Macam Macam dan Ciri Ciri Demokrasi

Sebelum membahas mengenai macam macam demokrasi dan ciri ciri demokrasi, alangkah baiknya kita memahami pengertian demokrasi terlebih dahulu. Demokrasi merupakan sebuah bentuk pemerintahan membebaskan setiap warga negara untuk berpendapat karena pemerintahan demokrasi beranggapan bahwa setiap orang yang memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi hidup mereka.

Pada intinya adalah pemerintahan demokrasi menjunjung tinggi kedudukan rakyat atau dengan kata lain rakyatlah yang mempunyai kedaulatan tertinggi. Demokrasi mengizinkan warganya untuk ikut andil serta berpartisipasi baik secara langsung maupun dengan mengirimkan perwakilan di dalam proses merumuskan, mengembangkan dan pembuatan hukum. 

Istilah Demokrasi berasal dari kata “demos” yang artinya rakyat dan “kratos” yang artinya kekuasaan atau kekuatan, yang jika digabung membentuk kata “Demokratia” yang merupakan bahasa Yunani memiliki arti “kekuasaan rakyat”. Demokrasi di dalamnya mencakup berbagai lini diantaranya: ekonomi, kondisi sosial dan budaya yang memungkinkan dalam prosesnya terjadi praktik kebebasan politik. Adapun prinsip-prinsip yang terkandung di dalam pemerintahan demokrasi antara lain sebagai berikut: 

  • Persamaan yang terjalin pada setiap masyarakat sehingga memiliki kesetaraan di dalam praktik politik 
  • Keterlibatan masyarakat dalam urusan politik 
  • Kebebasan masyarakat 

Macam macam Demokrasi

Demokrasi yang dipakai oleh beberapa negara, berbeda-beda macamnya, berikut beberapa macam-macam demokrasi :

Macam macam demokrasi dilihat dari penyaluran kehendak rakyat

Macam-macam demokrasi dilihat dari penyaluran kehendak rakyat diataranya adalah:

  1. Demokrasi Langsung yaitu merupakan demokrasi yang secara langsung melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusan 
  2. Demokrasi Tidak Langsung yaitu merupakan demokrasi yang tidak secara langsung melibatkan rakyat yaitu dengan menggunakan wakil-wakil yang telah dipercaya untuk menjadi perantara seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan. 

Macam macam demokrasi dilihat dari fokus perhatiannya

Macam-macam demokrasi dilihat dari fokus perhatiannya diantaranya adalah:

  1. Demokrasi Formal yaitu merupakan demokrasi yang berfokus di bidang politik 
  2. Demokrasi Material yaitu merupakan demokrasi yang berfokus di bidang ekonomi 
  3. Demokrasi Gabungan yaitu merupakan gabungan antara demokrasi material dan demokrasi formal.

Macam macam demokrasi dilihat dari Prinsip Ideologi

Macam-macam demokrasi dilihat dari Prinsip Ideologi diantaranya adalah:

  1. Demokrasi Liberal yaitu merupakan demokrasi berdasarkan hak individu
  2. Demokrasi Komunis yaitu merupakan demokrasi berdasarkan hak pemerintah
  3. Demokrasi Pancasila yaitu merupakan demokrasi berdasarkan ideologi Indonesia

Ciri ciri demokrasi

Adapun ciri-ciri demokrasi antara lain: 

  • Ciri Konstitusional yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kehendak, kepentingan maupun kekuasaan rakyat yang ditegaskan ke dalam konstitusi maupun undang-undang yang berlaku di negara tersebut. 
  • Ciri Perwakilan yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat yang diwakilkan oleh sejumlah orang yang telah dipilih oleh rakyat itu sendiri. 
  • Ciri Pemilihan Umum yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kegiatan politik untuk memilih pihak dalam pemerintahan. 
  • Ciri Kepartaian yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan partai yang menjadi sarana atau media sebagai bagian dalam pelaksaan sistem demokrasi. 
  • Ciri Kekuasaan yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan adanya pembagian kekuasaan dan pemisahan kekuasaan. 
  • Ciri Tanggung Jawab yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan tanggung jawab dari pihak yang telah terpilih.
%%footer%%

Demikianlah bahasan kami mengenai macam macam dan ciri ciri demokrasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke maglearning.id.

One comment

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan