Cara Mudah Melihat Indeks dan Status Akreditasi Jurnal Ilmiah

Publikasi artikel jurnal ilmiah dewasa ini menjadi semakin penting bagi setiap insan akademis. Baik mereka yang baru dalam proses studi maupun para akademisi profesional seperti Guru dan Dosen.

Bagi mahasiswa, baik program Sarjana maupun Pascasarjana publikasi artikel ilmiah sudah menjadi salah satu syarat kelulusan. Sedangkan bagi Dosen maupun Guru publikasi termasuk syarat wajib kenaikan pangkat. Hampir setiap tahun aturan tentang publikasi ini berubah dan disempurnakan demi meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dan pendidikan nasional.

Memang bila dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, jumlah publikasi kita masih sangat jauh tertinggal terutama dari segi kuantitas. Dari sisi jumlah publikasi menurut data terakhir dari Scimago Journal and Country Ranking Negara tetangga kita Singapura berada pada posisi 32 dunia dengan jumlah dokumen sebanyak 292.560 artikel. Malaysia berada di posisi 34 dengan jumlah dokumen sebanyak 286.411 buah.

Indonesia sendiri saat ini masih berada di bawah dua negara tetangga kita ini, kita masih sangat jauh tertinggal. Padahal, jumlah institusi pendidikan kita jauh lebih banyak, atau sama artinya dengan jumlah akademisi kita jauh lebih banyak namun kurang produktif dalam hal publikasi ilmiah.

Perbandingan ini masih dalam hal kuantitas saja, belum lagi pada masalah kualitas. Walaupun ada banyak pendekatan yang bisa dilakukan, namun cara paling mudah adalah melihat jumlah sitasi dari dokumen-dokumen tersebut. Dalam hal ini lagi-lagi kita masih jauh tertinggal. Bila dibanding dengan Malaysia saja kita masih kurang dari separuhnya.

Nah, saat ini mau tidak mau kita harus mengejar ketertinggalan, karena sejatinya kualitas akademisi kita tidak kalah dengan mereka. Sepertinya kita sudah dalam jalur yang benar. Belakangan, terutama setahun terakhir, jumlah publikasi ilmiah kita meningkat drastis. Baik publikasi di jurnal nasional maupun internasional.

Bila Anda adalah seorang akademisi publikasi ilmiah harus sudah menjadi bagian hidup kita. Selain memahami cara menulis artikel yang baik dan benar, kita wajib tahu tentang seluk-beluk jurnal ilmiah.

Salah satu hal penting yang harus kita tahu adalah sitasi dan indeksasi. Banyak sekali lembaga atau laman pengindeks yang mengindeks jurnal ilmiah, baik pengindeks nasional maupun internasional. Yang paling populer dewasa ini mungkin adalah Scopus dan World of Science yang dulunya bernama Thompson Reuters.

Status indeksasi jurnal ini menjadi atribut kunci di jurnal mana artikel kita dimuat. Misalnya artikel sebagai syarat kelulusan mahasiswa adalah artikel yang terbit di jurnal terindeks Scopus atau World of Science, maka mau tidak mau kita harus ikut aturan tersebut.

Mungkin bagi kita mengetahui jurnal terindeks sangat mudah, namun bagi penulis pemula hal ini bisa menjadi masalah tersendiri. Melihat kondisi ini kami telah membuat sebuah aplikasi Android yang bisa digunakan untuk melihat status indeksasi jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional.

Aplikasi ini sengaja kami buat untuk membantu akademisi terutama mahasiswa S1 dalam melihat status jurnal ilmiah yang akan dituju. Pada bagian atas sengaja kami letakkan status akreditasi jurnal di Sinta karena saat ini jurnal untuk syarat kelulusan mahasiswa S1 dan S2 adalah terakreditasi di Sinta.

Loading...

Selain alasan di atas, Sinta kami prediksi akan semakin berkembang lagi ke depan menjadi pengindeks yang diperhitungkan. Melihat perkembangan dunia publikasi ilmiah di Indonesia yang semakin bergairah, Sinta hadir menjadi salah satu katalis.

Untuk pengindeks internasional, tentu saja kami berikan akses ke Scopus dan World of Science. Kami sediakan juga akses ke Scimago Journal and Country Ranking untuk melihat ranking jurnal.

Aplikasi ini bisa Anda unduh dengan mudah di Google Play Store dengan mengetik kata kunci “KPI Journal Checker” atau bisa langsung unduh Di Sini. Aplikasi ini sangat ringan dan tidak terlalu banyak membutuhkan ruang penyimpanan karena ukurannya yang sangat kecil.

Cara melihat status akreditasi SINTA di laman jurnal

Bila kita sudah menemukan laman jurnal di lur aplikasi ini, sebenarnya Anda bisa dengan mudah melihat status akreditasinya. Biasaya dilaman utama (home) pengelola jurnal sudah memberikan informasi statu akreditasinya dengan jelas disertai gambar atau tautan file sertifikat akreditasinya seperti jurnal di tautan ini (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa)

Lalu bagaimana bila di laman jurnal tersebut tidak ditemukan informasi tentang status akreditasinya. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dan menuju ke menu “SINTA” atau langsung saja menuju laman http://sinta.ristekbrin.go.id/ silakan langsung masukkan judul jurnal tersebut di bagian pencarian. Oh ya, judul yang Anda masukkan harus sama persis dengan judul di laman jurnal tersebut.

Bila muncul luaran seperti di bawah ini, berarti judul jurnal yang Anda masukkan dikenali dan sudah terakreditasi. Kita tinggal klik judul jurnal tersebut untuk memastikannya.

Bila muncul luaran seperti di bawah ini maka jurnal yang Anda cari tidak ada atau belum masuk dalam data jurnal yang terakreditasi.

Loading...

Pada gambar di bawah ini menunjukkan jurnal yang saya cari berstatus terakreditasi Sinta 2. Kita tinggal melihat apakah ISSN-nya sama dengan laman jurnalnya. Bila sama berarti data jurnal tersebut akurat.

Ada cara mudah untuk melakukan itu, Anda hanya perlu klik tombol tautan “Website” di bagian bawah logo dan penerbit pada bagian kiri atas tampilan layar.

Melihat Indeksasi Internasional

Hampir sama dengan cara melihat status akreditasi jurnal, biasanya daftar indeksasi yang dimiliki jurnal sudah disampaikan dengan jelas oleh pengelola jurnal di laman utama (home) websitenya. Anda bisa mencari di bagian kiri atau kanan (sidebar) laman jurnal, atau juga di bagian bawah laman (footer). misalnya di gambar berikut ini.

keterangan indeksasi di bagian sidebar
keterangan indeksasi di bagian footer

Jurnal yang baik ketika gambar indeksasinya diklik maka akan langsung mengarah pada laman indkesasi yang dituju. Jadi tidak hanya sekedar memasang gambarnya saja.

Akhir kata, kami harap aplikasi ini bisa membantu Anda dalam kesuksesan karir maupun studi Anda. Selamat menggunakan….

One comment

Tinggalkan Balasan