Cara Menemukan Jalur Karir yang Tepat

5 Cara Menemukan Jalur Karir yang Tepat

5 Cara Menemukan Jalur Karir yang Tepat – Jalur perkembangan karir seseorang memang bisa berbeda-beda. Tergantung dari banyak sekali variabel, namun ada lima kunci utama yang bisa kita buat sebagai pedoman dalam mengembangkan karir kita.

Apa yang kita inginkan ketika kita dewasa? Lalu, bagaimana kita ingin menghabiskan sisa hidup kita? Kedua hal ini pasti sangat terkait. Dan, menemukan jalur karir yang tepat akan membawa kita pada tempat yang kita inginkan kelak.

Memang kita tidak akan bisa melampaui Tuhan untuk urusan masa depan kita. Bahkan, untuk esok hari pun kita tidak tahu apakah masih hidup atau tidak. Namun, Tuhan pasti tahu bagaimana usaha dan setiap proses yang dijalankan oleh hambanya. Bukankah Allah Swt. sudah pernah bersabda, bahwa Ia tidak akan mengubah nasib suatu kaum apabila kaum itu sendiri tidak berusaha untuk mengubahnya.

Jadi, kewajiban kita adalah berusaha untuk masalah hasil itu urusan Tuhan. Nah sebuah usaha ya harus didasari pada ilmu, tidak bisa sembarangan termasuk urusan cara menemukan jalur karir yang tepat untuk masa depan kita.

Kita diwajibkan menuntut ilmu sampai kapan pun, bahkan siapa pun yang mati ketika menuntut ilmu ia dinyatakan mati syahid. Jadi, termasuk urusan pengembangan karir ini juga.

5 Cara Utama Menemukan Jalur Karir yang Tepat

Berikut ini adalah cara utama dalam menemukan jalur karir yang tepat bagi siapa pun.  Ya, bagi siapa pun dan karir apa pun. Karena ini adalah cara generik, namun ternyata belum banyak dilakukan.

Cara 1: Pelajari apa yang perlu Kita pelajari. Kita harus menemukan apa yang perlu Kita ketahui, dan ini bisa menjadi langkah yang sering kali paling sulit dan terkadang paling menakutkan. Lagi pula, bagaimana kita tahu apa yang perlu kita ketahui, jika kita tidak tahu apa yang perlu kita ketahui? Tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut pada diri sendiri: Apa persyaratan peran yang saya harapkan untuk dicapai? Pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman apa yang dibutuhkan? Sertifikasi apa yang direkomendasikan oleh profesi kita?

Cara 2: Terhubung dengan orang lain. Terlepas dari jenis lingkungan, sangat bermanfaat untuk terhubung dengan orang lain untuk terus belajar, menemukan praktik terbaik, dan menemukan orang lain yang menghadapi tantangan serupa. Bergabunglah dengan kelompok profesional untuk pengembangan dan cari peluang untuk terhubung dengan orang lain di industri ini. Berpartisipasi dalam grup LinkedIn atau jaringan kerja profesional lainnya.

Cara 3: Mangambil peluang yang ada. Cara menemukan jalur karir yang tepat selanjutnya adalah dengan mengambil peluang potensial yang ada.  Kita mungkin menemukan peluang di mana kita dapat berkontribusi. Cari peluang menjadi sukarelawan atau tempat lain di mana keterampilan kita akan bertambah. Temukan peluang di mana kita dapat membangun pengalaman dan mendapatkan kredibilitas untuk pencapaian cita.

Cara 4: Perluas pengalaman lebih jauh. Saat Kita mengambil peluang dan belajar sendiri, jangan takut untuk mencoba pengalaman baru dan berbeda, bahkan yang biasanya tidak kita pertimbangkan. Temukan bidang keahlian kita dan bagaimana kita dapat menambah nilai bagi orang lain. Temukan apa yang membuat kita unik! Itulah value kita. Dengan value itu kita bisa lebih baik dari orang lain dan kemudian semakin berkembang.

Cara 5: Teruslah belajar! Tetapkan tujuan pembelajaran untuk mendorong karier kita ke depan. Ikuti dan baca artikel blog, ikuti kelas online, atau hadiri seminar atau konferensi. Apa lagi saat ini banyak sekali seminar online yang berkelas, baik nasional maupun internasional. Belajar berkelanjutan tidak hanya akan berdampak pada perkembangan karir kita, tapi juga pada meningkatnya kapabilitas organisasi atau perusahaan.

Demikianlah 5 cara menemukan jalur karir yang tepat yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (maglearning.id).

%%footer%%

Tinggalkan Balasan