Cara Melakukan Backup Tampilan OJS 2

Cara Melakukan Backup Tampilan OJS 2

Loading...

Cara Melakukan Backup Tampilan OJS 2 – Dalam dunia “perwebsitean” urusan backup data adalah hal wajib dan perlu dilakukan secara berkala. Apalagi yang namanya website atau laman jurnal ilmiah.

Keberlangsungan laman dan konten sebuah jurnal ilmiah sangat tergantung pada aktivitas backup data yang dilakukan oleh para pengelola jurnal. Jangan sampai karena suatu hal menyebabkan laman tidak bisa diakses atau bahkan data-data penting yang ada di dalamnya hilang.

Bila ini terjadi adalah sebuah mala petaka besar bagi pengelola jurnal. Sudah sering kita dengar bahwa dalam pengelolaan jurnal di Indonesia musuh terbesarnya adalah inkonsistensi dan manajemen yang kurang baik, sehingga masalah backup ini menjadi salah satu masalah utama.

Data yang paling penting dan tidak boleh hilang dalam pengelolaan jurnal adalah data artikel publikasi. Apa pun yang terjadi, pengelola harus mampu menyimpan data publikasinya agar selalu aman dan bisa diakses kapan pun.

Kalau kita cermati banyak sekali jurnal ilmiah yang terpaksa “dimatikan” karena kehilangan data terbitan. Sangat disayangkan memang, beberapa jurnal ilmiah yang sudah punya histori panjang harus “tiarap” gegara kehilangan beberapa nomor terbitan.

Nah, dalam mengelola jurnal secara online ini sebenarnya perkara menyimpan data terbitan itu cukup mudah. Ada banyak sekali penyedia jasa reporsitory maupun penyimpanan data umum berbasis cloud yang bisa kita manfaatkan, bahkan gratis. Misalnya saja dropbox, google drive, archive.org, dan kalau di Indonesia ada onesearch.id.

Secara sistem kita juga bisa melakukan backup data base secara berkala untuk keseluruhan konten yang ada dalam laman jurnal. Biasanya backup database ini dilakukan oleh system administrator, baik melalui mekanisme di OJS maupun menggunakan CPanel di hosting.

Pentingnya Melakukan Backup Tampilan OJS 2

Tidak hanya artikel dan atau database OJS saja yang perlu dibackup secara berkala, data tampilan OJS juga perlu dibackup secara berkala walaupun tidak sesering backup artikel dan database.

Mengapa melakukan backup data tampilan OJS itu penting? Salah satu jawabannya adalah karena banyak sekali pengelola yang mengabaikan hal ini. Bila update database biasanya menjadi tugas rutin bagian teknis website atau site administrator di tingkat host, dan backup artikel biasanya juga secara rutin dilakukan oleh pengelola, maka backup data tampilan ini sering dilupakan.

Alasan selanjutnya adalah tidak ada yang benar-benar aman di dunia online. Ancaman gangguan pihak luar dan ancaman kerusakan setiap saat bisa terjadi, walaupun semakin hari dunia internet bisa semakin aman karena banyak ditemukan teknologi keamanan baru.

Namun, peluang terjadinya gangguan selalu saja ada. Beberapa kali saya mendapat keluhan bahwa tampilan laman jurnal OJS berubah, atau bahkan banyak data tampilan yang hilang. Atau saya juga pernah melakukan sebuah kesalahan “mengoprek” tampilan menggunakan CSS yang tidak sempurna, akibatnya tampilan menjadi tidak karuan dan banyak data deskripsi yang hilang.

Alasan berikutnya terkait dengan update versi OJS. Bila kita saat ini memakai OJS 2 maka bersiap-siaplah untuk update ke OJS 3, karena banyak hal penting yang tidak kita dapatkan di OJS 2 namun sudah disediakan di OJS 3.

Selain itu OJS akan terus berkembang, bisa saja sampai ke OJS versi 5 atau bahkan versi X di masa yang akan datang. Nah, bila kita tidak melakukan update secepatnya maka kita akan semakin tertinggal dan pada akhirnya sistem OJS kita tidak lagi mampu mengikuti kebutuhan.

Jadi, backup data tampilan ini menjadi sangat perlu bila kita akan melakukan update OJS 2 ke OJS 3, karena dikhawatirkan ada beberapa data tampilan yang berubah. Misalnya saja data bagian reviewer yang berbeda antara OJS 2 dan OJS 3 yang cenderung menggunakan “static page”.

Data Tampilan Apa Saja Yang Perlu Dibackup ?

Semakin kompleks tampilan laman OJS 2 kita maka akan semakin banyak data tampilan yang perlu dibackup. Setidaknya ada beberapa data penting yang perlu kita buat cadangannya sehingga sewaktu-waktu diperlukan bisa segera kita gunakan tanpa memulai dari awal lagi.

Beberapa data tampilan OJS 2 yang perlu dibackup antara lain :

  1. Gambar
  2. Deskripsi Jurnal
  3. Daftar Reviewer dan Editor
  4. Side Navigation
  5. Custom Style

Backup Gambar Pada Tampilan OJS 2

Dalam tampilan laman jurnal ilmiah yang menggunakan OJS 2 maupun OJS 3 komponen gambar selalu ada. Baik itu sebagai header, logo, faveicon, atau pun gambar cover.

Untuk membuat salinan file yang berupa gambar ini cukup mudah. Kita tidak perlu login sebagai apa pun.

  • Cukup arahkan mouse pada gambar yang ingin kita simpan lalu klik kanan, kemudian pilih “Save image as…”
  • Lalu simpan di folder yang kita inginkan dengan nama yang mudah kita ingat.
  • Selesai

Ulangi langkah ini pada gambar-gambar yang perlu kita simpan. Misalnya gambar logo, gambar template, dan lainnya.

Backup Deskripsi Jurnal

Cara backup deskripsi jurnal juga amat mudah. Kita tinggal copy dan paste saja. Gunakan MS Word untuk menyimpan deskripsi tersebut agar hyperlink yang ada dalam deskripsi ikut tersimpan.

Selain deskripsi tidak ada salahnya jika bagian footer laman juga kita backup.

Backup Daftar Reviewer dan Editor

Ada sedikit perbedaan tampilan reviewer pada OJS 2 dan OJS 3. Bila di OJS 2 daftar reviewer umumnya ada di bagian “displayMembership” maka di OJS3 umumnya ada di bagian static page.

Maka untuk memudahkan kita sebaiknya data ini disimpan dalam file MS word juga sebelum melakukan update system. Caranya juga sangat mudah, tinggal copy dan paste aja konten laman reviewer dan editor ke dalam file MS Word yang telah kita siapkan.

Backup Side Navigation OJS 2

Side navigation adalah bilah navigasi penjelajahan konten laman jurnal kita yang biasanya ada di bagian sebelah kanan atau kiri laman. Navigasi ini biasanya untuk meningkatkan visibilitas konten-konten penting dalam sebuah laman website.

Bila navigasi ini berupa kode HTML seperti contoh gambar di atas maka silakan backup kodenya. Langkah mengaksesnya setidaknya ada dua cara, yaitu tanpa login atau dengan login sebagai journal manager.

Kali ini saya akan membagikan cara tanpa login. Kita bisa memanfaatkan fitur “inspect element” pada browser.

  • Arahkan mouse pada kotak yang akan dicopy kodenya lalu klik kanan, dan pilih “Inspect”.
  • Tampilan yang akan kita dapatkan adalah seperti pada gambar di bawah ini
  • Akses kodenya dengan cara arahkan pointer mouse ke kode lalu klik kanan dan klik “Edit as HTML”
  • Yang akan kita dapatkan adalah kode HTML lengkapnya
  • Silakan copy kode tersebut dan simpan di file dokumen MS Word atau notepad
  • Ulangi cara di atas pada setiap bilah navigasi.

Cara copy secara langsung

Selain cara di atas ada satu cara lagi yang mungkin bagi sebagian orang lebih praktis.

  • Arahkan pointer mouse ke background laman jurnal (bagian tengah selain gambar), lalu klik kanan dan pilih “View page source”
  • Selanjutnya cari kode custom block yang ingin di copy
  • Copy kode html yang diinginkan dan simpan di file dokumen MS Word atau notepad.

Backup CSS Tampilan OJS 2

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets yang bisa digunakan untuk mengutak-atik tampilan sebuah website termasuk laman website OJS 2. Letak file CSS ini ada di bagian The Look. Untuk melakukan backup file CSS menggunakan journal manager, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • login sebagai journal manager lalu masuk ke “Setup”
  • Pilih step 5
  • Arahkan tampilan laman ke bagian “5.6 Journal Layout”
  • Klik file CSS
  • Copy semua kode CSS yang muncul lalu simpan di dokumen MS Word atau notepad
  • Selesai

Backup CSS tanpa login

Walaupun tanpa melakukan login sebagai journal manager, kita juga bisa mengakses kode CSS ini.

  • Klik kanan pada mouse pada bagian mana pun di laman jurnal, lalu pilih “Inspect”
  • Cari link “journalStyl…heet.css” lalu klik
  • Copy semua kode journalStyleShheet.css yang muncul
  • Simpan di dokumen MS Word atau notepad.

Demikianlah sedikit penjelasan dari kami tentang Cara Melakukan Backup Tampilan OJS 2. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan