Cek Jurnal Terakreditasi SINTA

Cara Cek Jurnal Terakreditasi SINTA

Bila Anda belum tahu bagaimana cara cek jurnal terakreditasi SINTA maka berikut ini akan saya uraikan bebeberapa caranya dengan mudah. Mengapa ada beberapa cara? Walaupun sumbernya tetap sama namun cara aksesnya bisa berbeda-beda.

Sebelum membahas tentang cara cek jurnal terakreditasi SINTA, kita akan bahas dulu tentang apa itu SINTA. Awalnya SINTA dibangun oleh Kemenristekdikti untuk memudahkan pendataan dan pemetaan publikasi ilmiah yang dilakukan oleh akademisi dan peneliti di Indonesia

Sistem Indeksasi dan Sitasi Indonesia (SINTA) merupakan pusat indeks, sitasi, dan kepakaran terbesar di Indonesia berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah, dan komprehensif untuk mengukur unjuk kerja peneliti dan institusi berdasarkan publikasi yang dihasilkan serta kinerja jurnal berdasarkan jumlah artikel dan sitasi yang dihasilkan.

Jadi, SINTA bukan lembaga akreditasi, namun sebagai pengindeks jurnal yang sudah memenuhi kriteria akreditasi oleh Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Jurnal nasional terakreditasi adalah terbitan berkala ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi dengan masa berlaku hasil akreditasi yang sesuai. Status terakreditasi itu diperoleh dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (sebelum tahun 2020) atau Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (2020 sampai sekarang).

Prosedur Cek Jurnal Terakreditasi

Nah, sekarang bagaimana cara cek jurnal terakreditasi SINTA ini? Cara paling mudah adalah melalui laman SINTA langsung. Juga bisa dilakukan melalui laman setiap jurnal. Biasanya di laman setiap jurnal sudah disediakan link status akreditasi ke SINTA.

Cara cek jurnal terakreditasi di laman SINTA

Cara pertama adalah melalui laman SINTA berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Laman SINTA
  • Setelah berhasil membuka laman SINTA, Anda bisa mulai melakukan pengecekan jurnal yang dimaksudkan.
  • Silakan menuju menu “SOURCES” lalu pilih “JOURNALS”.
Mencari Jurnal di SINTA
  • Laman pencarian akan muncul seperti tampilan berikut ini. Silakan cari kotak pencarian jurnal “Search journal name / ISSN /PISSN”.
kotak pencarian jurnal
  • Silakan masukkan nama jurnal yang ingin Anda cek status akreditasinya, kemudian klik tombol pencarian.
masukkan nama jurnal di SINTA
  • Sebagai contoh, saya sedang mencari “Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan”. Maka hasilnya adalah sebagai berikut ini, dimana di bawah nama dan keterangan jurnal ada tanda “S3” yang artinya berstatus sebagai jurnal terakreditasi dan sedang ada pada peringkat indeksasi SINTA 3.
Hasil cek jurnal terakreditasi SINTA

Cara cek jurnal terakreditasi SINTA dengan prosedur ini cukup mudah. Namun, cara ini memiliki kelemahan yaitu:

  • Ada jeda update peringkat akreditasi. Jadi, seperti saya tulis di awal tadi, data jurnal terakreditasi di indeksasi SINTA bersumber dari sistem akreditasi ARJUNA jadi mungkin ada perbedaan peringkat akreditasi di laman jurnal dan di SINTA karena data SINTA belum memasuki periode update.
  • Belum tentu terakreditasi. Mungkin tidak banyak yang tahu pada awalnya ada beberapa jurnal yang terindeks SINTA namun tidak melalu prosedur akreditasi. Ini terjadi ketika periode awal SINTA dibangun.
  • Kita tidak bisa langsung mengetahui masa berlaku akreditasinya (kecuali Sinta Versi 3).

Untuk melengkapi informasi status akreditasi jurnal terakreditasi SINTA ini kita bisa melakukan prosedur cek jurnal terakreditasi SINTA yang lain yaitu melalui laman jurnal.

Cara cek jurnal terakreditasi SINTA melalui laman jurnal

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek langsung di laman jurnal bersangkutan. Kita bisa melakukan beberapa cara, diantaranya adalah:

1. Membaca deskripsi jurnal

Biasanya di bagian deskripsi jurnal ilmiah sudah ada informasi tentang detail jurnal termasuk status akreditasinya. Contohnya seperti yang saya ambil dari JEPK berikut ini.

Deskripsi jurnal terakreditasi SINTA

Seperti pada gambar di atas, pada diskripsi jurnal sudah disebutkan bahwa jurnal ini merupakan jurnal yang berstatus terakreditasi dan terindeks di SINTA dengan peringkat S3. Namun, Anda tidak boleh percaya begitu saja tentang statement tersebut. Anda harus mealakukan cross check di laman SINTA.

Biasanya pengelola jurnal sudah menautkan (hyperlink) keterangan indeksasi tersebut. Kita tinggal klik saja untuk menuju ke laman SINTA dan langsung menuju detail jurnal di SINTA.

detail jurnal terakreditasi di SINTA

2. Mencari Informasi Sertifikat Akreditasi

Di laman jurnal ilmiah terakreditasi biasanya juga diinformasikan sertifikat akreditasi yang berlaku. Misalnya pada The Journal of Society and Media berikut ini.

Letak sertifikat akreditasi SINTA

Pada bagian sebelah kiri laman jurnal ini ada informasi tentang sertifikat akreditasi terbaru yang diperoleh. Namun, kita tetap harus melakukan cek ulang di laman SINTA. Walaupun keterangan di laman SINTA masih S3, kemungkinan besar hanya masalah terlambat update saja.

Dengan metode ini kita bisa memperoleh informasi masa berlakuk akreditasi jurnal ini, sehingga kita lebih yakin untuk submit. Seperti gambar berikut ini bahwa masa berlaku jurnal ini masih lama yaitu sampai tahun 2024.

Masa berlaku akreditasi SINTA

3. Mencari di Bagian Indeksasi

Cara selanjutnya adalah melihat bagian indeksasi di bagian laman jurnal. Biasanya informasi ini ada di bagian bawah atau bagian sisi kanan/kiri laman. Bisa juga ada di bagian navigasi, cari saja bagian “indexing”.

Tombol indeksasi SINTA

Setelah menemukan bagian ini silakan cari dan klik tombol atau anchor “SINTA”. Bila sinkron dengan laman SINTA maka kita bisa mempercayai status akreditasi jurnal ini.

4. Membuka Laman Sinta Versi 3

Pada laman Sinta terbaru (versi 3) sudah dicantumkan infografis berupa blok berwarna sebagai informasi tahun aktif akreditasinya seperti gambar di bawah ini.

Blok akreditasi jurnal sinta versi 3

Pada gambar di atas terlihat masa aktif akreditasi jurnal adalah tahun 2019 sampai 2022. Warna hijau menandakan terakreditasi sinta 1, warna hijau muda untuk sinta 2, warna kuning sinta 3, oranye sinta 4, oranye lebih gelap sinta 5, dan merah sinta 6.

Bila Anda kesulitan mencari jurnal yang Anda cari di sinta versi tiga maka Anda harus mencarinya dulu di sinta versi 2 karena mode pencarian versi ini lebih mudah. Setelah ketemu silakan copy url-nya misalnya seperti ini:

https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=3875

Nah, perhatikan angka setelah id= maka itu adalah id jurnal yang sedang Anda cari. Untuk menuju laman jurnal di Sinta versi 3 Anda cukup mengganti angka “3636” di bawah ini kemudian gunakan sebagai url

https://sinta3.kemdikbud.go.id/journals/profile/3636

jadi url jurnal di sinta versi 3 adalah:

https://sinta3.kemdikbud.go.id/journals/profile/3875

 

Nah, begitulah beberapa cara untuk cek jurnal terakreditasi SINTA. Setiap metode mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing, maka silakan lakukan beberapa metode sekaligus untuk jurnal yang sama.

 

Hati-hati dengan jurnal Predator

Saat ini telah banyak bermunculan jurnal predator tingkat lokal, tak terkecuali di Indonesia. Apa itu jurnal predator? Sebenarnya tidak ada definisi pasti, yang jelas jurnal ini cenderung ingin mengeruk keuntungan finansial dengan mengabaikan kaidah ilmiah atau kode etik publikasi ilmiah.

Untuk mengetahui ciri-ciri jurnal predator dibutuhkan pengalaman, namun sedikit informasi ini mungkin bermanfaat.

  •  jurnal predator pasti berbayar, nilainya bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.
  • penerbitnya sering tidak jelas, biasanya domain yang digunakan adalah .com. Kadang menyebut dirinya sebuah universitas namun tidak jelas unversitas mana.
  • jumlah publikasinya biasanya tidak wajar. Misalnya dewan editornya hanya 10 orang tapi terbit di tiap nomor ratusan aertikel.
  • artikel tidak direview secara wajar. seringkali artikel hanya direview ala kadarnya, bahkan ada yang tidak direview sama sekali.

 

Semoga informasi ini bisa membantu. Bila ada pertanyaan bisa isi kolom komentar atau menghubungi admin maglearning.id.

Loading...

17 comments

Tinggalkan Balasan