Memulai hobi Fotografi

Memulai hobi Fotografi, Hobi Mahal Yang Banting Harga

Loading...

Halo sobat, adakah di sini yang sudah memulai menekuni hobi fotografi? Atau bahkan sudah akrab dengan dunia fotografi? Kalau iya berarti kamu paham donk apa itu hobi fotografi? Hobi fotografi adalah hobi melukis dengan menggunakan cahaya, tentunya dengan perangkat yang dinamakan kamera. Hobi fotografi juga salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang.

Bahkan banyak yang menggantungkan hidupnya pada dunia fotografi. Apalagi saat ini fotografi tidak lagi didominasi oleh anak-anak orang kaya saja. Tidak seperti pada zaman dulu di zaman foto film yang sudah pasti harus sering-sering merogoh kocek kalau ingin memenuhi hasrat memotret.

Sekarang ini bisa dibilang fotografi adalah hobi mahal yang sudah banting harga. Kenapa bisa begitu? Karena di zaman dahulu alias 5 – 10 tahun yang lalu kebutuhan tentang dunia fotografi itu serba mahal sob, dan sekarang semua harga tersebut sudah turun seperti terjun bebas.

Ada kelebihan dan juga ada kekurangan, itulah dampak dari menurunnya harga peralatan untuk kalangan yang hobi fotografi. Kelebihannya biaya semuanya semakin murah, bahkan untuk berbagai keperluan tidak perlu repot-repot sewa kamera DSLR kaya dulu, sudah cukup pakai hp saja hasilnya sudah wow. Kekurangannya ya bagi penyedia jasa fotografi banyak yang mengalami penurunan orderan kalau tidak mampu menciptakan inovasi-inovasi baru.

Sebenarnya hal apa saja sih yang menyebabkan hobi fotografi yang super mahal di zaman dahulu bisa banting harga? Beberapa penyebabnya antara lain sebagai berikut :

1. kamera hp sudah semakin mumpuni (lensa dan sensornya semakin bagus)

Yang pertama penyebabnya adalah dari perkembangan teknologi smartphone alias hp yang kita pegang masing-masing. Sekarang sudah banyak sekali hp murah bahkan dengan harga 1 jutaan saja sudah mendapatkan resolusi kamera 16 Megapiksel.

Beda sama zaman dahulu, untuk mendapatkan resolusi tersebut mungkin harus menggunakan kamera DSLR atau bahkan sebelum ada yang namanya kamera digital.

Selain itu dari tahun ke tahun setiap produsen smartphone akan berlomba-lomba menciptakan harga murah dengan kualitas kamera bagus. Coba deh dilihat dalam jangka 5 tahun lagi, harga 1 jutaan bisa jadi sudah dapat hp dengan resolusi kamera sekitaran 32 Megapixel.  Jadi jangan khawatir lagi bagi yang punya hobi fotografi.

2. Banyak aksesoris tambahan (lensa telephoto, lensbong, filter dll)

Faktor yang kedua kenapa hobi fotografi bisa banting harga adalah karena banyaknya aksesoris pendukung yang mampu mempercantik hasil foto hape. Misalkan saja untuk alat lensa tambahan untuk zoom atau sering dibilang lensa telephoto, lensbong (lensa bongkaran) untuk foto makro, filter ND, star dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan aksesoris tambahan tersebut bahkan seseorang yang mempunyai kamera resolusi rendah pun bisa dipercantik. Dan hal itu bisa dilakukan tanpa harus membeli kamera mahal.

Ada juga beberapa aksesoris untuk di tempelkan di handphone yang menjadikan hasil foto keren dan bokeh. Itu semuanya dijual hanya dengan nilai ratusan ribu saja. Artinya hobi fotografi memang semakin murah dari hari ke hari. Nah, sekarang lah saat yang tepat untuk memulai hobi fotografi. Modalnya sudah semakin murah namun hobi ini bisa menjadi fotografi yang bisa menghasilkan uang.

3. Edit foto sudah gak butuh laptop lagi

Faktor lainnya masih berhubungan dengan handphone, namun kali ini bukan masalah hardware, melainkan software. Di handphone sekarang sudah bisa melakukan edit foto dengan hasil yang keren. Jadi gak perlu beli laptop atau pc lagi kan. Di hape sudah banyak aplikasi edit foto seperti adobe LR, bahkan hp terkini sudah tertanam fasilitas edit di galerinya.

Memang handphone itu semakin lama semakin mumpuni dengan segala macam fungsi di dalamnya. Kalau dulu kan edit foto harus pakai laptop, sedangkan sekarang di hp saja sudah ada banyak aplikasi lengkap dengan preset dan filter keren bawaan handphone. Bahkan juga banyak aplikasi edit foto di hp yang bisa di download secara gratis dengan kualitas yang tak kalah dengan aplikasi di laptop.

4. Harga kamera DSLR maupun Mirrorless sudah semakin murah

Faktor yang lainnya yang membuat hobi fotografi bisa disebut banting harga adalah dari harga kamera itu sendiri. Sekarang sudah banyak sekali kamera dengan harga yang murah namun kualitasnya sudah mumpuni. Dengan sensor dan lensa yang sama persis dengan kamera mahal, hanya beberapa fitur yang tidak terlalu penting saja yang dihilangkan.

Ditambah lagi untuk seorang traveler atau vlogger, sekarang bisa mendapatkan kamera mirrorless, action cam, kamera drone, semua itu dengan harga yang relatif cukup murah.

Bahkan kalau sobat mau searching di lapak online untuk mencari kamera mirrorless dengan harga 2 juta sampai 3 jutaan sudah banyak tersedia, dapat yang baru lagi. Bahkan untuk salah satu model mirrorles harga di bawah 3 juta sudah ada yang beresolusi 4K, jos gandos bukan…. Padahal kalau dulu pasti di atas 5 jutaan baru dapat, itu pun kualitas nya masih yang biasa-biasa aja alias belum 4K.

5. Bebas jeprat jepret karena tanpa film, harga memori penyimpanan pun sudah semakin murah

Faktor yang kelima adalah dalam hal penyimpanan. Kalau sobat ingat-ingat zaman dulu nyimpan foto harus pakai film. Lalu muncullah memory card, dan itupun dulu harganya cukup mahal kan. Selain mahal juga ribetnya minta ampun dan harus berulang kali beli karena media penyimpanan yang masih kecil.

Sekarang ini untuk media penyimpanan harganya sudah seperti kacang. Untuk nilai ruang 64gb saja bisa di dapatkan dengan harga yang cukup murah sekitaran 100 ribuan. Ditambah lagi sekarang masing-masing handphone memiliki penyimpanan paling kecil adalah 16 gb, tidak usah beli penyimpanan saja sudah muat foto ratusan bahkan sampai ribuan foto.

Nah itulah sobat kenapa saat ini banyak sekali yang sudah mulai hobi fotografi dan bisa disebutkan bahwa hobi fotografi sekarang adalah hobi mahal yang sudah banting harga. Tidak ada salahnya untuk memulai hobi fotografi saat ini juga. Intinya buat wawasan kita semua saja. Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bisa bermanfaat dan terima kasih. Salam sehat selalu dan semoga hidup kita semakin berwarna dan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan