Ukuran File Foto Digital

Ukuran File Foto Digital, Megapixel Bukan Jaminan

Loading...

Ukuran file foto digital saat ini sebagian sangat besar. Sebuah foto profesional bisa mencapai ukuran 40 megapiksel, dan masih bisa lebih besar lagi bila menggunakan format RAW 16 bit dan teknologi sensor kamera terbaru.

Logika sederhananya adalah ketika kita memotret pada ukuran foto atau resolusi paling tinggi (setinggi mungkin pilihan yang tersedia) maka kita dapat memperkecil ukuran foto yang dihasilkan agar sesuai dengan format yang lebih kecil, misalnya untuk Web. Namun, bila kita memotret dengan ukuran foto atau resolusi yang lebih kecil, maka akan lebih sulit untuk memperbesar ukuran gambar.

Misalnya kita membutuhkan sebagian area saja dari foto yang kita jepret, maka kita harus memotong bagian tertentu dari gambar (cropping). Hasil potongan itu tentu memiliki resolusi lebih rendah daripada foto aslinya.

Jadi prinsip sederhananya sangat mudah, yaitu bidik pada resolusi setinggi mungkin. Dengan demikian hasilnya akan dapat mengakomodir situasi apa pun yang dibutuhkan untuk sebagian besar kebutuhan gambar digital. Baik memotong maupun mengeditnya. Ingat tulisan saya kemarin lalu tentang perbedaan 8 bit dan 16 bit.

Aturan praktis saat mengambil foto adalah selalu mengatur kamera digital pada ukuran gambar tertinggi yang tersedia. Kecuali semua hasil foto kita hanya untuk Web dan tidak ada yang lain. Lagian saat ini sudah banyak tersedia kartu penyimpanan (memory / SD-card) dengan ukuran yang besar dan berharga murah.

Bila ukuran file foto digital terlalu kecil maka sangat disayangkan ketika hasilnya sempurna namun kita memerlukan pencetakan yang lebih besar, maka produk akhirnya tidak akan memuaskan. Momen-momen seperti ini dulunya sering saya alami. Sangat disayangkan bukan?

Lebih baik berinvestasi membeli beberapa SD-card cadangan daripada sudah capek-capek mencari momen dan obyek yang langka namun hasil fotonya kurang maksimal, akibat resolusi yang rendah. Sekarang harga memory car 16 gigabyte atau 32 gigabyte sudah semakin terjangkau. Manfaatkan hal ini dengan sebaik-baiknya.

Perbedaan Ukuran File Foto Digital Kamera Prosumer dan DSLR

Loading...

Ukuran file kamera DSLR atau Mirrorles sebenarnya lebih besar daripada kamera digital konsumen atau prosumer, walaupun dengan ukuran megapiksel sensor yang sama. Mengapa demikian?

Kamera DSLR atau Mirrorles memiliki ukuran sensor yang lebih besar, yang berarti foto yang dihasilkan sebenarnya berisi lebih banyak informasi. Tidak hanya itu, DSLR juga memiliki ukuran piksel yang lebih besar.

Selain itu, jika kita memotret dalam mode RAW di kamera DSLR, gambar akan ditangkap dalam mode 12 atau 16 bit. Informasi warna dalam mode ini dua kali jumlah informasi yang ditangkap dalam JPEG pada resolusi yang sama.

Meskipun kamera prosumer dapat memiliki megapiksel yang sama dengan kamera DSLR, namun produsen harus menjejalkan jumlah piksel yang sama ke dalam sensor dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini menghasilkan perbedaan kualitas antara kamera prosumer 20 megapiksel dan kamera DSLR 20 megapiksel.

Ukuran sensor kamera digital memang membuat perbedaan kualitas mengingat fakta bahwa Digital SLR 20 atau 24 megapiksel akan menghasilkan gambar berkualitas lebih baik untuk ukuran cetakan 16X20 inci daripada kamera digital kelas konsumen/prosumer dengan resolusi yang sama-sama 20 atau 24 megapiksel.

Loading...

Canon pernah mengambil keputusan untuk mengurangi jumlah piksel di beberapa compact mereka untuk meningkatkan kualitas gambar di kamera prosumer. Misalnya, sensor Canon G11 memiliki megapiksel lebih kecil dari kakaknya G10, yang memiliki 14 megapiksel, yang terlalu banyak untuk ukuran sensor sebesar itu. Menjejalkan 14 megapiksel ke dalam sensor kecil hanya dapat menghasilkan gambar yang berisik (banyak noise).

Keputusan Canon untuk mengurangi jumlah megapiksel dalam model itu adalah sebuah langkah cerdas, meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan daripada berperang dengan strategi jumlah pixel. Dan, hasilnya adalah gambar yang dihasilkan G11 jauh lebih tajam daripada G10, padahal lebih banyak megapiksel.

Namun, itu semua tidak berarti bahwa kamera delapan atau dua belas megapiksel kita yang dulu tidak dapat menghasilkan 16 X 20 yang menakjubkan. Perbedaannya muncul ketika kita ingin melakukan banyak editing atau cropping di Photoshop atau memperbesar cetakan.

DSLR memang menang jauh soal ketajaman, pengurangan noise, warna dan tone. Biasanya, ukuran gambar untuk sensor DSLR digital saat berkisar 20 atau 24 megapiksel untuk kamera kelas pemula.

Ukuran fille foto digital ini sudah lebih dari cukup untuk kita. Berbahagialah para penghobi fotografi saat ini, karena kamera yang kita pegang hari ini (walaupun kamera kelas pemula) adalah kamera impian para fotografer beberapa tahun lalu.

So, demikianlah ulasan singkat dari saya tentang ukuran file foto digital dan kaitannya dengan megapixel. Jadi, ukuran megapixel bukan jaminan dalam menghasilkan foto yang lebih berkualitas. Masih ada ukuran sensor kamera digital yang menjadi faktor penentunya.

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan