpin Untuk Mewujudkan Kesuksesan Tim – Berbicara tentang tim, apakah yang ada di dalam pikiran anda? Apakah langsung terbayang tim sepak bola jagoan Anda atau sebuah kelompok besar organisasi seperti PT. ABC atau Partai XYZ. Saya yakin jawaban pertama yang menjadi pilihan Anda.

Tepat sekali, sebuah tim bukanlah sebuah organisasi yang rumit, tapi lebih tepatnya sekelompok orang yang punya tujuan yang sama, keinginan yang sama dan melakukan segala sesuatu bersama. Tidak dapat berjalan sendiri-sendiri.

Contohnya pada saat perusahaan akan membentuk tim untuk menggoalkan sebuah project besar, maka tim tersebut harus mulai bekerja bersama, tidak dapat personilnya bekerja sendiri. Perlu ada job scope yang dibuat oleh pemimpin tim agar pelaksanaan pekerjaan tidak tumpang tindih, namun tetap semuanya saling berkaitan.

Di sinilah sosok seorang pemimpin tim diperlukan, dimana dia diharapkan mampu mengelola dan memotivasi timnya meraih goal atau tujuan yang ingin dicapai. Tidak mudah membentuk tim yang solid dan menghasilkan kinerja excellence. Perlu taktik bagi pemimpin untuk mengarahkannya.

Ibarat pemimpin tim kesebelasan sepak bola yang mengarahkan anggota timnya untuk menghadapi lawan dan mencetak goal. Tim tersebut akan gagal jika tidak ada kerja sama dan bermain sendiri-sendiri. Istilah one man show tidak akan terpakai dalam sebuah tim, hal ini berlaku bagi anggota maupun pemimpinnya. Sekalipun seorang pemimpin memiliki taktik atau strategi yang jitu, tetapi jika anggota tidak mau jalankan semuanya menjadi sia-sia.

 

Apa Saja Kemampuan yang Diperlukan Pemimpin Untuk Mewujudkan Kesuksesan Tim

Tantangan bagi seorang pemimpin, untuk dapat membawa teamnya kepada kesuksesan. Dilihat dari contoh sederhana dalam kesebelasan sepak bola maka seorang pemimpin tim harus memiliki kemampuan :

  1. Mempengaruhi dan memotivasi anggotanya
  2. Komunikasi yang jelas, sehingga setiap arahan dapat dipahami oleh anggotanya
  3. Semangat pantang menyerah
  4. Pengetahuan yang luas
  5. Kepemimpinan yang tegas untuk memberikan hukuman ketika anggota tim melakukan kesalahan
  6. Perhatian bagi anggota tim yang mengalami kesulitan

Hal-hal tersebut penting untuk menjadi alat mempersatukan persepsi yang berbeda-beda dari masing-masing anggota team. Tidak mudah ketika ada sebuah tim yg dibentuk, dan masing2 anggotanya bersikeras dengan pandangan atau persepsinya masing-masing. Tim tersebut tdk akan maju dan akhirnya malah bubar. Ketika di dalam satu permainan bola anggota yang satu merasa tidak perlu mengawasi tim penyerang, dan yang satu perlu, akhirnya pihak lawan akan memanfaatkan setiap celah yang ada dan akhirnya justru lawan yang memenangkan pertandingan karna gagal dalam menjalankan taktik secara bersama-sama.

Pemimpin tim dapat dikatakan sukses ketika dia dapat menyamakan persepsi setiap anggotanya yg berbeda. Tim yang solid atau kompak pasti akan memenangkan setiap project yang dipercayakan kepada tim tersebut. Sikap saling menghargai juga sangat penting karena sikap tersebut dapat mengalahkan ambisi pribadi atau kepentingan pribadi dalam tim. Jangan lupa merayakan keberhasilan tim ketika project berhasil atau goal tercapai, supaya tim semakin kompak dan siap menghadapi project selanjutnya.

Itulah beberapa kemampuan yang diperlukan oleh seorang pemimpin untuk mewujudkan kesuksesan tim. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

 

%%footer%%

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan