Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 “Sumber, Jenis, dan Perubahan Energi”

Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 “Sumber, Jenis, dan Perubahan Energi”

Loading...

Modul BDR online kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 dengan tema Sumber, Jenis, dan Perubahan Energi. Kita dapat menemukan energi di sekitar kita. Sumber energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi. Sumber energi alternatif adalah sumber energi pilihan dari beberapa kemungkinan penghasil energi pengganti.

Energi sangat berguna untuk makhluk hidup saat melakukan kegiatan. Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah. Tulislah barang-barangmu yang membutuhkan energi listrik. Seberapa sering kamu menggunakannya? Diskusikanlah dengan temanmu.

Jenis-Jenis Energi

Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 ini kita mulai dengan membahas berbagai macam jenis energi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika bermain sepak bola, kita mengeluarkan tenaga untuk berlari dan menendang bola. Jenis-jenis energi antara lain adalah:

  1. Energi Kimia. Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat menghasilkan energi kimia yang dapat digunakan untuk beraktivitas. Zat-zat kimia yang terkandung pada makanan dan minuman mengalami reaksi kimia di dalam tubuh, sehingga menghasilkan energi. Contoh sumber energi kimia untuk kegiatan manusia adalah gas, bensin, solar, batu bara, dan minyak tanah.
  2. Energi listrik. Energi listrik dapat kita temukan pada alat-alat elektronik di sekitar rumah, misalnya televisi dan radio. Televisi dan radio akan memperoleh energi listrik, kemudian energi listrik akan diubah menjadi energi cahaya dan bunyi pada televisi dan diubah menjadi energi bunyi pada radio.
  3. Energi panas. Energi panas (energi kalor) merupakan salah satu bentuk energi yang berasal dari partikel-partikel penyusun suatu benda. Setiap benda tersusun oleh partikel-partikel. Apabila partikel-partikel tersebut bergerak, makan benda tersebut akan menghasilkan energi panas. Contoh sumber energi panas adalah ketika kamu mencoba membuat api dari kayu kering yang digosok-gosokkan.
  4. Energi bunyi. Bunyi dapat dihasilkan oleh getaran partikel udara di sekitar sumber bunyi. Contoh sumber bunyi adalah ketika kamu memetik tali gitar atau memukul drum.
  5. Energi Potensial. Energi potensial merupakan energi yang dimiliki suatu benda atau objek dengan banyak bentuknya. Umumnya energi ini disimpan atau belum digunakan. Energi potensial dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi, baik terkait posisi, ketinggian benda ataupun objek. Saat benda tersebut mendapatkan energi maka akan bergerak tidak terbatas serta berpindah. Contoh dari energi potensial adalah buah jatuh dari atas pohon, timbangan, ayunan, trampoline dan lain sebagainya. Dimana keseluruhan benda atau objek masing-masing berpotensi memiliki energi potensial.
  6. Energi Kinetik. energi kinetik yang berkaitan dengan gerak suatu benda ataupun objek. Dalam hal ini energi kinetik berhubungan dengan sebuah pergerakan benda, dimana makin besar kecepatan yang diberikan maka energi kinetik yang diberikan juga akan semakin besar. Diantara contoh dari energi kinetik tersebut seperti mobil bergerak, motor bergerak, menulis, memanah, dan bersepeda.
  7. Energi Otot. Energi otot menjadi bagian dari tubuh manusia ataupun tubuh hewan. Energi otot ini berfungsi untuk menggerakkan organ tubuh dalam melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari. Energi ini biasanya disimpan dalam tubuh manusia, dan akan bergerak untuk membantu melakukan berbagai aktivitas.
  8. Energi Mekanik. Energi mekanik merupakan objek yang memiliki energi potensial dan energi kinetik. Dimana energi ini bisa menghasilkan energi mekanik begitu pula dengan kinetik yang bisa dipakai untuk melakukan suatu gerakan atau usaha. Contoh dari energi mekanik ini seperti bermain bola voli yang membutuhkan energi kinetik sekaligus bisa menghasilkan energi potensial karena bola yang bergerak jatuh ke tanah.
  9. Energi Nuklir. Energi nuklir dapat dihasilkan dari reaksi nuklir yang terjadi karena antar partikel dalam inti atom saling bereaksi. Adapun energi nuklir ini  biasanya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dan fungsinya untuk pemanasan sebuah industri seperti kimia, minyak bumi ataupun lainnya.

Perubahan Energi

Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2selanjutnya adalah tentang perubahan energi. Beberapa macam perubahan energi antara lain:

  1. Perubahan Energi Panas Matahari menjadi Energi Listrik. Energi Matahari bisa dimanfaatkan menjadi energi listrik. Caranya adalah dengan menggunakan panel surya yang menyerap energi Matahari. Kemudian, di dalam panel surya itu akan terjadi proses yang menghasilkan arus listrik. Dengan begitu, kita bisa memenuhi kebutuhan listrik dari sumber energi alternatif.
  2. Perubahan Energi Angin menjadi Energi Gerak. Energi angin bisa dimanfaatkan menjadi energi gerak. Misalnya pada perahu layar yang memanfaatkan energi angin untuk menggerakkan perahu. Selain itu, contoh perubahan energi angin menjadi energi gerak juga terlihat pada penggunaan kincir angin.
  3. Perubahan Energi Listrik menjadi Energi Cahaya. Energi listrik bisa diubah menjadi energi cahaya, misalnya pada lampu, televisi, dan komputer. Pada lampu, energi listrik mengalir melewati bohlam dan menyala.
  4. Perubahan Energi Kimia menjadi Energi Cahaya. Energi kimia bisa diubah menjadi energi cahaya. Misalnya pemanfaatan energi kimia menjadi energi cahaya ini terlihat pada penggunaan baterai di lampu senter.
  5. Perubahan Energi Listrik menjadi Energi Panas. Energi listrik bisa diubah menjadi energi panas pada peralatan elektronik. Misalnya, setrika listrik yang dialiri arus listrik akan memanaskan elemen pemanas setrika. Sehingga setrika bisa mengalirkan panas pada pakaian dan membuat pakaian menjadi rapi.
  6. Perubahan Energi Listrik menjadi Energi Gerak. Ada juga peralatan elektronik yang memanfaatkan perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Misalnya, arus listrik mengalir melewati motor penggerak pada kipas angin, motor berputar dan menggerakkan bilah-bilah kipas angin. Dengan begitu, udara di sekitarnya jadi bergerak dan ruangan menjadi lebih sejuk.

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 “Sumber, Jenis, dan Perubahan Energi”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 tentang Sumber, Jenis, dan Perubahan Energi di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5d798f763bb1e7001a5597ff/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 “Sumber, Jenis, dan Perubahan Energi”

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 “Sumber, Jenis, dan Perubahan Energi”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 tentang Sumber, Jenis, dan Perubahan Energi di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan