IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 “Pengaruh Gaya Terhadap Gerak”

IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 “Pengaruh Gaya Terhadap Gerak”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 dengan kajian tentang Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti pernah mendengar atau bahkan mengucap kata gaya. Misalnya, setiap bintang film memiliki gaya rambut dan pakaian yang berbeda-beda. Arti gaya dalam kehidupan sehari-hari berbeda dengan gaya dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Di dalam ilmu pengetahuan, gaya sering diartikan sebagai dorongan atau tarikan. Bila kita menarik atau mendorong suatu benda, maka berarti kita memberikan gaya pada benda tersebut. Untuk melakukan suatu gaya, diperlukan tenaga. Gaya tidak dapat dilihat, tetapi pengaruhnya dapat dirasakan.

Gaya yang diberikan pada benda dapat menjadikan benda diam menjadi bergerak dan benda yang semula bergerak menjadi diam. Suatu benda dikatakan bergerak jika benda berpindah dari tempat semula atau berubah dari kedudukan semula.

Gaya ada yang kuat dan ada pula yang lemah. Makin besar gaya dilakukan, makin besar pula tenaga yang diperlukan. Besar gaya dapat diukur dengan alat yang disebut dinamometer. Satuan gaya dinyatakan dalam Newton (N). Gaya dapat memengaruhi gerak dan bentuk benda.

 

Gaya Menyebabkan Benda Diam menjadi Bergerak

Dalam kegiatan sehari-hari banyak sekali contoh gaya yang menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Gerobak akan tetap diam jika tidak ada gaya tarik dari sapi.

Demikian juga sepeda akan tetap diam di tempat jika tidak diberi gaya dorong dengan cara mengayuh pedalnya.

Contoh lainnya adalah gerobak bakso yang didorong penjualnya akan bergerak maju. Coba kamu cari contoh kegiatan lainnya?

 

Gaya Memengaruhi Gerak Benda

Pernahkah kamu menonton pertandingan sepak bola? Apa yang terjadi jika bola ditendang? Ketika ditendang, bola akan bergerak maju sampai berhenti.

Tapi dalam permainan sepak bola banyak pemainnya, sehingga gerakan bola selalu berubah. Hal ini disebabkan pengaruh gaya yang diberikan pada bola.

Bola yang bergerak kencang akan berhenti atau berbalik arah saat dihadang dengan kaki. Contoh lain adalah sepeda motor yang melaju akan berbelok ketika setang dibelokkan.

Gerak suatu benda dipengaruhi beberapa faktor, yaitu:

  1. permukaan suatu benda,
  2. besar kecilnya gaya gesekan,
  3. besar kecilnya gaya yang bekerja pada benda,
  4. kemiringan permukaan benda.

Permukaan yang halus pada sebuah benda dapat mempercepat gerak benda. Sedangkan permukaan yang kasar akan menghambat gerak benda. Semakin besar gaya gesek akan menghambat gerak benda.

Semakin besar gaya yang bekerja pada benda juga akan mempercepat gerak benda. Semakin miring suatu bidang juga akan mempercepat gerak benda.

 

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 “Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda”

https://www.youtube.com/watch?v=1m7Bk-ugt8k

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 tentang Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

 

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 “Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 tentang Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e76fd6ef5700c001b5db67d/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 “Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda” 

Demikianlah modul belajar online materi IPA Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 untuk mempermudah setiap siswa belajar dari mana pun dan kapan pun. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

 

Loading...

Tinggalkan Balasan