IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 “Tumbuhan di Lingkungan Rumahku”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 dengan kajian Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Pada modul kali ini kita akan mempelajari bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.

Di dunia ini terdapat lebih dari 400.000 jenis tumbuhan yang tersebar dari daratan Amerika yang dingin sampai daerah tropis yang lembap dan panas. Aneka ragam tumbuhan tersebut sangat menunjang kehidupan makhluk hidup lain di dunia ini.

Seperti halnya manusia, tumbuhan juga memiliki struktur penyusun tubuh. Tumbuhan dalam menunjang kehidupannya memiliki bagian-bagian tertentu. Bagian-bagian tumbuhan adalah daun, batang, akar, bunga, buah, dan biji. Setiap bagian tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda.

Berikut materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya selengkapnya:

Daun pada Tumbuhan

Bagian tumbuhan yang biasanya berwarna hijau dan menempel pada batang, biasanya berbentuk tipis melebar disebut daun. Warna hijau pada daun disebabkan adanya klorofil, yaitu zat hijau daun.

Namun tidak semua jenis daun berwarna hijau, misalnya pada pohon kaktus daunnya berbentuk duri, kecil, dan tidak berwarna hijau.

Terdapat dua jenis daun berdasarkan jumlah helai daun pada tangkai daun, yaitu:

  1. Daun tunggal. Tumbuhan memiliki daun tunggal jika pada sehelai tangkai daun hanya terdapat satu helai daun. Misalnya, daun pepaya dan mangga.
  2. Daun majemuk. Tumbuhan memiliki daun majemuk jika pada sehelai tangkai daun terdapat beberapa daun yang disebut daun majemuk. Misalnya pada daun belimbing.

Bentuk Daun

Ada berbagai macam bentuk daun. Bentuk daun dipengaruhi bentuk susunan tulang daun. Bentuk susunan tulang daun, meliputi:

  1. Tulang daun menyirip. Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip-sirip ikan. Tulang daun menyirip dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya jambu, nangka, alpukat, dan mangga.
  2. Tulang daun menjari. Tulang daun menjari berbentuk seperti susunan jari-jari tangan. Tumbuhan yang memiliki tulang daun menjari, misalnya singkong, pepaya, dan jarak.
  3. Tulang daun melengkung. Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis lengkung. Ujungnya terlihat menyatu, misalnya eceng gondok dan gadung.
  4. Tulang daun sejajar. Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang menyatu, misalnya pada rumput dan padi.

Kegunaan Daun bagi Tumbuhan

Daun mempunyai kegunaan sebagai tempat untuk membuat makanan. Daun juga berfungsi sebagai alat pernapasan tumbuhan dan tempat penguapan.

Proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dilakukan daun pada kloroplas. Kloroplas mengandung klorofil atau zat hijau daun yang mampu mereaksikan terjadinya pembuatan makanan atau fotosintesis.

Stomata pada daun berfungsi sebagai tempat masuknya udara pernapasan pada daun. Stomata juga berperan dalam penguapan. Penguapan pada tumbuhan bertujuan mengurangi kadar air di dalam tubuh tumbuhan.

Batang pada Tumbuhan

Organ batang menyebabkan tumbuhan bisa berdiri tegak sekaligus sebagai penopang. Tumbuhan memiliki tiga jenis batang, yaitu batang basah, batang berkayu, dan batang rumput. Masing-masing jenis batang tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Batang basah, tumbuhan batang basah memiliki batang yang lunak dan berair, misalnya bayam.
  2. Batang berkayu, tumbuhan yang batangnya berkayu mempunyai kambium. Kambium dapat tumbuh ke arah luar membentuk kulit dan ke arah dalam membentuk kayu. Akibat pertumbuhan ini batang menjadi besar. Contoh tumbuhan berkambium adalah jambu, rambutan, dan mahoni.
  3. Batang rumput, tumbuhan yang batangnya rumput mempunyai ruas-ruas yang nyata dan sering berongga pada batangnya. Contoh pada padi dan rumput-rumputan.

Kegunaan Batang bagi Tumbuhan

Batang berguna sebagai pengangkut, penopang, dan penyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Batang berguna sebagai pengangkut atau alat transportasi tumbuhan. Batang mengangkut zat hara dan air dari akar ke daun. Zat makanan yang diproduksi daun juga diedarkan batang ke bagian lainnya.

Akar pada Tumbuhan

Tumbuhan bisa tegak karena salah satu peran akar. Akar pada tumbuhan terletak di dalam tanah. Akar terdiri dari beberapa bagian, yaitu rambut akar (bulu akar) dan tudung akar.

  • Rambut akar berfungsi sebagai jalan masuk air dan zat hara dari tanah ke tumbuhan.
  • Tudung akar berfungsi melindungi akar saat menembus tanah.

Jenis-Jenis Akar

Menurut bentuknya, akar pada tumbuhan ada dua jenis, yaitu:

  1. Akar serabut. Akar serabut berbentuk seperti serabut. Bagian ujung dan pangkal akar berukuran hampir sama besar. Semua bagian akar keluar dari pangkal batang. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan biji berkeping satu (monokotil), misalnya jagung, padi, dan tebu.
  2. Akar tunggang. Akar tunggang memiliki akar pokok. Akar pokok bercabang-cabang menjadi bagian akar yang lebih kecil. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil) misalnya jeruk dan kacang-kacangan.

Pada tumbuhan tertentu juga terdapat akar-akar khusus. Berikut ini akar-akar yang mempunyai sifat dan tugas khusus.

  1. Akar gantung, akar ini tumbuh di bagian batang tumbuhan di atas tanah. Akar tersebut menggantung di udara, tumbuh ke arah tanah. Misalnya akar pohon beringin.
  2. Akar pelekat, akar ini tumbuh di sepanjang batang. Akar tersebut berguna untuk menempel pada kayu, tumbuhan lain, atau tembok. Misalnya akar lada dan sirih.
  3. Akar tunjang, akar ini tumbuh dari bagian bawah akar ke segala arah. Akar tersebut seakan-akan menunjang batang agar tidak rebah, misalnya akar pohon bakau dan pandan.
  4. Akar napas, akar napas tumbuh tegak lurus ke atas sehingga muncul dari permukaan tanah atau air. Akar napas banyak memiliki celah atau jalan masuk udara, misalnya akar pohon kayu api.

Kegunaan Akar bagi Tumbuhan

Akar berguna untuk menyerap air dan zat hara, memperkokoh tumbuhan, serta menjadi alat pernapasan. Selain itu, pada tumbuhan tertentu akar juga digunakan untuk menyimpan cadangan makanan seperti wortel dan singkong.

Bunga pada Tumbuhan

Bunga tersusun atas beberapa bagian. Bunga yang lengkap memiliki bagian-bagian, yaitu:

  1. Tangkai bunga. Tangkai bunga merupakan penghubung bunga dengan batang. Bentuk pangkal tangkai bunga agak membesar. Bagian tangkai bunga yang membesar ini merupakan dasar bunga.
  2. Kelopak bunga. Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang melindungi bunga saat belum mekar. Kelopak bunga biasanya berwarna hijau.
  3. Mahkota bunga. Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga. Mahkota bunga memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam. Saat masih kuncup mahkota bunga dibungkus oleh kelopak bunga.
  4. Benang sari dan putik. Di dalam mahkota bunga terdapat benang sari yang merupakan alat kelamin jantan bunga. Di bagian tengah bunga terdapat putik sebagai alat kelamin betina bunga. Bunga yang memiliki kedua alat kelamin tersebut disebut bunga sempurna. Sedangkan yang tidak memiliki salah satunya disebut bunga tidak sempurna. Bunga yang tidak memiliki salah satu dari bagian bunga tersebut disebut bunga tidak lengkap.

Kegunaan Bunga bagi Tumbuhan

Bunga berguna sebagai hiasan tumbuhan dan tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan.

Buah dan Biji

Buah tersusun atas tangkai, kulit, daging, dan biji.

  • Tangkai buah menghubungkan buah dengan batang.
  • Kulit merupakan lapisan paling luar dan berfungsi membungkus daging buah.
  • Daging buah adalah bagian buah yang biasanya dapat kita makan.
  • Biji biasanya terdapat di tengah-tengah buah.

Kegunaan Buah dan Biji bagi Tumbuhan

Buah berguna melindungi bakal tumbuhan baru, yaitu berupa biji. Biji yang telah tua (matang) merupakan bakal tumbuhan baru.

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 “Tumbuhan di Lingkungan Rumahku”

  

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 tentang Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di atas yang merupakan bagian dari topik struktur bagian tumbuhan dan fungsinya bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 “Tumbuhan di Lingkungan Rumahku”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 tentang Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e38e21d5d34f0001c3d6da9/start

Demikianlah materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 tentang Tumbuhan di Lingkungan Rumahku subbab struktur bagian tumbuhan dan fungsinya. Semoga penjelasan tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan