PROSES PENYIMPULAN STATISTIK DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN

Prosedur penyimpulan statistik (Coladarci & Cobb, 2014, p. 5)

Seperti dalam tulisan sebelumnya, sudah dibahas bahwa statistik bukanlah awal atau akhir. Masalah dimulai dengan pertanyaan yang berakar pada substansi masalah yang diteliti. Apakah motivasi menentukan hasil belajar? Apakah penggunaan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar? Apakah prestasi akademik dapat meningkatkan kematangan karir?. Pertanyaan-pertanyaan semacam itu disebut pertanyaan substantif. Kita merumuskan pertanyaan, yang diinformasikan oleh pertimbangan yang cermat tentang teori yang relevan, penelitian-penelitian terkait, dan pengamatan fenomena-fenomena pendidikan. Proses selanjutnya adalah memutuskan metodologi yang tepat untuk mengeksplorasi pertanyaan secara empiris tersebut dengan menggunakan data.

Setelah kita dengan teliti membuat pertanyaan substantif maka saatnya statistik memainkan peran. Misalnya kita melakukan penelitian tentang perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media belajar yang berbeda. Kita menghitung rata-rata untuk setiap kelompok serta mengajukan pertanyaan statistik: Apakah rata-rata setiap kelompok berbeda sehingga variasi sampel saja tidak dapat menjelaskan perbedaannya?. Pertanyaan statistik berbeda dari pertanyaan substantif karena yang pertama adalah pertanyaan tentang indeks statistik, dalam hal ini adalah rata-rata. Jika, setelah menerapkan prosedur statistik yang sesuai, kita menemukan bahwa rata-rata nilai siswa dalam beberapa kelompok tersebut memang berbeda, kita telah membuat simpulan statistik.  Simpulan statistik adalah sebuah simpulan tentang pertanyaan statistik yang diajukan.

Kembali kembali ke pertanyaan substantif. Jika asumsi tertentu dipenuhi dan penelitian telah dilaksanakan dengan cermat, kita mungkin dapat menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif meningkatkan hasil belajar, setidaknya dalam batas subyek yang diuji dalam penelitian kita. Ini adalah simpulan substantif sekaligus simpulan akhir kita.

Loading...

Contoh:

Pertanyaan Substantif   : Apakah penggunaan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa?

Pertanyaan Statistik       : Apakah rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan media belajar interaktif berbeda dengan rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan media belajar konvensional?

Loading...

Simpulan Statistik           : Rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan media belajar interaktif berbeda dengan rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan media belajar konvensional.

Simpulan Substantif       : Penggunaan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

One comment

Tinggalkan Balasan