Cara Menangani Orang Pingsan

Jangan Panik, Ini Cara Menangani Orang Pingsan

Loading...

Mengetahui cara menangani orang pingsan bisa jadi hal penting yang bermanfaat. Kemungkinan seseorang mengalami pingsan bisa terjadi kapanpun dan dimana saja. Biasanya disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari gangguan kesehatan fisik, kelelahan atau karena gangguan mental yang sedang drop yang menyebabkan ketidaksadaran secara mendadak. Dari faktor penyakit bisa karena gangguan panik, gangguan elektrolit atau juga karena kinerja jantung yang terganggu.

Biasanya tanda-tanda seseorang akan pingsan dimulai dari banyak menguap, pandangan mulai kabur, pucat hingga linglung lalu jatuh pingsan. Jika hal itu terjadi di sekitar kita, maka kitalah yang harus memberikan pertolongan pertama agar ia kembali sadar. Dalam menangani orang pingsan memang tidak boleh sembarangan, tapi juga tidak perlu takut karena kita hanya perlu membuatnya sadar kembali dengan beberapa tips yang akan saya berikan kali ini.

Cara Menangani Orang Pingsan yang Benar

1. Berikan Ruang yang Cukup Lega

Jika ada kawanmu atau di sekitarmu ada yang pingsan, usahakan untuk memastikan ruang yang lega. Jangan sampai dikerumunin orang atau ditempatkan pada tempat yang sempit. Hal ini akan membantu korban pingsan untuk mendapatkan lebih banyak oksigen dan juga udara yang lebih segar.

Kemudian pastikan juga di posisi yang nyaman, misalkan saja ditempat yang lebih teduh, jauh dari keramaian, posisi tempat yang tidak bau dan sejenisnya. Hal ini akan memberikan suasana yang lebih baik bagi korban pingsan sehingga dia akan lebih cepat sadar.

2. Survei Area Pingsan dan Cari Tahu Penyebab Pingsan

Penting bagi kita untuk mengetahui penyebab utama pingsan sebelum menentukan cara menangani orang pingsan. Apakah karena penyakit, kelelahan atau hal lainnya. Atau mungkin di tempat tersebut ada faktor lain yang menyebabkan pingsan seperti digigit ular atau yang lainnya.

Dengan mengetahui penyebab utama si korban bisa pingsan, kita akan bisa menanganinya dengan cara yang lebih tepat.

3. Perhatikan posisi kepala, kaki dan pastikan untuk meloggarkan baju dan pakaian yang dikenakan

Loading...

Pada saat seseorang pingsan kita bisa membantu dia lebih cepat sadar dengan memperlancar aliran darah dalam tubuh. Mulai dari mengangkat kepala perlahan, diturunkan, kemudian mengangkat kaki sehingga posisi kaki lebih tinggi. Ini bertujuan untuk aliran darah menuju otak menjadi lebih lancar.

Selain itu longgarkan juga pakaian yang dikenakan agar tidak sesak dan lebih mudah untuk bernafas. Dengan begitu kita akan membantu pemulihan kesadaran si korban lebih cepat.

4. Berikan Minyak Kayu Putih

Kandungan bau dan juga zat dalam minyak kayu putih ini memang sangat bagus untuk merangsang otak dan juga kesadaran seseorang yang sedang pingsan. Sobat bisa mengoleskan minyak kayu putih di beberapa bagian yang sensitif dengan kesadaran. Dimulai dari pelipis, leher dan juga telapak kaki, hal ini juga bisa di lakukan dengan menghirupkan sedikit minyak kayu putih melalui hidung. Untuk pada telapak kaki, bisa sambil di urut pelan dan teratur menggunakan ibu jari.

5. Percikan Air dan Bau Bawang

Bahan lain untuk membantu meningkatkan kesadaran korban adalah dengan memercikkan air atau juga bisa dengan memberikan atau mendekatkan bau bawang. Cara ini juga banyak digunakan dan lumayan ampuh untuk membangunkan korban pingsan.

6. Jangan Banyak Digerakkan

Loading...

Pingsan bisa terjadi karena banyak hal dan bisa menyebabkan banyak hal saat dia jatuh. Untuk itu sebelum dia sadar dan mengatakan gangguan apa yang ia alami pada tulang dan tubuhnya, usahakan untuk tidak banyak menggerakkan anggota tubuh. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan.

Langkah lain bisa dengan memposisikan si korban dengan duduk rileks disangga tubuh oleh yang menolong korban agar lebih aman sampai dia sadar.

7. Beri Minum Air Hangat

Ketika si korban pingsan udah mulai sedikit sadar, cobalah untuk memberikan air putih hangat. Hal ini akan membantu lebih cepat memulihkan kesadaran karena air hangat bisa memperlancar peredaran darah seseorang. Berikanlah air hangat tersebut sedikit demi sedikit, karena biasanya orang pingsan juga mengalami pusing, sakit kepala atau mual-mual yang membuat susah menelan air minum.

Selain beberapa penanganan diatas, jika dirasa sulit sadarkan diri alangkah lebih baik jika segera menghubungi dokter terdekat, dengan begitu akan mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Demikian sobat mengenai serangkaian cara menangani orang pingsan yang ada di sekitar kita, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan