Cara Mencari Nilai F tabel Menggunakan gretl

Banyak dari proses penyimpulan statistik dengan menggunakan apa yang disebut dengan distribusi F. Salah satunya adalah analisis regresi. Pada analisis regresi ini proses uji global atau juga sering disebut dengan pengujian pengaruh serentak, menggunakan distribusi F ini.

Seperti yang diilustrasikan pada Gambar, kurva distribusi F miring ke kanan. Selain itu, bentuk pasti dari kurva ini tergantung pada dua parameter yang disebut derajat kebebasan pembilang (numerator) yang dilambangkan df1 dan derajat kebebasan penyebut (denominator) yang dilambangkan df2.

Distribusi F tidak dapat bernilai negatif, kemungkinan nilai terkecilnya adalah 0, dengan demikian uji F adalah uji satu sisi. Selain itu distribusi F juga bersifat asimtotik, dimana ketika X meningkat maka ekornya akan mendekati sumbu horisontal, namun tidak akan pernah menyentuhnya.

Untuk menggunakan distribusi F, biasanya digunakan titik kritis F, atau biasa disebut dengan F tabel. Seperti pada gambar di atas F adalah titik pada sumbu horizontal di bawah kurva distribusi F yang memisahkan area ekor kurva sebagai daerah penolakan Ho. Nilai Fα atau F tabel dalam situasi tertentu tergantung pada ukuran area ekor kanan (ukuran) dan pada derajat kebebasan pembilang (df1) dan derajat kebebasan penyebut (df2).

Loading...

Biasanya kita dapat mencari nilai F tabel ini menggunakan tabel distribusi yang disediakan di bagian akhir buku-buku statistik. Contohnya adalah sebagai berikut:

Contoh di atas menggunakan α = 5%, df1 = 4, dan df2 = 7. Pada analisis regresi atau analisis statistik yang lain df1 = k-1 atau banyaknya variabel dependen dan independen dikurangi satu. Sedangkan df2 = n-k yaitu banyaknya observasi atau sampel dikurangi oleh jumlah variabel.

Loading...

Nilai F tabel yang diperoleh adalah 4,12. Bila diaplikasikan pada grafik uji hipotesis menjadi seperti berikut ini.

Menggunakan perangkat lunak gretl, kita tidak perlu lagi membuka tabel distribusi F. kita bisa memanfaatkan tool dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi gretl Anda, Setelah terbuka pilih menu “Tools”
  • Lanjutkan dengan memilih alat “Statistical tables”
  • Pada pilihan menu “F” pada pilihan nilai kritis (critical values) seperti pada gambar di bawah ini
  • Bila sudah benar, akan muncul kotak pengisian df nominator, df denominator, dan nilai probabilitas atau α
  • Masukkan nilai dfn (df1), dfd (df2), dan right-tail probability (α), setelah semua dimasukkan akhiri dengan klik “OK”
  • Hasilnya akan muncul seperti berikut ini, hasilnya sama dan mudah bukan….
  • Oh ya, kadang hasil tersebut di atas tidak nampak di layar monitor Anda karena tertutup dialog box atau aplikasi lain. Untuk menampilkannya segera klik icon gretl di bagian bawah layar monitor Anda
  • Pilih bagian output nilai F tabel tersebut seperti pada gambar di bawah
  • Selamat mencoba….

Tinggalkan Balasan