Tips Menjadi Vlogger Berkualitas

Tips Menjadi Vlogger Berkualitas

Loading...

Tips Menjadi Vlogger Berkualitas – Internet merupakan wadah untuk menuangkan berbagai kreativitas tanpa batasan tertentu. Berbagai konten yang ditawarkan mampu menarik perhatian banyak orang. Bahkan sekitar 44 % orang berselancar di dunia Maya hanya untuk melihat konten.

Fakta ini tak lepas karena berkembangnya profesi vlogger. Mereka menghasilkan karya audio visual yang menginfluens banyak pengguna internet. Menjadi vlogger juga mendatangkan berbagai keuntungan seperti popularitas, fleksibilitas, dan penghasilan.

Nah untuk menjadi vlogger berkualitas silakan simak beberapa tips berikut ini:

Belajar Dasar Ilmu Vlogging

Sebelum terjun jadi vlogger profesional. Alangkah baiknya belajar dasar-dasar dulu. Belajar membuat video yang bagus, belajar editing yang menarik. Ketahui juga platform-platform yang mewadahi profesi vlogger. Apakah mau terjun di YouTube, tiktok, Instagram atau lainnya ?.

Pelajari juga Niche apa yang ingin digeluti. Kuliner, game, kecantikan atau bidang lainnya. Yang penting kita menseriusinya.

Terakhir adalah jangan berhenti untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas vlogging. Upload secara berkala video hasil karya Anda.

Persiapkan Perlengkapan Vlogging

Langkah selanjutnya untuk menjadi vlogger adalah mempersiapkan alat tempurnya.

  • Kamera

Kamera adalah perangkat paling penting yang dibutuhkan untuk jadi blogger. Alat ini akan merekam konten yang kita buat. Baik berbentuk video maupun visual lainnya. Hindari kamera berspesifikasi rendah karena akan mempengaruhi kualitas video. Video yang direkam dengan bagus akan meningkatkan jumlah penonton. Tak perlu kamera mahal, cukup sesuai kebutuhan saja terutama terkait dengan sensitivitas cahaya dan resolusi.

  • Tripod

Tripod adalah alat yang berfungsi untuk menstabilkan video. Alat ini juga akan mempermudah pengguna dalam mengambil angle perekaman yang di inginkan. Alat ini penting untuk dimiliki karena berpengaruh dalam kualitas video. Untuk harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung bahan dan panjangnya. Bila video Anda sering merekam adegan bergerak maka pertimbangkan untuk menggunakan gimbal elektronik. Harganya sekarang sudah banyak yang murah kok.

  • Laptop / PC

Benda ini mungkin sudah bukan hal asing dalam kehidupan sehari-hari. Laptop / PC bukan hanya diperlukan untuk keperluan kantor saja. Benda ini juga wajib dimiliki jika ingin menjadi vlogger. Laptop berfungsi dalam pengeditan video dan menguaploadnya dalam berbagai platform seperti YouTube, Instagram dan yang lainnya.

Kuasai Topik

Syarat penting untuk jadi vlogger berkualitas adalah menguasai topik yang dibagikan. Sebisa mungkin untuk menjadi vlogger dalam bidang yang disukai dan memahami masalah serta issue dari bidang tersebut.

Misalnya jika ingin menjadi vlogger tentang hp. Kita harus mengetahui spesifikasinya, tips-tips dan issue-issue yang sedang hangat diperbincangkan di dunia hp. Penguasaan topik yang baik akan memberikan kepercayaan penonton saat menikmati konten yang kita buat.

Kemampuan berbicara di depan layar

Skill publik Speaking sangat diperlukan untuk jadi kemajuan karier vlogging. Untuk menjadi Vlogger berkualitas kita dituntut untuk bisa menyampaikan konten di depan kamera. Kita harus fasih berbicara dan tampil percaya diri. Untuk memulainya bisa dimulai dari belajar intonasi, artikulasi, dan ekspresi wajah.

Belajar akan menambah pengalaman kita dalam menghadapi sorotan kamera. Bila sekarang Anda masih belum puas dengan performa Anda, maka teruslah berkarya, lambat laun Anda akan mendapatkan peningkatan yang berarti sambil belajar kepada yang lebih berpengalaman.

Pelajari Strategi Pemasaran

Belajar Promosi konten agar kita dapat mendapatkan audiens secara maksimal. Semakin banyak jumlah views akan mempengaruhi jumlah penghasilan dan kepercayaan penonton.

Kita bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram dengan mencantumkan alamat platform vlogging kita. Selanjutnya buatlah konten secara konsisten dan menggunakan topik yang relevan agar mesin pencari lebih mudah merekomendasikan channel kita. Digital marketing menjadi hal penting terutama terkait SEO dan riset kata kunci.

Demikianlah beberapa tips dari kami untuk menjadi Vlogger berkualitas. Banyak sekali vlogger dan youtuber yang memulai kariernya dengan segala keterbatasan, baik skill maupun alat. Namun, karena mau belajar dan memperbaiki diri maka kemudian mereka berkembang dan sukses.

Jadi, jangan tunda untuk memulai dan terus belajar, jangan lupa harus dengan cara yang menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan