Berinfak dan Bersedekah

PAI Kelas 6 Pelajaran 9: Ayo, Berinfak dan Bersedekah

Pada pembelajaran PAI kelas 6 pelajaran 9 dengan tema “Ayo, Berinfak dan Bersedekah” ini kita akan mempelajari makna dan hikmah berinfak dan bersedekah. Mari ikuti pembelajaran ini sampai selesai.

Contoh berinfak diantaranya adalah memberi bantuan untuk perayaan Hari Kemerdekaan dan Memberi bantuan kepada Panitia Pembangunan Masjid. Sedangkan contoh bersedekah diantaranya adalah memberi sedekah kepada kaum duafa dan patungan membantu teman yang sedang membutuhkan.

Makna Infak dan Sedekah

Kata infak diambil dari akar kata: nafaqa yang berarti keluar. Sementara dalam kamus Arab ”Al-Azhar” kata ‘infak’ berarti perihal menafkahkan atau membelanjakan. Berinfak dan bersedekah dapat dilakukan kapan saja dan dapat mempergunakan uang atau barang.

Allah Swt. berfirman dalam Q.S. at-Talaq/65:7, yang artinya:

Loading...

”Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” (Q.S. at-Talaq/65:7)

Jadi, infak (infaq) adalah mengeluarkan/menyerahkan sesuatu harta benda sesuai dengan kemampuannya. Allah Swt. tidak membebani seseorang untuk berinfak melainkan sesuai dengan rezeki yang diperolehnya dari Allah Swt.

Sedekah berasal dari akar kata șadaqa berarti sesuatu yang benar atau jujur. Definisi sedekah adalah suatu pemberian yang dilakukan seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah juga dapat diartikan sebagai suatu pemberian yang dilakukan seseorang sebagai kebajikan yang hanya mengharap pahala dan rida Allah Swt. semata. Bersedekah tidak hanya berupa harta benda, tetapi bisa berupa jasa dan tindakan. Misalnya, tersenyum kepada sahabat atau gurumu adalah sedekah.

Dengan demikian, perbedaan infak dan sedekah adalah bila infak merupakan pemberian bersifat materi, sedangkan sedekah bisa berupa materi maupun non materi. Misalnya sedekah adalah mengajarkan ilmu pengetahuan, memberi nasihat, senyuman, dan mendoakan orang lain.

Berinfak dan bersedekah adalah wujud dari rasa syukur kepada Allah Swt. Berinfak dan bersedekah adalah perbuatan sunah. Berinfak dan bersedekah harus dilaksanakan dengan tulus karena Allah Swt.

Hikmah Berinfak dan Bersedekah

Beberapa hikmah berinfak dan bersedekah berikut ini.

  1. Orang yang bersedekah akan dimudahkan Allah Swt. dalam usahanya mencari rezeki.
  2. Bersedekah adalah sebagai wujud syukur akan nikmat yang Allah Swt. berikan.
  3. Allah Swt. akan menambah rezeki orang yang berinfak dan bersedekah.
  4. Allah Swt. akan memperhatikan dan menjaga orang yang berinfak dan bersedekah, serta tidak menyia-nyiakan atau membiarkannya.
  5. Malaikat akan mendoakan kebaikan kepada orang yang gemar bersedekah.
  6. Hati orang yang berinfak dan bersedekah tenang dan tenteram, jauh dari kegelisahan, stres dan penyakit kejiwaan lainnya.
  7. Orang yang berinfak dan bersedekah mendapat pahala dari Allah Swt.
  8. Orang yang berinfak dan bersedekah akan dihapus sebagian dari dosanya.

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 9

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 9, Ayo, Berinfak dan Bersedekah

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 9

Loading...

Untuk latihan soal PAI kelas 6 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 6

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Buku Digital PAI Kelas 6

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 6

Buku Digital PAI Kelas 6, Berinfak dan Bersedekah

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

Tinggalkan Balasan