Mendeley Error Format Citation

Mendeley Error Format Citation, ini cara mengatasinya!

Loading...

Mendeley Error Format Citation beberapa kali saya temukan. Baik atas pengalaman sendiri maupun berdasarkan informasi dari teman atau pembaca saya di blog ini.

Bila sebelumnya saya membahas tentang error plugin mendeley di MS Word yang tidak muncul, sehingga menu “Mendely Cite-O-Matic” tidak keluar, kali ini error terjadi setelah plugin ini berhasil dipasang.

Kita berhasil melakukan tahapan sitasi, sampai memilih dokumen yang disitasi. Namun, setelah proses sitasi dilakukan sampai tahap akhir ternyata hanya sampai “citation formating” yang muncul sebentar lalu menghilang.

Untuk lebih jelasnya silakan simak video di bawah ini.

Video ini dikirimkan oleh pembaca setia maglearning.id. Dia gagal melakukan sitasi mendeley setelah melakukan proses sitasi dengan benar. Beberapa orang menyebutnya error ini sebagai “error invalid format citation”.

Sebenarnya langkah menyelesaikan masalah ini cukup mudah. Biasanya masalahnya muncul pada Microsoft Word versi agak jadul, misalnya versi 2013 namun menggunakan versi Mendeley 1.19 ke atas. Bisa juga karena Anda menggunakan Windows versi agak lama seperti Windows 8.1 atau bahkan Windows 7.

Jadi, solusinya sederhana yaitu mengganti versi Mendeley Anda menjadi versi 1.17.1. Caranya  adalah dengan uninstall mendeley Anda kemudian restart windows Anda. Download Mendeley versi 1.17.1 di laman old mendeley. Setelah selesai install seperti biasa, kemudian install plugin ms word-nya.

Nah, setelah semua terinstal, silakan lakukan sitasi dan tara….. insya Allah sukses. Bila sudah berhasil, maka jangan pernah update Mendeley Anda walaupun mendapatkan tawaran update. Kecuali bila Anda juga update MS Word Anda misalnya menjadi versi 2016 atau 2019.

Jika belum berhasil bagaimana? Jangan panik dulu. Silakan cek Ms Office dan windows Anda, bila lebih jadul dari yang telah saya sebutkan di atas maka solusinya juga mudah kok. Tinggal turunkan versi mendeley Anda menjadi versi 1.15.

Bisa jadi yang Anda alami adalah sebaliknya, yaitu Anda menggunakan MS Office 2019 tapi Mendeley Anda masih jadul misalnya versi 1.7.1. Maka solusinya adalah sebaliknya, yaitu segera update Mendeley Anda menjadi versi 1.19.5.

Eh, dari semua solusi tadi masih juga belum berhasil. Anda boleh menghubungi saya lewat komentar di blog ini dan akan saya bantu untuk melakukan proses trouble shooting-nya.

Jangan khawatir soal biaya, Anda tidak perlu bayar sepeser pun alias gratis. Namun, saya berharap Anda sudah berhasil menyelesaikannya sendiri hehehe….

Ok Sobat, semoga tulisan ini bermanfaat untuk mengatasi masalah Mendeley error invalid format citation. Sampai jumpa di lain kesempatan yang lebih berbahagia (maglearning.id).

Loading...

33 comments

    1. yg sy alami pun bgitu. sy pake window 7 ultimate, word 2010 dan mendeley versi 1,16. ketika insert citasi yg muncul di word “formatting citation”… lama2.. word sy jd heng, g bisa di klik, g bisa di apa2 in. bgtupun dg mnedeleynya. makasih informasi dan solusinya

  1. Ka, kalau pada saat insert citation muncul tulisan formatting citationsnya lamaa gak ilang2 dan gak muncul juga penulisnya itu gimana ya solusinya?
    Laptop saya menggunakan Windows 2007 dan word 2010
    Terimakasih ka

      1. sy pun dapat masalahnya seperti itu, sy pake windows 7 ultimate, word 2010 dan mendeley 1,16. saat insert citasi munculnya “formating citation” ga ilang2, sampe word sama mendeleynya nge heng

  2. kak, aku kan mau insert cititaion. yang muncul malah formatting citation. udah gitu word sama mendeleynya kayak eror gitu, no respond. aku tunggu beberapa saat tetap gk muncul pengarangnya, tetap {formatting citation} itu kenapa kak ya??

  3. Bang. Masalah ane sama persis kaya gitu. Ane pake word 2010 dan versi mendeley 1.19.8. Ane ada niatan buat pindah ke mendeley versi 1.19.4. Pas udah diinstal yg bersi 1.19.4 pas dibuka aplikasinya malah crash bang. Jadi tambah bingung nih

  4. Pagi kak, saya mau tanya kalau mendeley tiba-tiba tidak bisa melanjutkan penulisan daftar pustaka itu bagaimana ya solusinya?
    Sudah ada 29 sitasi dalam dafus saya, nah ketika mau nambah sitasi baru tiba-tiba mengulang dari nomor 1 lagi tidak mau melanjutkan menjadi no 30 dalam dafusnya. Apakah ada batasan dalam penulisan di dafus?
    Saya pakai ms word 2019 mendeley versi 1.19.8

    mohon penjelasannya, terimakasih

  5. kak.. tolong ini gimana ya.. mendeley cuma muncul format citation aja..lamaaaa banget baru muncul, dan cuma tulisan itu aja.. word aq 2010 dan mendeley 1.16.3 tolong solusinya kk

  6. kak tolong dong ini saya pake windows 10, ms word 2013 terus saya pakai mendeley yang versi 1.17.1 dan gabisa. awalnya saya pakai yang terbaru gabisa juga. tolong solusinya kak

      1. Macet kak. tapi alhamdulillah sekarang udah bisa kak saya ikutin instruksi kaka yang di atas saya coba satu-satu akhirnya bisa di versi 1.17.11.

  7. Kak klo sitasi mendeley error/tdk sesuai no refrensi nya gmna ya?
    Misalnya mau masukin tefrensi no 9 tp yg muncul no 1, strus nya bgtu yg muncul nomor 1 trus.

  8. Halo kak, mendeley saya pertama versi 1.19, tapi tidak bisa, lalu saya download yg versi 1.17 karna word saya 2010, setelah di coba ternyata ada formatting citation dan nge hang batrainya. Tadi saya liat sarannya pake 1.15
    Apakah ada link buat mendownload yg versi 1.15 ? Soalnya sudah di cari tapi ga nemu kak🙏

Tinggalkan Balasan