Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Praktisi Humas

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Praktisi Humas

Loading...

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Praktisi Humas – Public Speaking adalah salah satu kemampuan yang penting dimiliki untuk dipelajari setiap orang. Dengan mempelajarinya kita akan bisa berkomunikasi secara baik di muka umum. Selain itu kemampuan public speaking juga akan membantu kita bertemu orang-orang baru.

Memang disadari bahwa menjadi public speaker yang handal harus menempuh jalan yang tidak mudah. Perlu belajar secara dan mencobanya langsung di lapangan. Ada beberapa aspek yang perlu dipelajari agar menjadi public speaker yang bagus.

Nah, seorang praktisi humas harus mampu menjadi seorang public speaker yang handal. Apa saja yang harus dipelajari agar memiliki beberapa kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang praktisi humas profesional? Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Belajar mengucapkan sesuatu dengan lancar

Mau tidak mau untuk menjadi seorang public speaker yang bagus kita harus belajar mengucapkan sesuatu dengan lancar. Memang kendala terbesar bagi seorang pemula yang ingin belajar public speaking adalah kesulitan berkata-kata.

Namun kesulitan bisa diatasi asal kita rajin berlatih. Mulai mencoba untuk membiasakan membaca buku agar kosa kata kita lebih bertambah dan perlahan-lahan mencoba berbicara tanpa menggunakan naskah.

Kita harus bisa menguasai panggung

Panggung merupakan tempat berkarya bagi seorang publik speaker. Jadi semestinya segala keraguan, rasa takut harus segera dihilangkan oleh seorang publik speaker. Belajar untuk menguasai memang tidaklah mudah, belajar menarik perhatian audience juga tidak gampang.

Namun dengan seiring berjalannya waktu, pengalaman akan membuat kita mampu menguasai panggung dan kita bisa menarik perhatian audience.

Sedikit tips, untuk menghilangkan rasa gugup kita melakukan pemanasan dulu agar pikiran bisa lebih rileks.

Belajar Jadi Pencerita yang baik

Aspek penting yang tidak boleh dilupakan saat menjadi public speaker adalah kemampuan story telling. Kemampuan ini berguna saat kita menceritakan sesuatu ke pendengar. Ketika kita punya kemampuan story telling yang bagus, ini akan membuat pendengar menjadi betah mendengar apa yang kita sampaikan.

Untuk melatih kemampuan story telling kita bisa memulainya kepada orang disekitar kita. Ceritakan sesuatu di depan orang tua, kerabat atau teman. Pelan-pelan kemampuan story telling kita akan bertambah.

Bisa mempertahankan kontak mata dengan lawan bicara

Menjadi public speaker memang mengharuskan kita untuk percaya diri. Percaya diri berbicara, percaya diri untuk berekspresi serta percaya diri mempertahankan kontak mata dengan lawan bicara.

Memang ini bukanlah pekerjaan mudah terlebih bila kita adalah seorang pemalu. Kontak mata memang perlu dilatih agar lawan bicara lebih terikat secara emosional dengan kita, agar mereka percaya dengan instruksi kita.

Belajar Melakukan Improvisasi

Terkadang rencana yang kita susun secara rapi sebelum ke panggung tidak sesuai rencana. Maka dari itu tips selanjutnya agar kita bisa menjadi public speaker yang handal adalah berlatih improvisasi.

Kita bisa memulainya dengan hal-hal simpel terlebih dahulu. Meminta saran kepada yang lebih senior juga diperlukan agar improvisasi kita bisa meningkat.

Kesimpulan: Public Speaking merupakan keahlian yang dibutuhkan untuk terjun ke masyarakat apalagi bagi seorang praktisi humas. Mempelajarinya akan mendatangkan manfaat untuk kita. Perlu latihan dan praktik rutin agar kita bisa menjadi publik speaker yang handal.

Demikianlah bahasan kami tentang beberapa cara mengasah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang praktisi humas. Semoga bermanfaat, salam sehat selalu dan jangan lupa belajar harus menyenangkan (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan