perbedaan 8 Bit dan 16 Bit

Perbedaan 8 Bit dan 16 Bit Foto Digital

Memahami perbedaan 8 bit dan 16 bit pada foto digital adalah hal dasar. Namun, ternyata sebagian besar dari kita kadang acuh dengan hal ini. Saya pun termasuk yang acuh itu, mulanya. Seiring bertambahnya waktu, ternyata hal ini penting juga.

Gambar RGB terdiri dari tiga saluran grayscale 8-bit atau 16-bit. Masing-masing dari tiga saluran mewakili warna merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue). RGB adalah singkatan dari red, green, dan blue. RGB mewakili kombinasi warna primer cahaya yang kita lihat.

Perbedaan teknis 8 bit dan 16 bit

Gambar atau foto digital 8-bit berisi hingga 16,7 juta definisi warna RGB yang unik. Sedangkan gambar 16-bit berisi hingga 35 triliun definisi warna RGB yang unik.

Loading...

Dalam foto dengan grafis warna 8 bit, setiap piksel direpresentasikan atau dinyatakan sebagai “2 eksponen sampai 8”, atau “2x2x2x2x2x2x2x2”, yang memberikan angka 256. Dengan demikian, ini berisi 256 nilai nada.

Berarti dalam foto mode delapan bit ada 256 warna merah, 256 warna hijau, dan 256 warna. Kombinasi semua nuansa warna ini berarti menghasilkan kemungkinan 16, 8 juta warna. Secara tekni dalam foto delapan bit, 3 bit dialokasikan untuk merah dan 3 bit untuk warna hijau, dan sisa 2 bit digunakan untuk komponen warna biru.

Sedangkan dalam foto digital dengan enam belas bit warna, setiap piksel direpresentasikan atau digambarkan dengan menggunakan byte enam belas bit. Atau dapat diekspresikan dengan “2 eksponen sampai 16”. Yaitu setara dengan 65.536, Wow…..

Dengan demikian akan ada varian 65.536 warna hijau, 65.536 warna merah, dan 65.536 warna biru. Artinya sebuah gambar digital akan memiliki kemungkinan menghasilkan 281 triliun warna. Dalam enam belas warna bit, 5 bit digunakan untuk komponen warna merah, 6 bit untuk warna hijau, dan 5 bit untuk warna biru.

Mode warna ini memberikan banyak keuntungan dibandingkan mode warna 8 bit. Misalnya – memastikan gradasi nada dan warna yang halus. Ketika kita pilihan kita jatuh pada 16bit maka kita akan lebih leluasa ketika membuat penyesuaian-penyesuaian, seperti kontras, dll.

Namun di sisi lain, ukuran file menjadi lebih besar ketika menggunakan mode warna 16 bit. Besarnya lebih kurang dua kali dibanding file 8 bit. Jadi kalau 8 bit sebesar 10MB maka foto 16 bit kurang lebih berukuran 20MB.

Pilihan Ada di Tangan Anda

Pilihan Anda untuk mode gambar atau setup kamera digital tentunya tergantung pada Anda sendiri. Biasanya terkait dengan pengerjaan foto Anda selanjutnya di Photoshop, atau juga maksud yang lain. Silakan memilih mode 8 atau 16 bit untuk pengambilan foto. Mengedit dalam mode 8 atau 16 bit juga tergantung pada foto/gambar asli Anda.

Loading...

Jika Anda mengambil pilihan mode gambar JPEG di kamera digital Anda, satu-satunya pilihan yang Anda miliki adalah mode 8-bit. Jika Anda sudah menyetel kamera digital untuk menghasilkan file foto RAW atau TIFF, keindahan dunia warna 16-bit menanti Anda.

So, hal teknis ini menarik kan, tetapi bagaimana pengaruhnya terhadap pengeditan foto digital kita di Photoshop? Jawabannya sederhana. Setiap kali kita melakukan pengeditan pada gambar, yang terjadi sebenarnya adalah membuang informasi gambar.

Semakin ekstensif pengeditan kita, misalnya mengubah eksposur, saturasi warna, atau kontras, kita membuang lebih banyak data ke tempat sampah. Jadi jika kita ingin memastikan bahwa kita memiliki banyak informasi untuk dikerjakan untuk menjamin pengeditan gambar tidak menurunkan kualitas warna gambar maka gunakan pilihan mode 16 bit di kamera digital Anda.

Intinya dengan mode mana yang digunakan untuk mengedit gambar di Photoshop adalah jika Anda memilih mode 16bit. Hal ini untuk menjamin Anda mengedit gambar dengan sebanyak mungkin informasi yang tersedia. Jika Anda memilih mode 8bit di kamera Anda maka percuma saja kita gunakan mode editing 16bit di Photoshop.

Pilihan Editing di Photoshop

Tidak semua fitur Photoshop atau Elemen tersedia untuk Anda dalam mode 16-bit, namun dengan setiap versi baru Photoshop, lebih banyak fungsi tersedia. Jika Anda memotret foto JPEG dengan kamera digital Anda, artinya Anda hanya akan memiliki pilihan untuk mengedit foto itu dalam mode 8-bit.

Fitur yang tersedia untuk digunakan dalam mode 16-bit meliputi:

  • Semua alat di kotak alat kecuali alat kuas history seni.
  • Semua perintah penyesuaian warna dan nada (kecuali Variasi)
  • Lapisan dan lapisan penyesuaian.
  • Bermacam-macam filter.
  • Pangkas, putar, dan penyesuaian ukuran gambar
  • Dukungan untuk file PSD dan TIFF

Jika Anda menggunakan Tool Photoshop atau filter yang tidak kompatibel dengan mode 16 bit, simpan salinan file itu untuk mempertahankan status mode 16-bit, lalu ubah gambar ke mode 8-bit agar Anda dapat menggunakan alat atau filter tersebut. Pengguna Elements hanya cukup dengan mode 8 bit, karena Anda hanya dapat melakukan pengeditan dan penyesuaian dalam mode 8 bit di Elements.

Demikianlah ulasan singkat saya tentang perbedaan foto 8 bit dan 16 bit. Pilihan tetap tergantung pada Anda. Untuk memahami bagaimana perbedaan ringkas foto 8 bit dan 16 bit, silakan simak ringkasan perbedannya di tabel berikut.

Subyek Perbedaan8 Bit16 Bit
DefinisiSetiap piksel foto digital diwakili oleh satu byteSetiap piksel dalam foto digital diwakili oleh dua byte
Nilai nada per saluran25665.536
Ukuran fileRelatif KecilHampir dua kali lipat dari 8bit
Jenis FileJPEGRAW
PenggunaanFotografer atau desainer grafis umumnya menggunakan 8 bit untuk penggunaan memori dan sumber daya yang efisien.Fotografer biasanya menggunakan warna 16 bit karena mereka lebih memilih bekerja dengan gambar RAW, dengan tujuan kualitas yang lebih tinggi.
Gradasi warnaKurang halusLebih halus

One comment

Tinggalkan Balasan