Tips Membeli Kamera DSLR

Tips Membeli Kamera DSLR Baru Dan Bekas Bagi Pemula

Loading...

Tips Membeli Kamera DSLR Baru Dan Bekas Bagi Pemula – Bagi seorang pencinta fotografi, kamera adalah nyawa dari setiap jepret karyanya. Menurut beberapa pihak spesifikasi kamera menentukan 20% Kualitas sebuah foto, selain skill yang dimiliki oleh seorang fotografer dan obyek yang difoto.

Walaupun sekarang kamera handphone memiliki kualitas yang bagus dan memiliki ukuran yang lebih ringan daripada kamera DSLR, tapi belum lengkap rasanya jika belum mempunyai kamera berbodi besar ini. Selain alasan prestise, untuk kebutuhan fotografi yang lebih serius, kamera DSLR tentu memiliki keunggulan sendiri dibandingkan kamera smartphone bahkan kamera mirrorles.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membeli kamera DSLR.

Cari tahu kelebihan dan kekurangan kamera yang ingin dibeli

Ini adalah ini tips yang harus diperhatikan saat membeli kamera DSLR. Ketahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kamera yang ingin dipinang. Dengan mengetahui hal ini, kita akan lebih cepat belajar menggunakannya.

Terutama bila sebelumnya kita masih menggunakan kamera hp atau kamera pocket. Tentu perlu belajar lagi untuk menggunakan kamera DSLR karena memiliki setingan yang lebih kompleks daripada jenis kamera lain.

Nah, untuk pemula sebaiknya beli yang entri level terlebih dahulu. Selain karena harganya lebih murah, fitur-fitur pro memang belum saatnya kita gunakan. Terlebih dengan harga yang lebih murah, biasanya kita lebih leluasa dalam belajar dan bereksperimen.

Begitu keterampilan fotografi Anda sudah meningkat, maka silakan pertimbangkan untuk membeli kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak ada satu kamera pun yang sempurna, karena memang buatan manusia. Pasti ada kelebihan dan kekurangan di antara merek dan tipe kamera.

Ada yang kuat di warna, namun lemah soal ketajaman. Ada yang kuat di video namun lemah di kualitas foto, ada yang shutter speed sanga cepat namun ringkih dan mudah rusak. Jadi kenali tipe kamera yang akan Anda beli sebelum menyesal. Ada baiknya untuk membaca review dari pengguna yang sudah pernah mencobanya.

Cari berbagai informasi tentang kamera DSLR

Loading...

Tips membeli kamera DSLR berikutnya adalah cari tahu tipe kamera DSLR yang kita butuhkan, karena setiap jenis kamera DSLR memiliki fokus fungsi yang berbeda. Apakah kita ingin ingin memotret objek alam, orang, objek makro dan sebagainya.

Kenali kebutuhan kita, dengan mengenali kebutuhan, kita akan lebih mudah mendapatkan spesifikasi kamera yang sesuai keinginan. Jangan terlalu fokus dengan harga tapi fokuslah pada kebutuhan apa yang kita cari saat membeli kamera.

Misalnya Anda suka memotret di alam bebas atau memotret model di dalam ruangan pasti butuh kamera dengan karakter yang berbeda. Baik dari sisi berat, peralatan penunjang, sampai karakter sensornya.

Jangan terpaku dengan merk

Banyak orang membeli mempertimbangkan sebuah brand. Memang tidak salah karena brand sendiri mempengaruhi harga pasaran sebuah kamera. Namun untuk pemula, sebenarnya kualitas kamera pada level entry sebenarnya hampir sama. Kualitas brand ternama dan brand baru berani diadu. Lain halnya bila kita memang sudah mantap terjun menjadi fotografer profesional.

Brand ternama memiliki standar kualitas dalam setiap produk kameranya. Selain brand ada berbagai faktor juga yang menentukan kualitas sebuah kamera. Karena setiap industri punya kekuatan sendiri-sendiri, terutama kekuatan riset pengembangan yang dimiliki.

Ada yang kuat di sensor misalnya, ada juga yang kuat di ketajaman dan kealamian warna, ada pula yang kuat di kecepatan pengaplikasian teknologi terbaru. Jadi hampir tidak ada merek kamera yang selalu superior dalam banyak sisi dan durasi waktu. Apalagi di era disruptif seperti sekarang ini. Semua bisa berubah dengan cepat. Nikon punya masa kejayaannya sendiri, Fujifilm pun demikian, juga Sony atau Canon semua bisa saja superior dalam masa dan bidangnya masing-masing.

Pilihlah Agen DSLR Terdekat

Loading...

Ini juga faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli kamera DSLR. Agen kamera yang dekat dengan domisili akan mempermudah kita dalam menservis kamera bila sewaktu-waktu mengalami kerusakan. Apalagi jika berada di kota kecil yang jumlah service centernya terbatas.

Nah, ada hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam hal ini, yaitu kamera garansi resmi dan garansi distributor atau garansi toko. Bila ingin lebih aman sebaiknya beli yang bergaransi resmi karena barang tersebut sudah pasti masuk ke Indonesia secara resmi.

Memang harga kamera garansi toko biasanya jauh lebih murah, namun biasanya masa garansinya sangat pendek, yaitu berkisar 3 bulanan. Terlebih biasanya garansi semacam itu adalah garansi model gambling yang dijalankan toko, sebab kebanyakan barang semacam ini ditatangkan dari luar negeri tidak melalui jalur resmi.

Test Kemampuan Kamera DSLR

Berikutnya tentang tips membeli kamera DSLR adalah jangan ragu untuk mencobanya. Agar tidak kecewa sama membeli kamera, pastikan untuk melakukan tes kemampuannya. Berapa ISO yang dimilikinya, berapa resolusi foto maksimalnya, berapa fps perekaman videonya dan lain-lain.

Test ini jangan sampai di abaikan karena ini akan menjawab semua pertanyaan kita tentang kualitas sebuah kamera DSLR. Apakah memang spesifikasinya cocok dengan keinginan kita atau tidak, semua akan terjawab dengan melakukan hal tersebut.

Langkah pengetesan bisa Anda lakukan ketika Anda membeli kamera DSLR bekas atau menggunakan kamera display yang disediakan oleh toko. Bila tidak ada, Anda bisa meminjam kamera teman atau menyewanya di rental kamera terdekat. Tidak masalah keluar sedikit uang untuk menyewa kamera itu daripada menyesal salah beli kamera. Ruginya bisa jutaan rupiah kan.

Ok ya sob, itu tadi beberapa tips dari kami bila akan membeli kamera DSLR, baik baru atau bekas tidak jauh beda. Silakan tambah komentar bila ada masukan atau pertanyaan ya. Salam sukses dan bahagia tanpa batas (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan