Permintaan dan hukum permintaan

Hukum permintaan menunjukkan hubungan harga dengan jumlah barang yang diminta. Hukum permintaan menyatakan ”jika harga barang turun maka jumlah barang yang diminta naik dan sebaliknya, jika harga barang naik maka jumlah barang yang diminta naik”. Sehingga hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta adalah hubungan negatif. Hal tersebut menyebabkan mengapa bentuk kurva permintaan turun dari kiri atas ke kanan bawah seperti kurva berikut ini.

Kurva permintaan bentuk linear

Kurva di atas menunjukkan saat harga sebesar P1, jumlah barang yang diminta sebanyak Q1. Pada saat harga turun menjadi P2 maka jumlah yang diminta turun menjadi Q2. Kurva kurva permintaan di atas berupa garis linear/lurus. Namun, masih terdapat beberapa bentuk kurva permintaan yang lain seperti berikut ini.  

Kurva permintaan non-linear

Dari berbagai bentuk kurva permintaan di atas yang sering digunakan untuk analisis adalah bentuk linear. Hal ini hanya untuk mempermudah dan menyederhanakan analisis saja.

Hukum ini hanya berlaku dalam keadaan ceteris paribus dan untuk barang normal. Ceteris paribus yaitu suatu keadaan dimana faktor lain yang mempengaruhi permintaan dalam keadaan konstan kecuali faktor harga barang itu sendiri.

Hanya Berlaku Untuk Barang Normal

Hukum permintaan juga hanya berlaku untuk barang-barang normal. Sedangkan untuk barang inferior dan giffen tidak. Barang normal adalah barang yang apabila pendapatan naik maka jumlah barang yang diminta juga naik. Barang inferior adalah barang yang apabila pendapatan seseorang naik maka jumlah yang diminta justru turun, diantaranya ikan asin. Masyarakat cenderung mengurangi konsumsi ikan asin ketika pendapatannya naik.

Namun, pada barang giffen hal ini tidak terjadi. Walaupun barang giffen umumnya adalah barang inferior namun jika pendapatan masyarakat meningkat, permintaannya akan tetap ikut meningkat. Barang giffen biasanya adalah barang inferior yang tidak memiliki pengganti yang tersedia.

Barang giffen adalah produk yang permintaannya meningkat ketika harga naik dan turun ketika harga turun. Barang giffen memiliki kurva permintaan yang miring ke atas, yang bertentangan dengan hukum permintaan, yang menyatakan bahwa kuantitas permintaan suatu barang turun ketika harga meningkat dan akan meningkat ketika harga turun.

Permintaan Individual dan Permintaan Pasar

Permintaan dari segi subyek dibedakan antara permintaan individual dan permintaan pasar.  Permintaan individual adalah permintaan seorang individu dan penawaran pasar merupakan penjumlahan permintaan dari semua pembeli yang ada di pasar. Jadi, jika ada 100 pembeli di pasar dengan permintaan individual, Qd = 100 – 2P maka permintaan pasarnya sebesar, Qd = 10.000 – 200P. Penampakan permintaan tersebut, dijelaskan melalui tabel dan kurva permintaan berikut ini.

Tabel Permintaan individu dan permintaan pasar

Kurva sebelah kiri adalah kurva permintaan individu, sedangkan yang disebelah kanan adalah kurva permintaan pasar. Selanjutnya kurva permintaan pasar ini akan dibahas di permintaan agregat.

Media Pembelajaran Interaktif

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

EkoMik Versi Web:

EkoMik Versi Android:

%%footer%%

One comment

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan