IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 “Penghematan Energi”

IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 “Penghematan Energi”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 dengan kajian tentang Penghematan Energi.

Tujuan Penggunaan Sumber Energi

Manusia dan makhluk hidup lainnya tidak dapat lepas dari kebutuhan akan energi. Semua aktivitas yang dilakukan selalu membutuhkan energi. Energi yang dibutuhkan berasal dari sumber energi.

Tanpa adanya energi, makhluk hidup akan mati. Tujuan penggunaan sumber energi, antara lain, sebagai berikut.

1. Menghasilkan Penerangan

Untuk menerangi rumah dan lingkungan sekitar di waktu malam, masyarakat di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik umumnya menggunakan lampu minyak. Sedangkan, untuk daerah yang sudah terjangkau jaringan listrik, masyarakatnya menggunakan lampu listrik untuk menerangi rumah dan lingkungan sekitarnya.

2. Menghasilkan Panas atau Dingin

Pernahkah kamu memperhatikan saat ibu, kakak, atau ayahmu sedang memasak di dapur? Mereka setiap hari memasak menggunakan energi panas yang berasal dari api kompor. Kamu saat mengeringkan pakaian juga menggunakan energi panas. Energi panas dapat berasal dari matahari, api, atau listrik.

Pada daerah dingin, orang membuat pakaian dari bahan yang tebal dan menciptakan pemanas ruangan agar tidak kedinginan. Sebaliknya, orang-orang yang tinggal di daerah panas memerlukan pendingin ruangan.

Contoh alat yang digunakan untuk mendinginkan bahan makanan dan minuman adalah lemari es (kulkas). Adakah lemari es di rumahmu? Untuk apa sajakah fungsi alat tersebut?

3. Menggerakkan Suatu Benda

Energi apa yang digunakan mobil? Mobil dan kendaraan bermotor menggunakan energi gerak. Energi gerak tersebut, umumnya diperoleh dari bahan bakar bensin atau solar sehingga kendaraan dapat berjalan.

Nelayan yang mempunyai perahu layar, memanfaatkan energi gerak yang berasal dari angin saat akan melaut. Energi gerak tersebut digunakan untuk menggerakkan perahu layarnya. Dapatkah kamu menunjukkan contoh penggunaan energi gerak yang lain?

Menghemat Energi (IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4)

Kalian sudah mengetahui bahwa kesediaan energi semakin berkurang. Penggunaan energi alternatif perlu dipikirkan. Energi alternatif untuk menjaga kesediaan energi. Kalian harus ikut serta menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energi

Ada beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut dapat kalian lakukan. Misalkan menggunakan air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi.

Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya. Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat.

Penghematan Energi

Di alam ini tersedia banyak sumber energi. Berbagai macam sumber energi itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber energi yang dapat diperbarui dan sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

Contoh sumber energi yang dapat diperbarui, antara lain baterai, makanan, air, angin, dan matahari. Contoh sumber energi yang tidak dapat diperbarui, antara lain, minyak bumi, gas alam, batu bara, dan barang-barang tambang lain.

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah sumber energi yang apabila sudah habis terpakai, tidak dapat dibentuk lagi dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, manusia selalu berusaha dengan segala kepandaiannya untuk dapat menemukan sumber energi baru.

Agar sumber energi yang telah disediakan oleh alam ini tidak cepat habis, maka perlu digalakkan tindakan penghematan energi sedini mungkin. Usaha untuk menghemat energi yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  1. menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi,
  2. mematikan alat-alat listrik bila tidak digunakan,
  3. kamar kosong tidak perlu diberi penerangan,
  4. menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar,
  5. mematikan keran air apabila selesai digunakan,
  6. menggunakan air secukupnya saat mencuci pakaian,
  7. menggunakan kompor yang hemat energi.

Coba sebutkan contoh usaha lain untuk menghemat energi dan praktikkan dalam kehidupanmu sehari-hari!

Menghemat Penggunaan Listrik

Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.

Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.

Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat.

Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 “Penghematan Energi”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 tentang Penghematan Energi di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 “Penghematan Energi”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 tentang Penghematan Energi di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5c8546dea9d468001b1c20b6/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 “Penghematan Energi”

Sekian modul online materi IPA Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 tentang Penghematan Energi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan