Makanan Yang Bagus Untuk Penderita Hipertensi

Memilih makanan untuk penderita hipertensi harus hati-hati, karena bila salah akan berakibat fatal. Namun, masih banyak kok makanan yang sehat tapi masih lezat disantap oleh penderita hipertensi.

Hipertensi adalah jenis penyakit yang sering menimpa manusia pada umur 30 tahun ke atas. Dimana tekanan darah terhadap artileri terlalu tinggi. Ada sekitar 63 Juta Orang di Indonesia terkena penyakit hipertensi dan 400 ribuan diantaranya meninggal. Ini tentu tidak bisa disepelekan.

Penyakit hipertensi bisa menjadi pemicu penyakit lain yang lebih serius seperti penyakit jantung, stroke, gangguan syaraf, gangguan otak dan sejenisnya.

Loading...

Namun penyakit ini bisa kita cegah salah satunya dengan cara memakan-makanan berikut ini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan makanan untuk penderita hipertensi berikut.

Buah Jeruk

Buah ini bagus untuk mencegah atau mengobati hipertensi. Jeruk kayak akan vitamin c, antioksidan, penting dan polifenol yang semuanya sangat bagus untuk menormalkan aliran darah.

Menurut penelitian dari journal of nutrition and metabolism telah menguji puluhan wanita paruh baya untuk mengikuti test sambil meminum jus jeruk. Dan hasilnya terbukti bahwa tensi darah mereka yang tadinya bisa menurun.

Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam, sawi, selada dan lobak hijau punya khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan seperti fitokimia, flavonoid, vitamin c, vitamin k dan potasium membantu aliran darah tetap normal.

Potasium yang dimiliki oleh sayuran hijau ini berfungsi sebagai elektrolit yang berfungsi sebagai penyeimbang cairan ditubuh. Termasuk menyeimbangkan aliran darah.

Bawang Putih

Tidak Cuma dijadikan bumbu masakan saja. Bawang putih sebenarnya bisa dijadikan obat herbal pencegah hipertensi. Kandungan seperti selenium, vitamin B6 dan kalsium bisa menambah kadar oksida nitrat dalam tubuh

Loading...

Oksida nitrat ini penting untuk memperlebar luas arteri sehingga aliran darah bisa berjalan tetap lancar. Bawang putih ini bisa dikonsumsi sebagai bahan campuran atau dimakan langsung.

Oatmeal

Salah satu jenis makanan pokok yang sering direkomendasikan sebagai herbal berbagai masalah penyakit. Tidak heran karena oatmeal ini kandungan gizinya luar biasa banyak.

Ada karbohidrat, protein, zat besi, fosfor serta berbagai vitamin ada dalam kandungan oatmeal ini. Orang yang punya riwayat hipertensi sangat dianjurkan untuk rutin mengosumsinya.

Oatmeal bisa mengatur aliran darah, kadar gula, memulihkan energi, memperkuat organ-organ vital. Tentunya hipertensi juga bisa sembuh asal rutin mengonsumsinya.

Ikan Laut

Selain lezat untuk dimakan. Ikan-ikan laut ini juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan orang yang menderita hipertensi. Kandungan seperti omega 3 ini ternyata bisa menurunkan kadar oxylipins yang bertanggung jawab atas penyempitan pembuluh darah.

Konsumsilah ikan-ikan seperti mackarel, tuna, salmon atau sarden agar tensi darah kita tetap dalam keadaan normal.

Demikianlah ulasan kami tentang makanan untuk penderita hipertensi. Semoga bisa bermanfaat.

One comment

Tinggalkan Balasan