Pengertian Komunikasi Sosial dan Faktor Faktornya

Pengertian Komunikasi Sosial dan Faktor Faktornya

Pengertian komunikasi sosial adalah proses pertukaran informasi dan pemahaman antara individu atau kelompok dengan menggunakan simbol-simbol yang dapat diartikan oleh orang lain. Ini termasuk proses pembentukan, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan sosial.

Dalam komunikasi sosial, terdapat beberapa elemen penting yang harus dipertimbangkan, yaitu pengirim pesan, pesan itu sendiri, medium atau cara pesan tersebar, dan penerima pesan. Proses ini juga terkait dengan konteks, yaitu latar belakang, situasi, dan kondisi di mana komunikasi terjadi.

Pengertian Komunikasi Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi atau pengertian komunikasi sosial menurut para ahli dari dekade ke dekade :

  1. “Komunikasi sosial adalah proses pertukaran simbol-simbol yang terorganisir yang memungkinkan individu-individu untuk mempengaruhi satu sama lain.” (Shannon dan Weaver, 1949)
  2. “Komunikasi sosial adalah proses yang terjadi antara individu-individu atau kelompok yang saling terkait melalui simbol-simbol yang bermakna.” (Hovland dan Weiss, 1951)
  3. “Komunikasi sosial adalah proses pertukaran simbol-simbol yang bermakna antara individu-individu atau kelompok yang terkait melalui media yang terorganisir.” (DeFleur dan Dennis, 1988)
  4. “Komunikasi sosial adalah proses pertukaran pesan antara individu-individu atau kelompok yang terkait melalui simbol-simbol yang dapat diartikan oleh orang lain.” (Littlejohn dan Foss, 2011)
  5. “Komunikasi sosial adalah proses pertukaran pesan antara individu-individu atau kelompok yang terkait melalui simbol-simbol yang dapat diartikan oleh orang lain, yang memungkinkan individu atau kelompok untuk mempengaruhi satu sama lain dan membangun hubungan sosial.” (Dainton dan Zelley, 2017)

Komunikasi sosial terjadi secara lisan maupun tulisan, secara verbal maupun nonverbal, dan secara individu maupun kelompok. Beberapa contoh komunikasi sosial termasuk percakapan, presentasi, presentasi di media sosial, dan pemberitaan.

Komunikasi sosial memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari karena memungkinkan individu atau kelompok untuk berkomunikasi, memahami, dan bekerja sama dengan orang lain. Ini juga membantu kita memahami dan mempengaruhi tingkah laku orang lain serta membantu kita mengembangkan dan memelihara hubungan sosial.

Namun, dalam proses komunikasi sosial, sering terjadi kesalahpahaman atau konflik karena perbedaan dalam cara individu atau kelompok menafsirkan pesan yang dikirimkan. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara yang efektif dalam berkomunikasi dan memahami orang lain, serta mengelola perbedaan dan konflik yang mungkin terjadi.

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Komunikasi Sosial

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan komunikasi sosial:

  1. Karakteristik pengirim pesan: Karakteristik pengirim pesan, seperti kepercayaan diri, kecerdasan, dan kemampuan untuk mengontrol emosi, dapat mempengaruhi keberhasilan komunikasi sosial.
  2. Karakteristik penerima pesan: Karakteristik penerima pesan, seperti kecerdasan, kemampuan untuk mengontrol emosi, dan kemampuan untuk menafsirkan pesan dengan benar, juga dapat mempengaruhi keberhasilan komunikasi sosial.
  3. Kualitas pesan: Pesan yang jelas, sistematis, dan tidak membingungkan akan lebih mudah dipahami dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk diterima dengan baik.
  4. Medium atau cara pesan tersebar: Cara pesan tersebar, seperti lisan, tulisan, atau media elektronik, dapat mempengaruhi keberhasilan komunikasi sosial.
  5. Konteks: Latar belakang, situasi, dan kondisi di mana komunikasi terjadi juga dapat mempengaruhi keberhasilan komunikasi sosial.
  6. Hubungan antara pengirim dan penerima pesan: Hubungan yang saling percaya dan saling menghargai akan membuat komunikasi lebih efektif dan lebih mudah dipahami.
  7. Kemampuan mengelola emosi: Kemampuan untuk mengelola emosi pada saat berkomunikasi dapat membantu menghindari konflik dan membantu menjaga hubungan yang baik.

Peran Komunikasi Sosial

Setelah mengetahui pengertian komunikasi sosial dan faktor faktor yang mempengaruhinya, tentu kita sudah mendapat gambaran bagaimana peran penting komunikasi sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Di era modern, komunikasi sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa peran komunikasi sosial di era modern:

  1. Membantu membangun dan memelihara hubungan sosial: Komunikasi sosial memungkinkan individu atau kelompok untuk membangun dan memelihara hubungan sosial dengan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  2. Membantu memahami dan mempengaruhi tingkah laku orang lain: Dengan berkomunikasi, kita dapat memahami dan mempengaruhi tingkah laku orang lain, seperti mengubah pendapat atau tingkah laku mereka.
  3. Menyampaikan informasi dan ide-ide: Komunikasi sosial memungkinkan kita untuk menyampaikan informasi dan ide-ide kepada orang lain, yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
  4. Membantu mengelola konflik: Komunikasi sosial juga membantu dalam mengelola konflik yang mungkin terjadi antara individu atau kelompok. Dengan berkomunikasi secara efektif, kita dapat menyelesaikan konflik dengan cara yang lebih baik.
  5. Memudahkan akses terhadap informasi: Di era modern, komunikasi sosial juga memudahkan akses terhadap informasi yang tersedia di internet, yang dapat membantu dalam pembelajaran dan pengambilan keputusan.
  6. Membantu dalam pemasaran dan promosi: Komunikasi sosial juga membantu dalam pemasaran dan promosi produk atau jasa melalui media sosial dan platform lainnya.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian komunikasi sosial dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan