Cara Menulis Abstrak yang Baik dan Benar

Cara Menulis Abstrak yang Baik dan Benar

Bagaimanakah cara menulis abstrak yang baik dan benar ? abstrak merupakan ringkasan singkat dari suatu proyek penelitian, laporan penelitian, artikel ilmiah, prosiding seminar, dan sejenisnya.

Menurut beberapa ahli, abstrak adalah sebuah rangkuman dari isi atau materi tulisan dalam format yang singkat atau bisa dikatakan sebagai penyajian/ gambaran ringkas yang tepat, benar dan jelas mengenai isi dari suatu dokumen.

Tentu saja penulisan abstrak ilmiah berbeda dengan cara menulis novel yang lebih banyak menggunakan inspirasi penulisnya, menulis abstrak juga dibutuhkan pemahaman khusus. Apa saja itu?

 

Manfaat Cara Menulis Abstrak yang Baik

Apabila suatu abstrak disajikan dalam tulisan yang baik maka akan menarik perhatian pembaca untuk membaca dan mempelajari mengenai penelitian anda. Abstrak juga dapat difungsikan sebagai ringkasan dari penelitian atau makalah yang anda buat sehingga memudahkan untuk dikategorikan dan di buat kata kunci pencariannya.

Hanya dengan abstraknya saja, seorang pembaca akan mampu mengerti isi dari laporan penelitian atau sebuah artikel ilmiah. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa menilai dengan cepat kualitas dari konten keseluruhannya.

Dengan demikian, abstrak akan menentukan apakah pembaca cukup membaca abstraknya saja atau justru sangat tertarik untuk mempelajari lebih lanjut apa yang ada dalam keseluruhan isinya. Semakin abstraksi menggambarkan isinya maka akan semakin terlihat kualitas artikelnya.

Namun, masalahnya adalah bagaimana bisa isi dari keseluruhan artikel yang biasanya sampai belasan bahkan puluhan halaman itu bisa diwakili oleh abstrak yang tidak akan lebih dari satu halaman. Bahkan terkadang dibatasi hanya Cuma sampai 250 kata saja.

Abstrak ini menyajikan gambaran poin-poin penting mengenai isi makalah atau penelitian yang anda buat. Panjang dari suatu abstrak umumnya dibatasi 200 sampai 300 kata. Selain jumlah kata suatu abstrak juga memiliki sifat khusus, yaitu suatu abstrak harus ringkas, jelas, tepat, berdiri sendiri dan juga objektif.

Selain itu sebuah abstrak juga harus bersifat informatif dan juga deskriptif. Hal ini berarti setiap informasi yang ditulis pada abstrak harus sesuai dengan fakta yang ada.

 

Tujuan dan Komponen Abstrak

Pembuatan abstrak memiliki beberapa tujuan seperti untuk melengkapi suatu tulisan ilmiah seseorang, abstrak bertujuan untuk membantu pengguna atau pemakai informasi untuk dapat mempersingkat waktu mereka dalam pemilihan informasi, dan yang terakhir adalah untuk dapat mengatasi suatu kendala bahasa.

Komponen yang harus ada dalam suatu abstrak adalah masalah yang akan diteliti, pendekatan atau metode yang dipakai dalam penelitian, obyek yang diteliti, hasil yang diperoleh, kesimpulan dan kata kunci.

Namun ada juga pendapat lain yang mengungkapkan bahwa komponen umum dalam penulisan abstrak yang benar adalah:

  1. Latar belakang. Latar belakang berisi masalah atau urgensi masalah untuk diteliti.
  2. Metode atau pendekatan yang digunakan. Metode apa yang anda gunakan atau anda pakai dalam melakukan penelitian
  3. Hasil atau produk. Hasil yang diperoleh ataupun produk yang dihasilkan dari penelitian.
  4. Simpulan. Apa dampak dari hasil temuan atau hasil yang anda teliti. Tapi ingat, simpulan bukan luaran uji statistik, melainkan simpulan dari pembahasan atau diskusi.

 

Format Penulisan Abstrak

Cara penulisan abstrak yang baik dan benar salah satunya adalah harus memperhatikan format penulisan abstrak yang diakui. Format ini sering kali berbeda-beda sesuai dengan gaya yang digunakan setiap penerbit. Oleh karena itu biasakan untuk membaca panduan penulisan atau template yang dikeluarkan oleh penerbit.

 

Contoh format dalam penulisan abstrak adalah sebagai berikut:

  1. Pada awal kalimat merupakan sebuah kata benda
  2. Terdiri maksimal 250 kata yang dipakai dan tidak termasuk kata sambung dan kata depan
  3. Ditulis dalam bentuk satu paragraf
  4. Menggunakan spasi single
  5. Memakai huruf Times New Roman
  6. Terdapat maksimal lima kata kunci serta disusun secara alfabet.
  7. Ditulis ditempatkan sebelum pendahuluan
  8. Format penulisannya rata kiri dan juga kanan
  9. Menggunakan ukuran huruf 12

 

Walaupun dalam penulisan atau cara menulis abstrak tidak dibutuhkan suatu keahlian khusus, namun bagi para pemula tentu membuat suatu abstrak tentu saja menjadi hal yang tidak mudah. Berikut ini adalah tips dan juga kiat untuk dapat menulis abstrak bagi para pemula :

  1. Perlu melalui banyak revisi atau pembenaran untuk dapat menghasilkan suatu abstrak yang bagus
  2. Temukan isi pokok dalam penelitian anda, lalu jelaskan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami
  3. Selalu gunakan kata kunci penting yang sesuai dengan bidang penelitian anda
  4. Jangan membuat abstrak yang terlalu rinci
  5. Jangan pernah sungkan untuk bertanya pada yang lebih menguasai.

 

Nah itulah ulasan singkat mengenai cara menulis abstrak yang baik dan benar serta mudah. Semoga saja artikel saya kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat berkarya dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan, sukses selalu untuk pembaca maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan