Review Pembelajaran Online

Review Penelitian Tentang Pembelajaran Online

Review tentang pembelajaran online dewasa ini semakin penting untuk dilakukan. Tidak hanya karena penggunaannya semakin masif akibat pandemi Covid-19, namun memang perkembangan teknologi digital dan internet sudah sangat mendukung dunia pendidikan.

Artikel ini adalah salah satu hasil penelitian literature review. Penulis melakukan penelitian terhadap ratusan artikel tentang pembelajaran online yang dipublikasikan selama kurang lebih 15 tahun.

Tinjauan sistematis dilakukan pada tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an pada artikel-artikel penelitian tentang pembelajaran online. Namun, tidak ada ulasan yang meneliti aspek yang lebih luas dari tema penelitian dalam pembelajaran online dalam satu dekade terakhir.

Loading...

Review penelitian pembelajaran online ini memeriksa 619 artikel penelitian tentang pembelajaran online yang diterbitkan dalam dua belas jurnal dalam sepuluh tahun terakhir. Yang diperiksa dalam penelitian literatur ini adalah tren dan pola publikasi, tema penelitian, metode penelitian, dan pengaturan penelitian, serta dibandingkan dengan tema penelitian dari dekade sebelumnya.

Meskipun terdapat sedikit penurunan jumlah studi tentang pembelajaran online pada tahun 2015 dan 2016, namun terus meningkat pada tahun 2017 dan 2018. Mayoritas studi bersifat kuantitatif dan diteliti di perguruan tinggi.

Penelitian pembelajaran online dikategorikan menjadi dua belas tema dan kerangka kerja yang dikembangkan dari asapek peserta didik, matapelajaran/kuliah dan instruktur, serta tingkat organisasi. Karakteristik peserta didik online dan keterlibatan online diperiksa dalam sejumlah besar studi dan konsisten dengan tiga tinjauan sistematis sebelumnya.

Secara keseluruhan, ada beberapa kesepakatan tentang tema penelitian tentang penelitian pembelajaran online, namun pada saat yang sama terdapat beberapa temuan yang bertentangan. Ada beberapa tema yang paling banyak diteliti dan tema yang paling jarang diteliti yang nantinya penting untuk dilakukan penelitian dan bidang yang perlu difokuskan.

Tema utama yang ditemukan dalam ulasan ini adalah penelitian keterlibatan online. Namun, penyajian penelitian ini tidak konsisten, dan seringkali kurang spesifik. Mendefinisikan keterlibatan dalam lingkungan online adalah unik dan oleh karena itu perlu penyelidikan dan klarifikasi lebih lanjut.

Ulasan ini menunjukkan tujuh klasifikasi berbeda dari keterlibatan online. Penelitian lebih lanjut tentang keterlibatan harus menunjukkan jenis keterlibatan yang dicari. Tingkat kekhususan ini diperlukan untuk menetapkan instrumen untuk mengukur keterlibatan dan pada akhirnya menguji kerangka kerja untuk mengklasifikasikan keterlibatan dan mempromosikannya dalam lingkungan online.

Selain itu, artikel ini juga menyoroti perhatian yang semakin besar terhadap karakteristik peserta didik, yang merupakan pergeseran fokus dari karakteristik dan desain pembelajaran. Meskipun ini konsisten dengan fokus pada keterlibatan, peran instruktur, dan desain pembelajaran yang terkait dengan hasil ini tetap penting.

Analisis tentang karakteristik peserta didik dan keterlibatan online yang dipasangkan dengan desain pembelajaran akan memiliki konsekuensi penting untuk penggunaan profesional pengajaran dan pembelajaran yang mendukung pembelajaran siswa.

Loading...

Selain itu, tinjauan tersebut juga menunjukkan konsentrasi penelitian di bidang pendidikan tinggi. Dengan penekanan langsung dan terus berkembang pada pembelajaran online di pendidikan dasar dan menengah. Ada kebutuhan mendesak untuk penyelidikan lebih lanjut dalam pengaturan ini.

Terakhir, karena tinjauan ini tidak berfokus pada efek keseluruhan dari intervensi, ada peluang untuk metaanalisis khusus. Perhatian khusus pada penelitian tentang keterlibatan dan karakteristik pelajar serta bagaimana hal ini bervariasi menurut desain dan hasil studi akan menjadi tambahan yang logis untuk literatur penelitian.

Jenis Penelitian:

  • Dari sisi Aplikasi : Penelitian Terapan
  • Menurut Tujuan : Penelitian Eksploratoris
  • Metode yang digunakan : Penelitian Kualitatif

Judul Artikel:

A systematic review of research on online teaching and learning from 2009 to 2018

Url Abstrak : https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131520302074

Loading...

Sitasi :

Martin, F., Sun, T., & Westine, C. D. (2020). A systematic review of research on online teaching and learning from 2009 to 2018. Computers and Education, 159, 104009. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104009

Download Fulltext : Link 1

Tinggalkan Balasan