Mengenal Kamera Digital

Mengenal Kamera Digital, Panduan Untuk Pemula!

Mengenal kamera digital Anda adalah langkah awal untuk menghasilkan foto yang berkelas. Kenali fitur-fitur dan karakter kamera digital Anda sebelum memulai untuk bersenang-senang dengannya.

Perkembangan teknologi kamera digital sangat cepat dan signifikan. Semua produsen kamera digital terkemuka saat ini berlomba-lomba untuk menghasilkan produk yang diidam-idamkan  oleh konsumennya. Mereka telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik.

Kamera digital yang sudah beredar di pasaran beberapa tahun terakhir telah memberi perubahan yang luar biasa deras. Hasil foto dan video dari kamera-kamera ini luar biasa luar biasa bagus dan indah.

Loading...

Kualitas teknis kamera digital saat ini sudah jauh melebihi kamera film. Ternyata industri kamera digital tidak butuh waktu lama untuk mencapainya.

Mungkin dari sejuta fotografer profesional maupun pemula yang ada saat ini hanya kurang dari satu persen saja yang masih sesekali menggunakan kamera film. Selebihnya saya yakin sudah bertahun-tahun tidak pernah menyentuh kamera film lagi.

Lima atau tujuh tahun lalu sebenarnya kamera digital Sony sudah bisa dikatakan mempunyai kemampuan menghasilkan foto dengan kualitas yang setara dengan kamera film. Kamera Sony waktu itu yang didukung lensa Zeiss telah bisa diandalkan

Jika Anda baru menggunakan kamera digital, atau baru membeli kamera digital pada kurun 2 tahun terakhir maka Anda sudah mendapatkan kamera yang secara teknologi sudah amat canggih. Mengenali kamera digital Anda akan membuat Anda semakin nyaman memotret.

Anda mungkin telah memotret beberapa ratus bahkan ribuan kali. Mungkin sebagiab besar dari Anda memotret dengan “mode otomatis” atau mode A atau A+. Mungkin Anda sudah puas dengan hasil jepretan Anda.

Mengenali lebih jauh kamera digital Anda akan membuat Anda lebih asyik dalam memotret.  Percayalah, kamera digital Anda memiliki lebih banyak kemampuan daripada yang pernah digunakan oleh seorang profesional jaman dulu.

Loading...

Kunci pertama untuk meningkatkan keterampilan fotografi Anda adalah menguasai alat fotografi Anda, yaitu mengenal kamera digital Anda. Kunci kedua dan selanjutnya adalah Anda sendiri dan teknik yang Anda gunakan.

Langkah-langkah mengenal kamera digital sebenarnya mudah, hanya saja biasanya kita sering abai atau merasa bukan hal penting alias membuang-buang waktu. Hampir semua orang yang saya kenal, ketika membeli kamera digital tidak sepenuhnya mencoba untuk mengenali kameranya.

Kita hampir tidak pernah mau repot-repot mempelajari cara bagaimana memaksimalkan kemampuan kamera kita. Lucunya, sebagian besar dari kita biasanya memotret lalu menampilkan foto-foto yang telah diambil dengan menyalakan kamera, lalu melihat-lihat di jendela LCD kamera, dan berakhir di sini.

Pada seri artikel ini akan saya bahas bagaimana mulai mengenal kamera dan kemudian bersenang-senang dengannya. Intinya artikel ini dan beberapa artikel berikutnya adalah mempelajari dasar-dasar tentang cara menggunakan kamera digital dan mengirim gambar ke gawai kita.

Loading...

Meskipun ratusan model kamera digital terlihat berbeda satu sama lain, namun semuanya memiliki pengoperasian dasar yang sama. Semua berjalan dengan baterai yang perlu diisi. Semua membutuhkan semacam kartu memori yang dimasukkan. Memiliki sakelar on-off dan tombol rana.

Nah, sebenarnya bagian terpenting dari kamera digital Anda adalah buku manual pengguna. Jangan lupa untuk membacanya ya.

Sekarang mari kita mulai mengenal kamera digital Anda

  1. Baca Buku Manualnya: Yang jelas, tetapi mungkin anda terkejut. Saat Anda membuka kotak kamera digital Anda, sangat wajar Anda ingin sekali mencobanya. Saran saya, luangkan waktu untuk mengetahui semua kontrol dan menu di kamera Anda. Kemudian Anda bisa memulia untuk memasukkan baterai, kartu memori, dan menghidupkan kamera. Apa yang perlu Anda baca di buku manual itu adalah bagaimana melakukan beberapa pengaturan dasar kamera.
  2. Pelajari cara menghidupkan kamera: Langkah ini mungkin tampak sedikit mendasar, tetapi setiap produsen dan tipe sering berbeda. Jangan malu: Saya akui, saya juga sering tidak tahu cara menghidupkan beberapa model kamera digital.
  3. Dapatkan kenyamanan dengan lensa yang pas: Bermain-mainlah dengan zoom in dan zoom out. Sebagian besar kamera digital dilengkapi dengan lensa zoom yang dapat digunakan untuk zoom out untuk bidikan sudut lebar atau untuk bidikan lanskap keren dan zoom in ke obyek potret candid yang bagus.
  4. Jika Anda memotret di dalam ruangan, hidupkan blitz internalnya.
  5. Pastikan mode pemotretan Anda diatur dengan benar: Mode otomatis, secara mengejutkan, berfungsi untuk banyak pemotretan yang kita ambil. Mode otomatis sangat bagus untuk saat ini sampai kita masuk ke mode yang lebih teknis nanti yang akan kita bahas dalam artikel-artikel selanjutnya.
  6. Susun subjek Anda: Pastikan Anda tidak memotret ke matahari, tidak ada kabel listrik yang melintasi cakrawala, tidak ada tiang telepon atau listrik yang mencuat, dan pastikan foto Anda tidak miring. Cobalah biasakan meluangkan waktu untuk menyusun bidikan Anda: Anda akan terkejut betapa banyak perbedaan yang dihasilkannya!
  7. Bidik: Tekan tombol rana kamera digital Anda dan nikmati hasilnya.

Nah, demikianlah artikel awal saya tentang mengenal kamera digital. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. Jangan lupa untuk belajar dengan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan