Menghindari Penyakit Jantung Sejak Dini

Ini Dia 5 Cara Menghindari Penyakit Jantung Sejak Dini

Halo sobat, pasti sudah tidak asing kan dengan yang namanya penyakit jantung? Menghindari penyakit jantung sejak dini sangatlah penting.

Salah satu penyakit kronis ini cukup mematikan di dunia. Hal itu dibuktikan juga oleh banyak riset yang menyatakan bahwa tingkat kematian dari penderita penyakit jantung lebih tinggi daripada penyakit kanker. Tentu saja dengan melihat fakta tersebut kita harus mampu mengambil sebuah langkah yang tepat sebelum terlambat.

Penyakit jantung memang kebanyakan menyerang seseorang di usia yang lumayan sudah tua. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa menjangkiti seseorang yang masih muda. Hal itu juga dibuktikan bahwa penderit penyakit jantung di dunia sebagian masih berumur 15 hingga 30 tahun.

Loading...

Bisa disimpulkan bahwa penyakit ini bisa menjangkit seseorang di usia muda. Ada beberapa tips dan kebiasaan yang perlu kita lakukan untuk menurunkan resiko penyakit jantung sejak dini yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

5 Tips Menghindari Penyakit Jantung Sejak Dini

1. Pilih Jenis Makanan Yang Sehat

Apa saja yang kita konsumsi akan mempengaruhi tubuh kita, semakin sehat pola makan dan jenis makanan yang kita makan tentu akan semakin baik dampak yang kita dapatkan. Dalam hal ini jangan melupakan jenis-jenis makanan yang bagus untuk peredaran darah kita, antara lain :

  • Buah-buahan seperti jeruk, pisang dan yang lainnya
  • Sayur-sayuran hijau yang kaya zat besi seperti bayam
  • Jenis makanan yang mengandung rempah-rempah sehat
  • Tidak melupakan jenis jamu tradisional

Karena dengan mengkonsumsi makanan yang melancarkan peredaran darah akan menjadikan kinerja jantung lebih lancar. Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengurangi kebanyakan lemak dan obesitas, karena kalau sudah obesitas juga akan rentan dengan penyakit yang satu ini.

2. Latih Jantung Yang Sehat Dengan Berolahraga

Berolahraga adalah jalan terbaik untuk menjadikan seluruh organ tubuh kita sehat, tidak terkecuali organ penting kita yakni organ jantung. Kenapa olahraga bisa mengurangi seseorang beresiko penyakit jantung, hal itu disebabkan karena beberapa hal berikut :

  • Olahraga bisa melancarkan peredaran darah
  • Olahraga mengurangi stress
  • Olahraga membantu menurunkan resiko obesitas
  • Olahraga menjadikan semua organ tubuh berfungsi dengan maksimal

Dengan beberapa dasar tersebut tentu saja dapat disimpulkan bahwa rajin berolahraga sama dengan menjaga jantung kita tetap sehat.

3. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Selain harus pandai memilih konsumsi sehat juga penting bagi kita untuk menghindari kebiasaan tidak sehat yang sudah sering dilakukan di masa muda. Yakni kebiasaan merokok dan juga minum alkohol. Merokok jelas memberikan asupan banyak sekali zat kimia yang merugikan untuk tubuh kita termasuk jantung. Kemudian terlalu sering mengkonsumsi alkohol juga mampu mengacaukan kinerja jantung yang normal.

Loading...

Bagi seorang pecandu rokok dan alkohol memang tidak mudah untuk bisa langsung berhenti. Namun kalau Anda masih sayang dengan hidup Anda, lebih baik mengurangi kebiasaan tersebut. Selain itu tambahkan sedikit demi sedikit konsumsi yang lebih baik dan mencoba menghindari dengan berbagai macam aktifitas yang lebih baik seperti berolahraga.

4. Biasakan Waktu Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup terutama waktu tidur di malam hari memang sangat penting. Dan ini akan berdampak kepada banyak hal termasuk untuk kesehatan jantung kita. Dengan istirahat cukup tubuh akan memiliki banyak energi kembali di keesokan hari. Selain itu menjadikan mood lebih bahagia dan semua itu akan membantu peredaran darah menjadi lebih lancar. Tentu saja dengan kita membiasakan diri memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas sama halnya dengan menjaga jantung kita tetap sehat dari waktu ke waktu.

5. Kelola Mood Dan Stress Dengan Baik

Stress seseorang merupakan faktor yang cukup rentan mempengaruhi kesehatan jantung seseorang. Sobat pasti sudah sering mendengar ketika seseorang memiliki jantung yang lemah bisa meninggal apabila mereka stress. Hal ini disebabkan karena kondisi jantung yang bekerja terlalu keras atau bahkan seketika jantung terhenti karena tidak bisa mengendalikan diri saat stress.

Karena itulah penting bagi kita untuk lebih rasional dalam hidup, lebih sabar dan dewasa dalam menyikapi banyak hal yang terjadi. Karena kita mudah stress akan menimbulkan banyak sekali kerugian, mulai dari masalah yang tidak selesai hingga mengancam kesehatan kita sendiri.

Usia muda merupakan sebuah usia di masa keemasan, dengan catatan sobat bisa memanfaatkannya dengan baik. Karena di usia ini sobat bisa melakukan segala sesuatu dengan lebih maksimal tidak terkecuali untuk menjadikan diri lebih sehat di masa muda hingga tua nanti. Jadi penting bagi sobat untuk membiasakan beberapa hal di atas.

Demikian sobat mengenai tips menghindari penyakit jantung sejak dini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan