Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 “Ayo Cintai Lingkungan”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 dengan kajian Ayo Cintai Lingkungan. Tumbuhan dan hewan dapat terus memberikan manfaat jika terawat dengan baik. Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan hal ini.

Hubungan Antarmakhluk Hidup dengan Lingkungannya

Hubungan saling ketergantungan antara berbagai macam makhluk hidup yang berbeda dalam satu habitat disebut komunitas. Macam-macam komunitas meliputi: sawah, padang rumput, hutan, pantai, dan danau. Sebagai contoh pada komunitas sungai terdapat tanaman air, fitoplankton, zooplankton, ikan kecil, dan ikan besar.

Dalam komunitas, makhluk hidup menjalin hubungan saling ketergantungan dengan sesama makhluk hidup. Namun makhluk hidup tidak hanya menjalin hubungan dengan sesama makhluk hidup, tetapi juga dengan lingkungannya. Lingkungan ada 2 macam, yaitu:

  1. Lingkungan biotik, terdiri dari makhluk hidup (hewan, tumbuhan, dan manusia).
  2. Lingkungan abiotik, terdiri dari benda-benda tak hidup (air, batu, dan tanah).

Tempat berlangsungnya hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekosistem. Ekosistem ada 2 macam, yaitu:

  1. Ekosistem alami, misalnya: hutan, sungai, danau, dan laut.
  2. Ekosistem buatan, misalnya: sawah, ladang, kolam, dan akuarium.

Untuk membedakan ekosistem dan komunitas kita ambil satu contoh yaitu hutan. Anggota komunitas hutan terdiri dari makhluk hidup saja misalnya pohon dan hewan-hewan. Sedangkan anggota ekosistem hutan terdiri dari makhluk hidup dan makhluk tak hidup, misalnya tanah, air, pohon, dan hewan-hewan.

Lingkungan yang menjadi tempat tinggal makhluk hidup dapat mengalami perubahan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Bencana alam, misalnya: gunung meletus, tanah longsor, banjir, dan gempa bumi. Sebagai contoh gempa bumi yang disertai badai tsunami di daerah Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara yang menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan. Lingkungan perumahan rusak, manusia banyak yang mati, hewan dan tanaman juga banyak yang mati.
  2. Ulah manusia, misalnya pencemaran air dan penebangan hutan secara liar. Penebangan hutan menyebabkan hutan gundul sehingga jika terjadi hujan dapat mengakibatkan banjir, dan hewan kehilangan tempat tinggal. Pencemaran air di sungai menyebabkan kehidupan hewan dan tumbuhan terganggu.

Agar kelestarian dan kebersihan lingkungan terjaga serta terhindar dari banjir, langkah-langkah yang dapat kita lakukan antara lain:

  1. Membiasakan tidak membuang sampah di sungai.
  2. Membersihkan saluran atau selokan air agar saluran menjadi lancar.
  3. Membuat tanggul permanen di sekitar aliran sungai.
  4. Melakukan reboisasi (penanaman kembali hutan yang gundul).

Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alam agar terjaga kelestariannya. Caranya dengan membiasakan diri bersikap peduli lingkungan. Kemudian, mengajak teman dan anggota keluarga melakukan hal yang sama.

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 “Ayo Cintai Lingkungan”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 tentang Ayo Cintai Lingkungan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Asesmen Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 “Ayo Cintai Lingkungan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 3 tentang Ayo Cintai Lingkungan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

%%footer%%

Demikianlah BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 tentang Ayo Cintai Lingkungan yang bis akami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).